Facebook_Sediakan_Fitur_Untuk_Pengguna_Yang_Meninggal

Blogging

Pengguna Facebook Yang Meninggal: Ini Yang Akan Terjadi Pada Akun

Apa yang terjadi dengan akun, bila pengguna facebook yang meninggal? Selama ini, kita hanya mengenang dalam dunia nyata. Tapi kini, facebook memberikan kenangan bagi pengguna yang meninggal. Bak dunia nyata saja..!!

Tentu sebagian dari kita, mungkin ada yang lebih dahulu mendahului kita untuk kembali ke Baitullah. Itulah akhir dari kehidupan dunia. Namun, apa yang akan terjadi bila ia juga memiliki akun facebook? Apakah akun tersebut dihapus oleh Facebook, atau ada tempat khusus untuknya?

Bila dalam dunia nyata kita mengenal istilah “Kuburan”, maka dalam sosial media Facebook, ada istilah kenangan. Ketahui lebih lanjut tentang ini.

Setelan Akun Kenangan

Tentunya sebagai manusia, kita tidak akan pernah tahu tentang kapan dan bagaimana kita meninggal nantinya. Insyaallah kita hanya berdoa sekaligus harap semoga dalam keadaan Khusnul Khatimah.

Tetapi uniknya, facebook menyediakan pengaturan tentang bagaimana akun seseorang bila penggunanya meninggal. Saya sendiri, baru kali ini menemukan fitur di sosial media yang memperhatikan akun orang-orang yang telah meninggal, yaitu melalui facebook.

Apa yang terjadi pada akun anda, setelah anda meninggal?

Facebook menawarkan fitur itu, agar membuat pengalihan langsung dari menjadi akun kenangan. Benar, mereka menyebutnya sebagai akun kenangan yang ditandai dengan almarhum di profilnya.

pengaturan_udah_menjadi_akun_kenangan

Untuk menemukan dan melakukan beberapa pengaturan tentang ini, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Waktu pengerjaan 15 menit

  1. Masuk ke Facebook

    Silahkan masuk ke facebook, dan gunakan akun yang ingin dilakukan pengaturan untuk akun kenangan.

  2. Pilih Menu Pengaturan dan Privasi

    menu_pengaturan_dan_privasi_facebook

    Pada bagian sudut kanan atas (dekstop), anda akan menemukan tombol untuk menampilkan menu lanjutan. Silahkan klik dan temukan menu “Pengaturan dan Privasi”.

  3. Temukan Pengaturan

    menu_pengaturan_facebook

    Setelah itu, silahkan anda klik menu “Pengaturan dan Privasi” yang sebelumnya. Maka akan terbuka menu “Pengaturan”. Silahkan klik.

  4. Pilih Menu “Ubah Menjadi Akun Kenangan”

    pengaturan_udah_menjadi_akun_kenangan

    Pada bagian kanan dari menu ini akan ditemukan teks “Edit“. Silahkan klik untuk membuka pengaturan lanjutan.

  5. Tentukan Pengguna Pewaris

    kontak_kadaluarsa_pewaris_akun_facebook_kadaluarsa

    Facebook memberikan layanan untuk mengalihkan akun yang kadaluarsa (almarhum). Pada kolom yang ditandai di gambar di atas, anda dapat dengan mudah menentukan siapa saja orang yang dapat diwarisi untuk penggunaan akun facebook anda.

    Tentunya, ini melalui persetujuan dari kedua belah pihak. Akun yang anda masukkan, akan dimintai persetujuan untuk pengelolaan akun almarhum nantinya.

Apa Yang Anda Lakukan Untuk Pengguna Facebook Yang Meninggal?

Sebagai seorang pengguna facebook yang baik dan terampil, tentunya anda mematuhi kebijakan yang berlaku dalam sosial media Facebook.

Bila anda menemukan orang-orang disekeliling anda yang mengalami kematian/ meninggal dunia, maka anda perlu untuk memberitahukannya kepada Facebook tentang itu. Ini berguna untuk facebook, dan akan dialihkan menjadi akun kenangan olehnya.

Menariknya, facebook akan memberikan istilah almarhum (disamping kenangan) dalam akun almarhum itu. Tetapi, ini tergantung pada bagaikana privasi dari akun tersebut.

Anda dapat melaporkan profil yang sudah meninggal kepada facebook, dengan menggunakan fitur menghubungi Facebook. Disana, anda akan dimintai beberapa keterangan untuk memastikan informasi yang ada “benar“.

melaporkan_akun_facebook_kenangan

Facebook akan meminta informasi terkait hal kematian dari salah satu akun pengguna facebook itu melalui anda.

Beberapa hal yang perlu anda siapkan seperti informasi tentang:

  • Siapa yang meninggal
  • Kapan ia meninggal
  • Foto kematian
  • Email anda (verifikasi)

Facebook akan melakukan verifikasi terhadap informasi yang anda berikan, dan memastikan itu benar. Setelahnya, akun yang dituju itu akan ditandai sebagai akun kenangan (alharhum). Dengan begitu, orang-orang tidak akan dapat menemukan akun tersebut dalam pencarian, dan tidak dapat menambahkan teman. Tetapi, pertemanannya akan dapat membagikan kenangan dengannya.

Contoh Akun Pengguna Facebook Yang Meninggal

Facebook benar-benar memperhatikan pengguna mereka, bahkan walau mereka telah meninggal dunia sekalipun. Semestinya ini dapat digunakan dengan baik, karena tampilan dan desain yang menarik dari facebook membuat orang-orang mengenang kembali akun pengguna facebook yang telah meninggal dunia.

Saya menemukan beberapa hasil dari pengguna facebook yang meninggal dunia, dan itu terlihat seperti gambar berikut ini.

contoh_akun_pengguna_facebook_yang_meninggal

Perhatikanlah pada tampilan kiri, ditemukan pengingat untuk akun yang penggunanya telah meninggal dunia. Ini adalah contoh akun pengguna facebook yang meninggal.

Sedangkan pada tampilan sebelah kanan, memperlihatkan bahwa orang-orang dapat berkirim postingan terhadap pengguna itu, dan dapat terlihat oleh orang-orang disekeliling akun. Kebanyakan orang memanfaatkan ini untuk berkirim doa, atau mengingatkan orang lain untuk mengenang bersama.

Tentunya, keadaan ini sangat menarik. Hingga kini, saya belum menemukan jenis sosial media lainnya dengan fitur semacam ini. Semoga fitur ini dapat berguna dengan baik.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap