2020 Merupakan Tahun Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Ada apa dengan tahun 2020? Sepertinya, sekarang ini teknologi memang benar-benar canggih, dan itu semua berada di sekitar kita. Akankah ini menjadi tahun bangkitnya semangat UKM Indonesia? Seharusnya kita menjawab ya, untuk menciptakan motifasi diri dalam mengembangkan bisnis UKM di tahun 2020.

Tidak diragukan lagi, keberadaan wabah COVID-19 masih berlangsung di tanah air tercinta. Ini memberi dampak yang menjadi perhatian terhadap berbagai elemen bisnis, termasuk UKM.

Faktanya, 50% UKM di Indonesia “TUTUP” akibat adanya wabah COVID-19. Keadaan ini tentu menjadi perhatian kita bersama, dan tentunya berdampak buruk bagi perekonomian bangsa. Mari kita simak selengkapnya.

Bagian 1

Dasar-Dasar UKM (Usaha Kecil Menengah)

Tentu istilah UKM atau UMKM merupakan istilah yang tidak asing lagi dipendengaran kita. Dalam kehidupan sehari-hari istilah ini senantiasa kita dengar. Baik itu melalui teman sejawat, melalui televisi, surat kabar, bahkan melalui sosial media.

Tetapi tidak jarang diantara kita yang belum mengenal tentang dasar-dasar UKM ini. Oleh karenanya, sebagai pengantar penjelasan ini, dirasa penting untuk dijelaskan terlebih dahulu.


1. Konsep Dasar UKM

UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Mengacu kepada Surat Edaran Bank Indonesia No. 26/I/UKK tanggal 29 Mei 1993 menjelaskan bahwa UKM merupakan usaha perorangan, badan usaha, koperasi dengan aset tidak lebih dari 60 Juta Rupiah.

UKM sendiri dalam Wikipedia dijelaskan bahwa jenis usaha kecil dengan keuntungan total yang tidak melebihi angka 200 miliyar.


2. Kriteria UKM

Mengenai kriteria UKM ini, terdapat dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995. Disana ditemukan secara rinci tentang kriteria seperti apa yang tergolong dalam UKM ini.

  • Kekayaan bersih paling banyak 200 Juta
  • Hasil penjualan tahunan paling banyak 1 Miliyar
  • Tentunya milik WNI
  • Berdiri sendiri (bukan perusahaan/ cabang perusahaan, dan lainnya).
  • Berbentuk usaha perorangan

Berbagai kriteria yang dipaparkan di atas, sangatlah terlihat jelas tentang bagaimana yang dimaksud untuk istilah UKM itu sendiri. Oleh karenanya, dari sana kita dapat memandang tentang apa itu UKM, dan bahkan hal yang lebih terperinci lagi mengenai omzetnya, juga turut dituangkan dalam Undang-Undang tersebut.

Bagian 2

Hubungan UKM dengan Ekonomi Indonesia

Apakah ada hubungan antara UKM dengan ekonomi Indonesia? Sudah tentu ada. Tetapi, dari mana hubungan itu bisa terjalin? Mari kita simak ulasan selengkapnya.

UKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Meningkatnya UKM sudah barang tentu membantu peningkatan ekonomi Indonesia. Itu karena UKM menyumbangkan dana 60% untuk PDB. Begitu juga halnya dengan tenaga kerja, UKM mampu meraup sebanyak 97% tenaga kerja Indonesia, dan 99% total lapangan kerja. Dari sini dapat digambarkan bahwa keberadaan UKM memang benar-benar menjadi sesuatu yang penting bagi bangsa.

Melansir dari Databoks, tercatat bahwa angka UKM Indonesia pada tahun 2018 silam mencapai angka 64,2 Juta Unit. Angka ini merupakan suatu peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 2017 dengan total unit UKM Indonesia sebanyak 62,9 Juta Unit.

Motto dalam bagian ini adalah:

Semakin banyak UKM Indonesia, maka semakin meningkat pula perekonomian Indonesia.

Beberapa penjelasan di atas, memberi gambaran bahwa keberadaan UKM memang sangatlah penting bagi Indonesia. Tidak salah jika UKM dikatakan sebagai tulang punggung dari ekonomi Indonesia.

Oleh karenanya, sebagai warna negara yang baik, kita perlu mengembangkan semangat juang untuk membangkitkan ekonomi Indonesia melalui UKM. Ini akan memberi kontribusi besar bagi warga, karena selain menyumbangkan PDB, juga membuka lapangan kerja untuk warga yang membutuhkan.

Bagian 3

UKM di Masa Pandemi (COVID-19)

UKM memang benar-benar membantu laju perekonomian Indonesia. Tetapi, keberadaan wabah COVID-19 membuat segalanya menjadi berubah dalam waktu yang tidak lama.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa masa pandemi membuat banyak orang harus lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah. Tentu saja, ini membuat dampak tersendiri bagi ekonomi Indonesia, terkhusus bagi pelaku UKM.

Melalui laman resmi Kementerian Keuangan, menjelaskan bahwa Ekonomi Indonesia saat ini mengalami kontraksi dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Tentu saja keadaan ini membuat perekonomian Indonesia bergejolak tidak tentu arah. Oleh sebab itu, ini harus segera mungkin dibangkitkan kembali.

Bahkan, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) menyebutkan bahwa 30 Juta dari 60 Juta pengusaha UMKM “TUTUP” dikarenakan COVID-19. Angka sebanyak itu, tentunya merupakan suatu mimpi buruk bagi Ekonomi Indonesia. 50% dari pelaku UKM itu bukanlah sesuatu yang tidak berarti.

Keadaan UKM di masa pandemi COVID-19 ini tentu beragam. Ada yang mengalami penurunan, ada juga yang mengalami peningkatan. Bahkan ada juga yang mengalami tidak ada penjualan sama sekali.

angka_penurunan_penjualan_selama_pandemi
Sumber: databoks.katadata.co.id

Secara keseluruhan, bahwa seluruh UKM mengalami penurunan dari setiap penjualan mereka. Ini terjadi karena daya beli masyarakat kini jauh lebih rendah, terlebih lagi karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sebab COVID-19.

Kini saatnya UKM bangkit...!!!
Orang-orang kini banyak menghabiskan waktu mereka di rumah, dan itu sesuatu yang tidak dapat dikendalikan. Saatnya rubah mindset, jalankan bisnis yang mampu meningkat meski Covid melanda.

Bagian 4

Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Apa yang harus diciptakan untuk mendukung suatu bisnis, saat pandemi COVID-19 ini? Saya akan memberikan penjelasan tentang ini. Anda akan dapat dengan mudah meningkatkan bisnis, meski berada dalam era pandemi.

Pandemi ini, membuat banyak orang harus menghabiskan waktu mereka di rumah. Sudah barang tentu, ini mengurangi penjualan karena mereka tidak berada disana. Alur pikirnya sangatlah sederhana. Karena mereka menghabiskan waktu di rumah, perlu kita ketahui tentang bagimana mereka mencukupi kebutuhan hidup mereka. Ini dipandang secara umum saja, sandang pangan, atau pakai, atau sebagainya.

belanja-internet-selama-pandemi-covid
Sumber: databoks.katadata.co.id

Saya mendapatkan data tentang seberapa banyak orang-orang menggunakan internet di rumah mereka selama pandemi. Faktanya, belanja Internet meningkat saat masa pandemi ini.

Sejalan dengan ini, Kominfo juga menjelaskan bahwa telah terjadi pergeseran penggunaan internet, dari yang biasanya di daerah perkantoran, kini menjadi berada di daerah pemukiman.

pergeseran-penggunaan-internet-masa-pandemi-kominfo
Sumber: kominfo.go.id

Jadi, apa yang akan dilakukan untuk membangun bisnis di masa pandemi ini? Jawabannya adalah dengan Mengonlinekan Bisnis anda. Salah satu penerapan yang jitu, adalah dengan menggunakan website. Dengan website, bisnis anda akan terlihat mapan dan profesional. Disamping itu, anda akan ditemukan di mesin pencari Google, dan tentu saja ini akan mempertemukan anda dengan calon pelanggan dari bisnis yang anda jalankan.

Dengan website, anda dapat membuat segala bentuk menjadi sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Anda dapat membuat seperti:

  • Toko Online Wo-Commerce
  • Landing Page Penjualan
  • Penawaran Harga
  • Diskon barang
  • Email Marketing
  • dan masih banyak lagi.

Menggunakan website untuk bisnis anda, sangatlah sederhana. Hanya dengan beberapa panduan saja, itu sudah membuat website anda siap Online dengan sempurna. Jadi, kesimpulan dalam tahapan ini adalah “MEMBUAT WEBSITE UNTUK BISNIS ANDA…”.


1. Buat Website Untuk Bisnis Anda (Free Trial di MasterWeb).

Cakupan yang sangat luas, membuat saya memutuskan untuk tidak menentukan jenis bisnis apapun yang anda jalankan. Tetapi, saya akan memandu anda secara garis besar untuk menciptakan sebuah website yang diperuntukkan bagi bisnis yang sedang anda jalankan.

Beberapa langkah yang akan anda tempuh dalam membuat website seperti:

  • Pemesanan nama Domain
  • Pesan Hosting
  • Menentukan desain dan tampilan
  • Mengisi konten

Empat langkah di atas, sudah mewakili pembuatan website anda. Ini bukanlah sesuatu yang sulit. Seperti yang saya janjikan, saya akan memandu anda untuk ini.

Tahukah anda tentang MasterWeb? Ini adalah saran tempat Website Builder Terbaik untuk membangun dan mengembangkan website untuk anda. Itu karena mereka menawarkan fitur percobaan GRATIS selama 14 hari, dan itu waktu yang sangat panjang untuk melihat hasil dari rencana website bisnis anda.

Ini menarik. Setelah anda menggunakan layanan gratis ini, anda dapat menggunakan layanan berbayar mereka yang membuat website anda akan Online selama setahun. Oke… Saya akan memandu anda untuk membuat website disana, dan lihat bagaimana website bisnis anda bekerja dengan baik.

1.1. Buat Akun di MasterWeb

Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Silahkan kunjungi .masterweb.com/website-1-menit/, dan lihatlah daftar isian formulir disana.

daftar-free-trial-masterweb

Buat akun anda, dan mulailah dari sana.

1.2. Verifikasi Email

Setelah pendaftaran berhasil, maka anda akan mendapatkan email notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap akun anda.

verifikasi-email-masterweb-free-trial

Selanjutnya, anda akan menerima email berupa pemberitahuan tentang username website gratis 1 menit anda. Sebaiknya simpan itu dalam catatan kecil, untuk mengingatnya.

username-website-gratis-masterweb

Selanjutnya, anda sudah bisa menggunakan layanan ini dengan mudah. Silahkan anda login, di masterkey.masterweb.com dan masukkan email dan password anda. Anda juga dapat Login di Plesk Control Panel dari sana, untuk menginstal WordPress dan membuat website bisnis anda disana.


2. Buat Website Bisnis (Serius)

Tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah anda coba pada penjelasan sebelumnya, anda hanya perlu membeli sebuah Domain dan Hosting yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.

Bila anda pelaku UKM, Saya merekomendasikan untuk memilih hosting yang sesuai dari MasterWeb, yaitu Hosting UKM Terbaik.

cPanel Hosting

Hosting UKM Terbaik

Solusi untuk anda pelaku bisnis UKM. Miliki Hosting UKM dari MasterWeb yang dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Service 24 Jam
99.98% Up Time
Gratis Imunify360

Anda akan menemukan tampilan ini, dalam halaman MasterWeb saat anda berencana membeli Hosting UKM Terbaik disana. Anda dapat juga menekan tombol di atas, dan akan langsung diarahkan ke MasterWeb, dan melakukan pembelian dengan mudah disana.

Satu pemikiran pada “2020 Merupakan Tahun Bangkitnya Semangat UKM Indonesia”

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap