featured_blog_yang_menarik

Blogger

Blog Yang Menarik: Penting Menciptakannya di 2021

Dimana-mana selalu bercerita tentang Blog yang menarik. Konon katanya, blog yang menarik itu akan mendapatkan banyak pengunjung. Tapi, tahukah anda bagaimana blog yang menarik itu?

Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba mencari tahu tentang seberapa banyak orang mencari tentang blog yang menarik. Penelusuran saya menjawab sebanyak 170 hasil pencarian dalam setiap bulannya.

Membuat sebuah blog agar terkesan menarik adalah keinginan setiap blogger. Namun, setiap orang tentunya memiliki deskripsi tersendiri untuk istilah menarik ini. Jadi, mari kita simak penjelasan lebih lanjut tentang ini.

Makna Blog Yang Menarik

Setiap orang bebas berpendapat, dan termasuk juga untuk mendeskripsikan istilah menarik ini. Setiap orang, tentunya berbeda-beda dalam sudut pandang, terlebih lagi untuk mengartikan istilah menarik.

Ada orang yang menyukai dunia musik, dan sudah barang tentu mereka lebih menarik untuk niche musik. Begitu juga sebaliknya, orang yang lebih merasa tertarik dengan teknologi, akan lebih cenderung mudah untuk mengatakan bahwa “…itu menarik..” untuk niche teknologi pula.

Jadi, semestinya ini dikembalikan kepada sang pemilik blog itu sendiri. Tetapi, saya mendeskripsikan berbeda dan anda harus tahu tentang bagaimana arti dari istilah menarik dalam sebuah blog menurut pandangan saya.

Makna blog yang menarik itu adalah blog yang memiliki ciri khas tersendiri dalam berbagai aspek (penyampaian materi, thema, dan masih banyak lagi) sehingga pengunjung akan mudah mengenalinya mudah, dan akan kembali lagi di masa mendatang.

Makna ini sebenarnya sederhana, tetapi itu penting untuk diketahui. Secara umum, blog yang menarik diartikan sebagai blog yang memiliki ciri khas tersendiri baik dari segi tema, penyampaian materi, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Blog Yang Menarik

Bagaimana membuat blog yang menarik itu? Disini, anda akan dipandu untuk membuat blog yang menarik menurut versi lubisel. Mari kita simak penjelasan lebih lanjut.

1. Nama Blog Yang Kreatif

Nama adalah identitas yang sangat penting dalam sebuah blog. Keberadaannya, menjadi faktor penting dalam blogging. Menentukan nama memang bebas dan tidak ada batasan, selagi itu normal. Tapi, pernahkah anda berpikir tentang nama blog yang kreatif itu?

nama_blog_yang_menarik

Maksudnya disini adalah nama blog yang sesuai dengan niche yang dibahas dalam sebuah blog itu sendiri. Ini akan menggambarkan ciri dari keseluruhan blog tersebut.

Seperti misalnya blog teknologi, maka semestinya memperhatikan nama blog yang mengandung nilai teknologi juga. Itu justru lebih masuk akal dan menarik. Buatlah sebuah nama yang menarik, bisa dengan mengandalkan personal branding, atau dengan menggunakan nama merk sendiri.

2. Desain Blog Yang Menarik

Bagaimana menentukan desain blog yang menarik? Kembali kepada makna dasar dari istilah menarik, seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya tadi bahwa menarik itu berbeda bagi tiap-tiap orang. Yang harus diketahui disini adalah tentang market anda. Bagaimana keinginan market anda tentang desain yang menarik itu.

Anda mungkin tertarik untuk melihat contoh desian blog yang menarik pada postingan yang berada di halaman berbeda. Disana, saya sudah menjelaskan tentang contoh-contoh desain blog yang mungkin dapat anda jadikan sebagai referensi.

Berbicara persoalan desain, tidak hanya berbicara persoalan visual saja. Melainkan, ini juga semestinya memperhatikan komponen penting dalam sebuah halaman web, dimana mereka terdiri dari Heading, subheading, dan masih banyak elemen lainnya.

Kelengkapan dan navigasi yang jelas, tentunya membuat pengunjung merasa nyaman dan terhindar dari kekeliruan saat menjelajah di halaman situs blog anda. Ini akan membuat mereka mengatakan …hei… Ini blog menarik untuk dikunjungi selama saya berkelana di internet….

…waw…

Bila mereka beranggapan demikian, maka anda sudah mencapai titik terang untuk itu. Jadi, pertimbangkan untuk memperhatikan persoalan desain, untuk memanjakan pengunjung blog anda.

3. Tentukan Topik Blog

Semestinya, keseluruhan dari poin-poin ini saling berkaitan. Pada bagian ini, adalah menentukan topik blog. Anda seharusnya memperhatikan tentang topik blog yang paling banyak dikunjungi. Dengan mengetahui bagian itu, maka anda mendapatkan kesempatan untuk membuat sebuah blog yang menarik.

Menentukan topik adalah poin terbesar dalam bagian ini. Dimana, anda harus benar-benar mahir dalam bidang tertentu (topik blog) yang akan anda ulas dalam berbagai artikel di blog anda.

Harap diingat bahwa, anda semestinya membuat prinsip dalam diri tentang arah dari blog anda. Kemana ia akan berkelana, dan topik apa yang akan dibahas disana. Saya tidak tahu banyak tentang bagaimana praktik SEO untuk mikro niche (membahas banyak niche). Tetapi yang jelas, informasi yang beredar bahwa Google kini memperhatikan niche sebagai bagian indikator dari faktor ranking di hasil pencarian.

Manfaat Menciptakan Blog Yang Menarik

Seperti yang perlu kita sadari, bahwa tiap-tiap orang akan merasa nyaman saat berada di tempat yang benar baginya. Ini bergantung pada seberapa menariknya blog itu.

Tetapi disini, saya ingin sedikit menjelaskan tentang manfaat menciptakan blog yang menarik, bagi blog tersebut. Mari simak penjelasannya.

1. Mendapat Pengunjung Yang Setia

Ini adalah impian setiap blogger, tapi saya merasa itu bukan hal yang mudah dan cepat. Butuh waktu dan strategi yang baik untuk menggapai ini.

Saya sendiri tidak tahu, apakah blog ini memiliki pengunjung setia atau justru banyak orang yang mengabaikannya.

Mungkin anda pernah merasakan sesuatu, ketika berkunjung di sebuah halaman dan mengatakan “Aku akan kembali lagi disini, untuk mempelajari tentang blogging…

Itu adalah contoh dari pengunjung setia. Mereka akan tetap mencari situs web anda, untuk mempelajari sesuatu.

Ini adalah keuntungan terbesar bagi seorang blogger, karena mereka akan mendapatkan viewer dan untung-untung juga mendapatkan pengikut darinya.

Jadi, tidak bisa dipungkiri bahwa ini adalah keuntungan sekaligus mimpi bagi setiap blogger bukan?

2. Mendapat Nilai Kredibilitas

Kredibilitas artinya keterpercayaan. Maksudnya, pengunjung (orang di luar sana) mempercayai akan informasi yang dihadirkan dalam blog anda.

Ini bukan sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Anda harus menerbitkan konten yang benar-benar sesuai dengan fashion anda. Untuk itu, anda harus membekali diri dengan pengetahuan bidang tertentu, meski bukan seorang yang ahli.

Berharap dipercayai oleh orang asing bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Anda perlu membangun branding personal (bila unsur pribadi), atau mengembangkan merk dari blog anda.

Itu juga tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Mulai dari menuliskan konten yang relevan di halaman website anda, ditambah lagi anda memang benar-benar mempuni dalam bidang itu.

Tetapi, ini tidak harus ahli dalam bidang tertentu. Banyak para praktisi blog yang menuliskan konten hanya berdasarkan pengalaman mereka, dan itu jauh lebih dapat dipercaya bukan?

Termasuk saya. Blog ini hanya menuliskan berbagai pengalaman dan bacaan yang dilewati penulis. Itu artinya, pengalaman akan bercerita tentang bagaimana seusatu itu berperan dan itu adalah informasi yang berarti bagi pembaca.

3. Mendapatkan Visitor Organik

Hal ini juga menjadi impian dari setiap blogger. Dimana mereka, mendapatkan kunjungan organik dari hasil pencarian. Tentunya, hal ini berbicara persoalan ranking di SERP Google.

Banyak hal yang mempengaruhi itu, seperti SEO On Page, atau SEO Off Page. Tetapi, tidak harus menghabiskan waktu untuk itu.

Kedua poin yang di bahas sebelumnya, menjelaskan bahwa orang-orang yang akan mencari situs web anda, dan anda mendapatkan kunjungan dari sana.

Itu sama saja dapat mempengaruhi peringkat anda dalam hasil pencarian. Secara tidak langsung, ini mempengaruhi SEO anda.

Google menggunakan Algoritma dalam menampilkan hasil pencarian, dan kita dapat berpikir tentang itu dengan logika yang kita punya. Saya lebih cenderung ke arah itu.

Halaman yang sudah mendapatkan kunjungan untuk suatu istilah (keyword), maka Google akan membaca itu. Berbagai informasi akan ditemukan untuk blog anda.

Dengan sendirinya, keadaan ini mampu mendongkrak peringkat anda di mesin pencari menjadi lebih baik lagi, karena alasan kredibilitas yang ada. Masuk akal bukan?

Berbagai Contoh Blog Menarik

Sepanjang perjalanan, ada beberapa bentuk blog yang menurut saya menarik. Itu membuat saya merasa betah berada di halaman mereka.

Mari kita lanjutkan.

1. Situs Backlinko

Backlinko didirikan oleh Brean Dean yang mengulas informasi seputar Blogging dan Internet Marketing. Anda akan mendapatkan banyak informasi disana.

Hal yang menurut saya menarik adalah sisi tampilan dan isi. Backlinko menampilkan desain yang power full. Itu membuat orang-orang merasa betah berada disana.

Disamping itu, ia juga memuat berbagai infografis dalam berbagai bentuk yang mampu memanjakan mata.

Tampilan data sains yang ada, membuat pengunjung mendapatkan informasi yang nyata dari setiap pelajaran disana.

2. Situs Neil Patel

Siapa yang tidak mengenal Neil Patel, seorang praktisi digital marketing yang sukses dalam bidangnya.

Di halaman websitenya, ia menuliskan banyak sekali informasi yang berguna bagi para pembaca, termasuk anda.

Selain itu, hal yang menarik dari sini adalah Neil memiliki beberapa layanan Tools untuk membantu pengguna blog dalam menganalisis halaman website mereka.

Salah satu yang paling populer adalah Ubersuggest, dimana layanan ini memberikan kesempatan untuk melakukan checking terhadap keyword. Selain itu, Neil juga menciptakan halaman Cek SEO Score bagi anda yang membutuhkannya.

Dari sini, dapat diambil kesimpulan bahwa halaman Neil benar-benar berarti bagi pengunjung dan tentu saja ini menjadi menarik.

Saya juga sering menggunakan layanan-nya, untuk analisis SEO pada setiap halaman saya.

Kesimpulan

Menarik adalah istilah yang ambigu dari tiap sudut pandang manusia. Tiap-tiap oranga bebas berpendapat tentang istilah ini. Dalam membuat blog yang menarik, anda semestinya mengetahui tentang market anda, sehingga akan tergambar tentang bagaimana yang mereka inginkan, dan hadirnya blog anda untuk menyelesaikan persoalan mereka.

Perhatikanlah berbagai aspek dari poin-poin yang diuraikan di atas. Hal itu akan membantu anda dalam menciptakan blog yang menarik. Semoga artikel ini membantu.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap