Blogger

Cara Membuat Blog: 5 Tahapan Mudah Terbaru 2021

Blog adalah bagian dari internet, dimana anda dapat menuliskan banyak hal disana. Disini, anda akan dipandu untuk cara membuat blog dengan cara yang sangat mudah. Hanya menyisakan 5 tahapan saja, dan itu menghemat waktu anda bukan?

Membuat blog bukanlah sesuatu yang sulit. Tetapi disisi lain, anda diminta untuk membekali pengetahuan yang lebih spesifik dari dunia internet. Ini bila anda berencana untuk membuat blog versi yang di hosting. Tetapi disini, saya akan menjelaskan kepada anda tentang membuat blog gratis sebagai bahan permulaan. Mari kita mulai.

Tentukan Jenis CMS Blog

Dalam dunia Blogging, ada banyak sekali CMS yang dikenal yang tentunya dapat membantu anda membuat sebuah blog, tanpa dibekali pengetahuan seputar koding sekalipun. Beberapa CMS yang familiar seperti Blogger, WordPress, Joomla, atau yang lainnya.

Sebagai permulaan, mungkin anda perlu pelajari lebih dalam tentang berbagai CMS itu. Tapi, jangan buang-buang waktu disana. Karena pada dasarnya, seluruh CMS itu bersifat penyedia. Andalah yang menentukan berkualitas atau tidaknya nanti.

Sebagai dasar, saya ingin mengenalkan anda bahwa saat ini kita akan memilih CMS Blogger, sebagai bahan membuat blog. Blogger dipilih karena selain gratis, persyaratannya juga tidak terlalu rumit.

Selain itu, anda tidak bersentuhan dengan hosting. Tentunya, lebih menghemat waktu bagi anda yang ingin belajar membuat blog.

Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Blog

Tidak dengan “simsalabim“, blog anda langsung jadi. Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, sebelum membuat sebuah blog.

Dalam membuat sebuah blog di Blogger, anda hanya membutuhkan sebuah akun Gmail. Pada keberlangsungannya nanti, anda dapat membuat lebih dari satu blog hanya dengan satu akun Gmail.

Bila anda masih baru dan belum memiliki sebuah akun Gmail, maka tekan tombol ini untuk mengikuti panduan membuat Akun Gmail.

Membuat Akun Gmail

5 Tahapan Tentang Cara Membuat Blog

5 adalah langkah yang umum digunakan untuk membuat Blog. Artinya, hanya dengan melewati 5 langkah ini, anda sudah berhasil menciptakan sebuah blog. Meski demikian, ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan, setelah blog itu diciptakan. Saat ini, kita fokus dulu tentang membuat sebuah blog dengan 5 langkah berikut ini.

1. Masuk ke Blogger

Sekarang, kita perlu mengakses blogger.com untuk dapat menggunakan layanan blogging dari Google. Blogger ini, sudah cukup lama hadir di dunia internet. 2012 lalu mulai diakuisi oleh Google. Lihat tentang Sejarah Blogger bila ingin tahu lebih lanjut.

Berada di dalam Blogger.com, anda lihat pada bagian pojok kanan atas, dimana terdapat tulisan “SIGN IN/ MASUK“. Gambar ini memperlihatkan bagaimana letak posisi tombol SIGN IN dari tampilan dekstop maupun Mobile.

Silahkan anda klik dan masuk disana. Anda akan dihantarkan pada halaman Login. Gunakan akun Gmail, agar dapat masuk ke blogger.com. Masukkan Email dan Password anda disana.

Catatan!
Akun Gmail ini akan digunakan untuk membuat blog. Ketika esok hari anda ingin login ke Blogger, maka gunakan akun Gmail yang sama.

2. Tombol “Buat Blog”

Setelah anda login, maka anda akan melihat sebuah tombol dengan teks “BUAT BLOG”. Silahkan anda klik, untuk membuat blog di Blogger.

Setelah anda mengklik bagian itu, maka anda akan melihat sebuah kotak dialog dimana disana akan berisi identitas dari blog yang ingin dibuat. Ikuti langkah selanjutnya.

3. Tentukan Nama Blog

Meski berada pada bagian isian di bawah (setelah url blog), saya menganggap bahwa ini semestinya yang lebih dahulu.

Jangan terburu-buru…

Bila anda belum memikirkan tentang nama blog yang ingin di buat, maka anda dapat menutup halaman itu dan kembali setelah anda menemukan nama blog yang diinginkan.

Nama Blog bukanlah URL (alamat) dari blog anda. Itu berbeda. Nama blog, akan terlihat pada bagian Header, ketika anda mengunjungi sebuah halaman.

Nama blog dapat dirubah, kapanpun anda mau. Namun, biasanya hal terpenting adalah kesesuaian antara nama blog dengan URL harus dipertimbangkan.

Jangan sampai nama blog anda adalah DEVIABLOG, sedangkan alamatnya berisi https://rezablog.blogspot.com. Aneh bukan? Semestinya berisi https://deviablog.blogspot.com.

Itulah sebabnya, mengapa saya katakan “Bila anda belum menemukan nama blog, maka berhentilah dan kembali lagi keesokan harinya.”

4. Tentukan Alamat Blog

Panduan tentang cara membuat blog ini hampir selesai. Anda akan melihat hasil yang luar biasa nantinya. Mari ikuti lagi.

Berbeda dengan alamat rumah, alamat blog maksudnya adalah URL yang anda temukan ketika anda berada di sebuah halaman dalam internet.

Gambar di atas, memperlihatkan sebuah alamat dari halaman yang ditampilkan. Jadi, alamat itu maksudnya adalah ini.

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa praktik terbaik adalah membuat alamat blog sama dengan nama blog anda.

Jangan salah. Dalam keilmuan lanjutan, ini berpengaruh bagi mesin pencari loh? Istilah yang masuk dalam golongan ini tentang SEO. Tetapi, itu akan kita bahas pada halaman yang berbeda.

Terkadang, alamat blog tidak tersedia. Itu karena sudah lebih dulu diterbitkan oleh orang lain. Tidak ada solusi lain, selain mengganti dengan alamat baru.

Maka hal ini perlu menyesuaian antara nama dan alamat. Pikirkan keduanya ini secara bersamaan, gunakan berbagai metode apapun yang anda inginkan.

Sebaiknya, baca Tips bagaimana membuat domain SEO untuk menentukan alamat blog anda agar jauh lebih baik di masa mendatang. Anda seharusnya tahu, bahwa nama domain memiliki pengaruh untuk SEO.

5. Menentukan Template

Blog anda hampir jadi. Ini adalah tahapan akhir pada bagian yang mendasar tentang cara membuat blog.

Ketika identitas seperti nama dan alamat blog sudah terlihat baik, maka selanjutnya adalah menentukan template yang ingin anda gunakan.

Template lebih dikenal dalam komunitas Blogger, sedangkan Theme lebih dikenal dalam komunitas WordPress. Pada dasarnya, kedua istilah ini memiliki makna yang sama.

Silahkan anda pilih template yang anda sukai. Hal yang menarik adalah bahwa Blogger menyediakan banyak template dengan berbagai desain menarik.

Tetapi, anda juga dapat memiliki template khusus yang dibuat oleh penyedia lain. Di Indonesia, telah banyak sekali layanan penjualan template blogger yang layak anda lihat.

Sebaiknya, pelajari juga tentang Tips memilih template Blogger, agar tidak terjadi kesalahan di masa mendatang.

Sampai pada tahapan ke lima ini, anda sudah dapat melihat blog anda sudah jadi. Anda dapat mencoba membuka TAB BARU di Browser anda, dan tuliskan alaman blog anda disana. Maka anda akan melihat hasil kerja hari ini.

Kini, blog anda sudah jadi dan dapat terlihat secara online. Anda dapat membagikannya kepada siapapun yang anda inginkan, mungkin untuk sekedar memberikan saran tentang tampilan yang ada.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap