4-cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Blogging

4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Sudah tahukah anda, bahwa ada banyak cara menghasilkan uang dari Blog? Benar, Blog rupanya bisa menghasilkan uang. Bahkan beberapa diantara Blogger yang sukses, dapat menghasilkan uang hingga puluhan juta.

Blog memang sudah hadir sejak tahun 2000 silam, yang diperkenalkan oleh Pyra Labs, lalu kemudian berkembang hingga pada saat ini. Belakangan ini, Blog mulai ramai digunakan orang karena mereka tahu, bahwa melalui Blog dapat menghasilkan uang.

ilustrasi-cara-menghasilkan-uang-dari-blog

Tapi percayalah, beberapa pengalaman orang-orang di luar sana, bahwa Ngeblog hanya karena uang justru itu berdampak buruk bagi perkembangan Blog itu sendiri. Karena konotasinya hanya duit-duit dan duit. Tetapi, ada beberapa cara dalam menghasilkan uang dari Blog, dan semestinya anda mengetahuinya. Berikut penjelasannya.

Benarkah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Ini adalah fakta. Banyak Blogger yang sudah membuktikannya, bahkan saya sendiri. Meski jumlahnya tidak sebesar nilai para Blogger yang cukup terkenal, walau sedikit tetapi tetap saja itu dihasilkan dari Blog. Blog adalah salah satu media yang benar-benar muncul dalam hasil pencarian Google. Terkecuali bila pengguna Blog itu tidak mengizinkan blog mereka muncul dalam hasil pencarian Google.

Karena ia berada di Google, tentu saja ia memiliki kesempatan untuk mendapatkan kunjungan, dan tentunya itu membuka peluang untuk terciptanya kerjasama atau tawaran dengan imbalan rupiah bukan?

Seperti misalnya yang sering saya lakukan, yaitu menerima Penulisan Artikel SEO yang merupakan bisnis yang saya kembangkan sendiri. Meski penghasilan yang didapatkan tidak terlalu tinggi, tetapi dapat dikatakan bahwa penghasilan ini merupakan penghasilan dari Blog.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali jenis bidang yang dapat diperankan melalui Blog dan tentunya menghasilkan uang. Anda akan mengetahuinya secara lengkap disini.

Membangun Blog Atas Dasar Mencari Uang

Ini adalah hal konyol yang pernah saya lakukan. Jangan sampai anda mengikuti jejak yang sudah saya lewati. Dahulu, saat saya mengetahui bahwa Blog dapat menghasilkan uang, justru membuat fokus saya menjadi buyar. Hal yang paling sering saya pikirkan adalah bagaimana Blog yang saya kelola mendapatkan banyak rupiah. Padahal Blog itu baru saja dibangun dan belum memberi nilai lebih bagi mesin pencari Google.

Membangun Blog atas dasar ingin mencari penghasilan adalah hal terkonyol yang dilakukan Blogger. Hindari itu dan jangan berpikir tentang penghasilan dalam langkah awal.

Semestinya ini dihindari. Sungguh sia-sia pekerjaan bila anda hanya terfokus pada uang. Memang tidak bermaksud untuk munafik, tetapi Blog bukanlah mesin duit seperti yang kebanyakan dianggap orang-orang awam diluar sana.

Blog sifatnya enjoy dan santai. Oleh karenanya, tidak bisa hanya dengan waktu yang singkat lantas Blog dapat menghasilkan uang. Tentu ada namanya Brend/ Merk yang perlu diperkenalkan oleh orang-orang agar dapat mendatangkan rupiah di hari kemudian. Atau perlu membuat konten menarik dan dioptimasi dengan baik, agar mendapat peringkat tertinggi dalam kata kunci tertentu, lalu kemudian mendapatkan interaksi disana. Jadi, ini bukanlah pekerjaan yang singkat.

2019 silam, saya berencana untuk menikah dengan wanita pilihan hati kala itu. Karena membutuhkan biaya, akhirnya saya menghabiskan banyak waktu saya bersama Blog yang dikelola, karena besar harapan akan menghasilkan uang yang dapat membantu mengurangi biaya pernikahan saya.

FAKTANYA…! Itu semua sia-sia. Tidak ada hasil yang saya dapatkan dari sana.

Keadaan itu membuat saya berpikir terbalik. Padahal, dahulunya saya hanya menganggap bahwa Blog hanya sebatas tempat menulis semata. Tapi karena keegoisan saya, akhirnya semua jadi kacau, dan apapun tidak saya dapatkan.

Jadi saya ingin menyampaikan bahwa berpikir untuk menghasilkan uang untuk tahapan awal dalam membangun blog adalah kesalahan yang besar. Jangan biarkan pikiran itu terus merasuk, dan senantiasa kembangkan Blog yang anda kelola. Itu jauh lebih berarti di hari kemudian.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari Blog. Bila anda tertarik untuk mengetahuinya, ikutilah penjelasan ini hingga usai. Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari Blog.


1. Melalui Publisher Iklan

Cara menghasilkan uang dari Blog dengan cara yang satu ini adalah cara yang sangat familiar. Bahkan kebanyakan orang sudah mengetahuinya. Google dengan program Google Adsensenya merupakan anak perusahaan Google yang semakin hari semakin berkembang. Google Adsense adalah perusahaan penayang Iklan milik Google, dengan bentuk kerjasama bersama para partner mereka, yaitu Blogger.

Anda sebagai orang yang memiliki Blog, diperkenankan untuk bergabung bersama mereka dan menampilkan iklan di Blog anda. Dengan tampilnya iklan disana, maka anda mendapatkan komisi dari setiap aktivitas yang terjadi pada iklan yang ditempelkan di Blog anda.


2. Melalui Program Afiliasi

Cara menghasilkan uang dari Blog selanjutnya adalah melalui program afiliasi. Program afiliasi adalah program kerjasama antara pemilik Produk dan pengguna umum dimana pengguna umum mendapatkan komisi dari setiap pembelian melalui referensi mereka.

Saat ini, ada banyak sekali program afiliasi yang dapat dimanfaatkan oleh para Blogger, untuk mendapatkan komisi dari sana dan menghasilkan uang dari Blog anda.

Sistemnya sangatlah sederhana. Anda hanya dibutuhkan untuk mengiklankan atau memasang banner tertentu di halaman Blog anda untuk memasarkan produk perusahaan, dan ketika pengunjung yang berdasarkan dari referal anda membeli produk, maka anda mendapatkan komisi dari sana.

Jumlahnya juga dinilai lumayan. Sepanjang perjalanan, rata-rata minimal 10% yang akan diberikan untuk setiap referal yang masuk.


3. Melalui Iklan Mandiri

Biasanya, ini hanya akan dilakukan oleh Blog yang sudah benar-benar berkembang. Cara menghasilkan uang dari Blog yang satu ini terbilang cukup berani. Karena pemilik blog menawarkan space (ruang) tempat iklan ditampilkan dan itu dilakukan dengan pribadi.

Bila Blog anda sudah cukup terkenal dan mendapat banyak kunjungan, maka tidak ada salahnya untuk menentukan cara yang satu ini untuk menghasilkan uang dari Blog anda. Iklan mandiri dapat beragam, seperti menyediakan ruang untuk Banner, atau mempromosikan produk melalui teks tulisan.

Persoalan harga, ini tentunya bervariatif. Ada yang menawarkan murah, namun ada juga yang mahal. Itu sejatinya bermuara pada kondisi Blog sendiri. Biasanya blog dengan ratting yang tinggi maka akan memberi angka yang cukup sederajat dengan kualitas blog mereka.

Tetapi cara ini terkesan sedikit lebih sulit. Karena ia dijalankan dengan sendiri, bukan dilakukan secara otomatis seperti perusahaan pengiklan lain. Kita sebagai pemilik blog harus mampu mengelola tata letak blog untuk menyediakan ruang bagi Iklan mandiri yang ada.


4. Menghasilkan Uang Melalui Penulisan Konten

Hal ini adalah hal yang paling sederhana dalam membangun bisnis. Cara menghasilkan uang dari Blog yang satu ini terkesan instan dan benar-benar mudah untuk dijalankan. Hal yang terpenting disini adalah membangun komunikasi bagi sesama blogger, agar dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis yang sedang kita jalankan.

Jangan kaget ya, di Indonesia biaya untuk program ini sangatlah kecil. Rata-rata yang sering ditemui berkisar antara Rp.10.000 – Rp.30.000 per/ artikel yang dikerjakan. Semestinya angka ini terlalu kecil untuk itu. Tapi itulah harga yang beredar dilapangan.


Kesimpulan

Berbagai carai menghasilkan uang melalui Blog yang diuraikan di atas, adalah bagian yang paling umum digunakan orang banyak. Itu karena ia sangatlah mudah diterapkan.

Tetapi perlu diketahui, bahwa untuk menghasilkan uang dari Blog, tidak hanya melalui langkah-langkah di atas semata. Ada banyak lagi seperti menjual Backlink, atau Konten Berbayar, Membership, dan lain sebagainya.

Jadi, sampai disini dapatlah disimpulkan bahwa Blog dapat menghasilkan uang yang tentunya jumlah yang akan didapatkan berdasarkan layanan yang disediakan, serta dipengaruhi dengan kualitas Blog itu sendiri.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap