broken_link_blog

Optimization (SEO)

Cek Broken Link: Panduan Penting Untuk Blogger

Cek Broken Link membantu anda untuk mengetahui bagian URL mana yang bermasalah sehingga menghambat laju SEO anda dalam penelusuran Google.

Artikel ini, menjelaskan kepada anda tentang bagaimana melakukan Cek Broken Link Blog dengan panduan terbaru tahun 2021.

Disini, anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

  1. Apa itu broken link
  2. Bagaimana itu berpengaruh pada blog
  3. Cara Cek broken link Blog
  4. Memahami broken link blog
  5. dan masih banyak lagi

Jadi, tetap disana dan mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Broken Link

Broken link adalah tautan atau permalink yang tidak dapat dikunjungi oleh pengguna. Broken link juga berarti bahwa halaman rusak dan tidak dapat ditampilkan.

404_not_found_broken_link

Broken link akan muncul, ketika pengguna masuk atau menuju URL (Permalink) yang telah dihapus atau tidak ada dalam data Blog.

Itu artinya, ketika anda menghapus postingan artikel yang telah terindex oleh Google, lalu kemudian pengunjung menemukan dan menuju kesana, mereka akan mendapatkan tampilan “404 Tidak Ditemukan” atau custom lain.

Pengaruh Broken Link Untuk Blog

Hal yang umum ditanyakan adalah bagaimana Broken Link itu memberi pengaruh untuk blog/ website. Broken Link secara umum disebut sebagai tautan rusak.

Tautan rusak ini, mempengaruhi penjelajahan di situs web anda. Pengunjung akan menemukan jalan buntu, sesaat mereka menjumpai broken link yang umumnya ditandai dengan status kode 4xx atau 5xx.

Secara tidak langsung, keadaan ini memungkinkan pengguna untuk mengurangi waktu mereka berada di halaman anda karena menemukan jalan buntu.

Selain itu, crawler tidak perlu menghabiskan anggaran untuk melakukan perayapan terhadap tautan rusak (broken Link).

Cara Cek Broken Link

Setelah kita mengetahui tentang Broken Link, maka pertanyaan selanjutnya adalah tentang bagaimana cara melakukan cek Broken Link pada halaman blog kita sendiri.

Ada beberapa Tools yang dapat digunakan untuk mengetahui hal ini, diantaranya yaitu brokenlinkcheck.com.

Dengan menggunakan layanan online ini, anda dapat dengan mudah menemukan permalink yang tidak dapat ditemukan alias tautan rusak, dihalaman blog anda.

Gunakan alamat situs blog anda disana, dan temukan berbagai permalink yang dinilai rusak.

hasil_cek_broken_link_dari_brokenlinkcheck

Selain menggunakan Tools online itu, anda juga dapat menggunakan layanan lain yang gratis seperti Ahref.

broken_link_dari_ahref

Disana, akan memperlihatkan seberapa banyak artikel anda yang terindikasi sebagai tautan rusak (Broken Link). Tentunya, layanan ini membuat anda jauh lebih mudah untuk memperbaiki kualitas halaman anda. Bila ingin menggunakan Ahref, anda dapat mengikuti panduan Ahref Webmaster Tools.

Membersihkan dan Menghapus Broken Link

Bila semasa anda melakukan cek terhadap URL Blog anda dan menemukan banyak kesalahan disana, maka langkah yang perlu anda ambil adalah memilih untuk membersihkan atau memperbaiki. Ada 2 opsi yang akan dijelaskan disini, yaitu membersihkan dan memperbaiki. Mari kita simak.

1. Membersihkan Broken Link

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi indikasi broken link pada situs web anda. Caranya yaitu menghapus URL yang terpengaruh dan terdeteksi.

Menariknya, ketika anda menggunakan layanan (tools) secara online untuk melakukan checking terhadap URL blog anda, anda akan menemukan sumber halaman yang terpengaruh disana. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah menemukannya.

Kunjungi halaman yang terpengaruh itu, dan hapus permalink yang mengalami EROR disana. Itu akan membantu membersihkan semua broken link anda.

Namun, bagaimana bila permalink itu tidak ingin dihapus?

Maka, anda harus mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu memperbaiki URL.

2. Memperbaiki Broken Link

Anda dapat menggunakan REDIRECT ke halaman yang anda inginkan. Untuk menggunakan Redirect, anda dapat melihat artikel saya tentang Redirect URL blog. Itu akan membantu memperbaiki kesalahan anda secara penggunaan (terkadang, metode ini masih menampilkan kesalahan pada Tools).

Fokusnya adalah permalink yang dihasilkan dari cek sebelumnya. Temukan link itu, dalam halaman yang terdeteksi dengan melihat dari Sumber.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap