Critical Book Review: Membuat Laporan Yang Menarik

Critical Book Review, adalah bagian penting untuk mahasiswa, dalam membuat laporan review mereka. Mari kita mulai, untuk mengetahui lebih lanjut.

Apakah istilah Critical Book Review baru terdengar ditelinga anda? Atau anda baru saja ingin melakukannya? Saya telah melewati itu saat duduk dibangku perkuliahan, dan membuat saya sedikit lebih mengerti tentang bagaimana melakukan review buku.

Anda akan mengetahui itu semua dalam halaman ini. Mari kita jelajahi lebih dalam lagi.

Makna Critical Book Review

Apa sih yang dimaksud dengan Critical Book Review itu? Dari istilah yang ada, ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk memahaminya.

Critical Book Review adalah sebuah upaya untuk menelaah lebih jauh tentang sebuah produk fisik tertentu, dengan memberikan ulasan sederhana baik itu dari pengalaman penggunaan, atau hal lain yang terkait tentangnya.

Seperti yang dilakukan Reviewer pada umumnya, yaitu melihat dan mendalami tentang sebuah buku, lalu kemudian mendeskripsikannya lebih jelas dan terperinci tentang apa yang terkandung dalam buku tersebut, baik secara fisik, maupun non fisik.

Tujuan dan Manfaat Critical Book Review

Suatu waktu, saya pernah bertanya mengenai hal ini pada salah seorang Dosen sewaktu saya studi. Disana, saya mendapatkan jawaban yang sederhana, namun mengandung makna luas.

Apa yang didapatkan?

Jika kamu review buku, atau apapun itu, maka disana kamu sudah melangkah lebih jauh untuk menerbitkan buku.

Dosen rahasia

Kalimat itu sangatlah sederhana bukan? Tetapi, dari sanalah saya belajar lebih dalam tentang mengapa saya harus melakukan review buku, atau mengapa ini penting diterapkan untuk kurikulum mahasiswa atau perkuliahan?

Anda sudah menemukan jawaban itu. Salah satunya adalah agar kita, dapat menerbitkan sebuah buku.

Salah satu tahapan dalam melakukan review buku, adalah memberikan rekomendasi dari buku/ produk yang kita review. Ini adalah bagian yang menarik, dimana kita harus berpikir tentang sesuatu yang terbaik untuk buku yang sedang di review.

Meski pada kenyataannya kita belum menciptakan satu buku sekalipun, namun tetap saja “bagian rekomendasi” ini adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan review buku.

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk menyikapi ini? Salah satunya yaitu membaca lebih luas tentang bagaimana buku yang semestinya. Dengan begitu, akan tercipta berbagai inovasi tentang bagaimana buku yang menarik.

Sadar atau tidak, dengan kegiatan review buku inilah mindset kita terbentuk, untuk menciptakan sebuah buku. Ketika kita seorang yang baru berkelana dengan buku, maka dengan sendirinya kita akan mengetahui tentang bagaimana sebuah buku itu, sebelum ia diterbitkan.

Mulai dari desain, modifikasi, isi, cover, dan lain sebagainya akan menjadi pokok bahasan dalam melakukan review buku. Jadi, sebenarnya aktivitas ini membantu kita untuk belajar, dan saya menganggap lebih dari 70% dari aktivitas review adalah belajar, sedangkan sisanya adalah menilai.

Cara Critical Book Review

Ini pada dasarnya sederhana, namun pada penyusunan laporannya yang lebih spesifik. Dimana kita sebagai reviewer, harus berjibaku untuk menciptakan deskripsi yang apik dan menarik. Tentunya, keseluruhannya itu dibangun berdasarkan pemahaman, dan pengalaman dari melihat berbagai macam buku yang dapat dijadikan sebagai perbandingan.

Sejak beberapa tahun yang lalu saat duduk dibangku perkuliahan, kegiatan ini adalah hal yang paling sering dilakukan. Sehingga, itu membuat saya mendapatkan tentang Cara Critical Book Review, yang mungkin berguna bagi anda. Beberapa tahapan yang dimaksudkan itu adalah:

1. Identitas Reviewer

Reviwer adalah orang yang melakukan review. Dalam kasus ini, anda sebagai orang yang dimaksud. Maka, tuangkan identitas anda didalam laporan Critical Book Review anda. Ini penting dan semestinya itu dicantumkan pada bagian utama dalam sajian laporan.

2. Identitas Buku

Setelah menuliskan tentang identitas pribadi/ reviewer, maka selanjutnya yaitu mengisikan identitas buku. Buatlah beberapa identitas yang dirasa perlu, seperti judul buku, penulis, tahun terbit, nama penerbit, dan lain sebagainya yang dianggap penting.

3. Kata Pengantar

Pembuka dari sebuah laporan atau karya ilmiah lainnya, tentu menganggap perlu tentang bagian kata pengantar ini. Isinya beragam, mulai dari tujuan dituliskannya review buku, tentang untuk siapa ditujukan isi review, dan lain sebagainya.

4. Ringkasan Isi Buku

Ringkasan isi buku, maksudnya adalah menuliskan sebagian besar (secara umum) tentang buku yang sedang di review. Tidak ada panduan baku untuk ini, namun yang jelas itu menggambarkan tentang kandungan isi buku secara umum. Tujuannya adalah sebagai pengantar tentang apa buku yang sedang di review itu.

5. Kekhasan dan Kemutakhiran Buku

Khas maksudnya adalah ciri khusus dari buku yang sedang di review. Sementara mutakhir, adalah pembaruan atau keterbaruan dari buku yang sedang di review. Dirasa, makna dan perbedaan dari dua istilah ini cukup jelas. Ketahui itu semua dalam buku yang sedang di review, dan buat ia menjadi bagian khusus dalam laporan Critical Book Review anda.

6. Kelebihan dan Kelemahan

Tentunya review tidak mengharapkan kritikan yang tajam sehingga merusak citra dari buku/ produk yang sedang di review itu. Melainkan, ia harus natural dan menggambarkan khas dari buku tersebut.

Memang diperlukan bagian tentang kelebihan dan kelamahan dari buku tersebut. Tetapi, meski penjelasan dalam bagian ini bersifat negatif, perlu adanya penyesuaian istilah yang dituangkan dalam paragraf, agar tidak merusak citra yang ada pada buku yang sedang direview.

Sebaiknya, gunakan dengan bijak. Pilihlah kata yang sifatnya membangun, bukan menjatuhkan. Sebaiknya hindari “Justifikasi” terhadap buku yang sedang di review, atau bagian apapun di dalamnya.

7. Rekomendasi

Ini adalah bagian pokok dalam cara critical book review ini. Sebagai layaknya seorang Reviewer profesional, maka semestinya anda memberikan rekomendasi yang baik untuk buku yang sedang anda review. Tentu saja ini bernilai baik bagi penerbit buku, dimana ia mendapatkan saran-saran yang membangun terhadap peningkatan kualitas dari buku yang diterbitkannya.

Harapan dari sini adalah bahwa melalui rekomendasi yang diberikan, menambah wawasan yang lebih baik lagi bagi penerbit buku. Disamping itu, anda sebagai pemberi rekomendasi juga akan membayangkan tentang bagaimana buku yang layak. Ini akan membuat anda menjadi lebih baik ketika suatu saat nantinya dapat menerbitkan buku.

8. Kesimpulan

Bagian ini adalah bagian akhir dari cara critical book review. Kesimpulan adalah penutup dari setiap laporan ilmiah, dan ini bagian yang wajib untuk dituliskan. Rangkumlah dari berbagai pandangan anda terhadap buku yang sedang di review. Ini akan lebih bernilai kompleks.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap