Dapodik PAUD Lubisel

Dapodik PAUD

Dapodik PAUD: Aplikasi Data Pokok Pendidikan Indonesia

Dapodik PAUD merupakan bagian administratif yang sangat penting bagi sebuah lembaga PAUD. Disini, anda akan mengetahui banyak hal tentang Dapodik yang dikhususkan untuk PAUD ini. Diantaranya yaitu tentang:

Apa itu Dapodik PAUD

Bagaimana cara kerjanya

Penggunaan Dapodik PAUD

Berbagai Manfaat

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Apa Itu Dapodik PAUD

Istilah Dapodik PAUD merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini. Itu artinya, Dapodik jenis ini hanya diperuntukkan bagi lembaga PAUD saja.

Pada dasarnya, Dapodik merupakan Aplikasi Online yang digunakan untuk input data dari setiap lembaga di Indonesia, agar mendapatkan pelayanan data yang serupa dari pusat. Dapodik PAUD akan berfungsi memberitahukan atau memberikan data tentang keadaan lembaga kepada pusat, sehingga terdata dengan valid.

Tampilan Dasar Dapodik PAUD
Tampilan Dasar Dapodik PAUD

Dapodik PAUD memungkinkan bagi setiap lembaga, untuk mengisikan dalam bentuk formulir atau isian terkait keadaan lembaga atau sekolah yang ada. Ini termasuk pada keadaan guru, peserta didik, pegawai, keadaan kelas, materi ajar, dan lain sebagainya. Seluruhnya itu di-input ke dalam Dapodik PAUD.

Sejak tulisan ini diterbitkan, terlihat bahwa Dapodik PAUD sudah dapat diperlihatkan secara Online bagi masing-masing akun Dapodik (kunjungi ini: https://dapo.kemdikbud.go.id/ untuk informasi detail).Tetapi pada penggunaannya, masih mengharuskan digunakan dengan aplikasi Dapodik. Itu artinya, keadaan ini membantu masing-masing lembaga untuk melihat pembaruan yang telah dilakukan (sinkron), apakah ia sudah tercatat dalam database atau belum.

Cara Kerja Dapodik PAUD

Seperti istilahnya, Dapodik digunakan hanya sebatas input data kelembagaan secara nasional, dimana sebuah lembaga sekolah akan mengirimkan keadaan sekolah mereka hingga pada tingkat Pusat. Atas dasar deskripsi itu, cara kerja Dapodik ini sifatnya lebih sederhana untuk dipahami. Yaitu hanya menerima data, lalu kemudian menampilkannya secara publik.

1. Verifikasi Lembaga/ Sekolah

Tentunya, aplikasi Dapodik PAUD ini tidak bisa dimiliki oleh sembarangan orang, atau organisasi, atau lembaga sekolah. Aplikasi ini hanya dimiliki oleh lembaga yang terdata dan terdaftar dalam Dinas Pendidikan, melalui tingkatan yang lebih kecil seperti Dinas Pendidikan setempat.

Untuk Dapat menggunakannya, sekolah diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu, melalui laman Dapodik yang diakses melalui Aplikasi.

Laman Pendaftaran Aplikasi Dapodik
Laman Pendaftaran Aplikasi Dapodik PAUD

Dapodik PAUD memungkinkan pengguna atau sekolah, untuk melakukan singkronasi. Itu karena Dapodik meminta pada masing-masing pengguna untuk melakukan sinkronasi secara Online, dalam artian segala macam data yang di-input tersebut dikirimkan secara online kepada Pusat. Pada akhirnya, segala macam data input dari masing-masing lembaga akan muncul dalam pendataan secara nasional.

Setiap lembaga yang ingin mendaftar, akan diwajibkan untuk mengisi formulir yang disediakan dalam aplikasi. Satu hal yang pasti adalah memiliki Kode Registrasi. Tentu saja, hal ini bersifat rahasia. Oleh karena itu, Kode Registrasi akan dapat diperoleh dari Dinas Setempat. Jadi, cara kerja bagian pertama ini benar-benar valid bahwa setiap pengguna yang mengirimkan data ke Pusat, adalah lembaga yang benar-benar sah keberadaannya.

2. Pengisian Identitas dan Data Lembaga

Dapodik memungkinkan lembaga sekolah untuk mengisi identitas lembaga, terlebih lagi hal yang lebih detail seperti identitas guru, peserta didik, sarana dan prasarana, dan masih banyak lagi. Selain identitas, data-data yang lebih detail juga akan disediakan disana, untuk diisi oleh masing-masing lembaga.

Pengisian Identitas Lembaga di Dapodik PAUD
Pengisian Identitas Lembaga di Dapodik PAUD

lembaga berkewajiban untuk mengisi bagian tertentu (meski ada bagian-bagian yang tidak diwajibkan untuk diisi). Karena, ketika sekolah ingin melakukan sinkronasi pada dapodik mereka, namun ada beberapa butir pengisian yang belum terisi dengan benar, maka itu tidak akan berhasil.

3. Sinkronasi

Istilah Sinkron dalam KBBI Online memberi arti bahwa menyenyajarkan. Itu artinya adalah melakukan perubahan terhadap sesuatu yang semestinya terjadi pada waktu itu. Laman Dapodik memiliki fitur Sinkronasi dan ini wajib dilewati setiap pengguna agar dapat mengirimkan data ke Pusat.

Setelah pengguna mengisi bagian yang mendetail dari Laman Dapodik mereka, maka mereka semestinya melakukan Sinkronasi terlebih dahulu, agar data tersebut dapat dikirimkan ke Pusat, untuk dikalkulasikan dalam skala Nasional.

Proses sinkronasi ini bersifat dinamis, dimana segala hal bergantung pada koneksi internet di lokasi tersebut. Bisa saja ini berlangsung dengan cepat, namun tidak menutup kemungkinan untuk melambat, atau bahkan gagal dalam melakukan sinkronasi.

Gagal Sinkron Dapodik PAUD
Gagal Sinkron Dapodik PAUD

Sinkronasi adalah mutlak wajib dilewati bagi setiap pengguna. Bila sinkronasi tidak dilakukan, maka data tidak akan terkirim dan tidak akan masuk dalam kalkulasi skala Nasional. Sebaliknya, bila itu berhasil, maka, dalam skala yang lebih luas (pusat), akan diterima dan ditampilkan. Tampilan data yang dimaksudkan itu semacam ini:

Paparan Data Dapodik PAUD Pusat
Paparan Data Dapodik PAUD Pusat

Gambar di atas, memperlihatkan pendataan yang dihasilkan dari laman dapodik PAUD secara Global (pusat). Itu artinya, hal ini bersifat lebih umum dan tidak menggambarkan satuan lembaga. Jadi, ketika Dapodik PAUD disinkronkan oleh masing-masing lembaga, maka itu akan mempengaruhi data ini, ketika sinkronasi berhasil. Kunjungi Manajemen Dapodik PAUD, untuk melihat itu.

Penggunaan Dapodik PAUD

Dapodik PAUD berguna untuk mengambil dan mencatat seluruh data dari fakta lapangan di sebuah sekolah. Dalam praktik penggunaannya, Dapodik harus terkoneksi oleh internet saat pengiriman data akhir. Namun pada peng-inputan data, lembaga dapat menggunakannya secara Offline karena ia berada dalam localhost.

Dapodik PAUD sangat penting untuk dimiliki setiap lembaga PAUD, baik kelompok formal maupun non-formal. Bila tidak, lembaga PAUD tidak akan tercatat dalam pendataan secara nasional, yang merupakan bagian dari syarat dalam program tertentu dari pemerintah.

1. Penggunaan Bersifat Input Data

Sama seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Dapodik hanya mengizinkan sekolah PAUD untuk input data berdasarkan fakta lapangan di sekolah mereka. Jadi, dari sisi penggunaan, tidak akan menyulitkan pengunjung untuk aktivitas di dalamnya.

2. Penggunaan Bersifat Upload Dokumen

Selama menggunakan Dapodik, mungkin anda melihat permintaan file dalam poin pengisian tertentu. Dengan kata lain, navigasi yang disediakan juga cukup jelas, sehingga ini tidak akan membingungkan anda.

3. Penggunaan Bersifat Online-Offline

Online-Offline maksudnya adalah bahwa dapodik dilakukan dengan menggunakan kedua layanan tersebut. Adakalanya dapodik digunakan dalam versi Offline, namun ada kalanya digunakan secara Online.

Ketika anda menginput data sekolah PAUD, maka biasanya dapat dilakukan tanpa terkoneksi dengan internet. Sebaliknya, bila anda ingin mengirimkan data ke Pusat, maka dibutuhkan jaringan internet agar dapat mengirimkan isian yang ada.

Berbagai Manfaat Dapodik PAUD

Sadar atau tidak, selama menggunakan atau aktif dalam Dapodik PAUD dinilai menguntungkan lembaga. Selain sebagai wadah untuk menginformasikan data sekolah, Dapodik juga termasuk bagian yang resmi untuk berbagai program dari pemerintah setempat.

Mari kita ambil contoh, sebuah program Nasional semacam Bantuan Subsidi Upah (BSU). Salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan dari program pemerintah ini adalah terdaftar di dapodik. Artinya, seorang guru diwajibkan terdata dalam dapodik dan aktif di dapodik dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, program yang paling familiar yaitu Bantuan Operasional Sekolah (BOS), atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk PAUD. Program ini merupakan program tahunan dari pemerintah dalam upaya menciptakan pendidikan yang berkualitas lebih baik.

Lembaga yang terdata dalam Dapodik, adalah lembaga yang memnuhi salah satu syarat yang ada. Sebaliknya, bila lembaga tidak terdata dalam Dapodik, maka tidak akan mendapatkan Dana Bantuan dari pemerintah, karena dianggap tidak mengikuti persyaratan yang berlaku.

Dari berbagai keadaan di atas, dapatlah dipahami bahwa hadirnya Dapodik PAUD untuk seluruh sekolah PAUD menjadi bagian yang sangat penting untuk disadari. Penggunaan Dapodik dalam lembaga PAUD memberikan banyak sekali manfaat, seperti bantuan untuk guru, dan BOP untuk lembaga PAUD.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap