foto_di_blog_membuat_konten_semakin_menarik

Blogging

Foto di Blog: Membuat Konten Semakin Menarik

Sering sekali kita melihat foto di Blog dari setiap pencarian yang kita lakukan.

Itu adalah upaya untuk memanjakan pengunjung, dengan foto-foto yang mampu menarik perhatian.

Tetapi tidak hanya berhenti sampai disitu, ada sisi lain yang juga dianggap penting untuk membuat foto di blog.

Apa saja hal itu?

Simak penjelasannya berikut ini.

Foto di Blog

Tentu istilah ini bukan lagi istilah yang asing, dan tidka perlu penjelasan lebih dalam tentangnya.

Tetapi dalam konteks penjelasan ini, dirasa perlu disampaikan sebagai pengantar pada penjelasan lanjutan dalam halaman ini.

Foto di Blog adalah tampilan foto baik merupakan hasil jepretan sendiri maupun hasil download dari tempat tertentu yang ditampilkan juga di blog.

Foto di Blog belakangan ini menjadi sesuatu yang kerap sekali digunakan bagi masing-masing pengguna blog.

Mungkin itu terjadi karena beberapa alasan. Bisa karena menginginkan peringkat (SEO), atau sebagai upaya untuk menarik perhatian pengunjung, dan lain sebagainya.

Tetapi pada kondisi nyatanya, menempatkan foto di Blog juga menjadi perhatian sekaligus ke khawatiran tersendiri bagi pemilik blog.

Sebab, bila gambar/ foto yang diambil merupakan hasil dari download sembarangan yang membuat gambar terdeteksi Copyright, maka itu menjadi ancaman tersendiri bagi blog tersebut.

Bahkan lebih parahnya lagi, bisa saja blog tersebut terkena penalty oleh Google dan membuat peringkatnya merosot dan tidak masuk dalam hasil pencarian.

Pada umumnya, gambar di dalam sebuah halaman merupakan pendukung atau item yang dapat mewakili seluruh isi konten/ artikel, danmembuat halaman anda menjadi konten menarik.

Oleh karenanya, sebenarnya ini adalah kegiatan yang baik bagi blog. Selain memanjakan para pengunjung blog, juga dapat meningkatkan kualitas blog dalam skor hasil SEO anda.

Cara Menambahkan Foto di Blog

Menambahkan foto di Blog, bukanlah sesuatu perkara yang sulit. Pemilik blog, hanya membutuhkan beberapa langkah untuk menerapkan ini.

Lihatlah bagaimana saya menyusun cara menambahkan foto di Blog ini.

upload_gambar_post_wordpress

Berikut ini merupakan cara menambahkan foto di Blog dengan panduan yang mudah:

Waktu 5 menit

  1. Masuk ke Blog

    login_wordpress

    Silahkan anda masuk ke Blog dan menemukan tampilan dashboard disana.

  2. Pilih Media

    upload_media_wordpress

    Untuk WordPress, anda dapat menggunakan menu “Media” untuk seluruh tampilan multimedia blog anda. Gunakan itu untuk menambahkan foto.

  3. Masuk ke Postingan

    upload_gambar_post_wordpress

    Untuk menambahkan foto dalam postingan blog, silahkan lakukan editing pada Post dimana gambar ingin ditambahkan.
    Setelahnya, silahkan tambahkan foto yang diinginkan dengan memilih menu “Tambahkan Media” di halaman edit postingan anda.

Cara di atas itu, merupakan cara yang sangat sederhana untuk menambahkan foto di Blog.

Hal terpenting disini adalah dibagian mana anda menginginkan foto itu ditampilkan. Tentukanlah itu, dan tempatkan dimana ia seharusnya.

Manfaat Foto di Blog

Tentu saja, untuk menjawab tentang manfaat foto di Blog bukanlah sesuatu yang sulit. Setiap orang tentu membuat jawaban mereka sendiri sesuai dengan apa yang mereka rasakan ketika ia mengunjungi halaman yang dilengkapi dengan gambar.


1. Sebagai Perwakilan Informasi

Terkadang, foto dijadikan sebagai Thumbnail. Ini dapat digunakan sebagai perwakilan atas seluruh isi konten yang ada.

Tidak jarang orang tergoda dengan tampilan foto Thumbnail yang mampu menimbulkan rasa ingin tahu. Sehingga itu meningkatkan jumlah lalu lintas yang ada.

Lihatlah gambar-gambar yang dihasilkan dari mesin pencari. Saya mencoba menelusuri sesuatu dan menampilkan gambar disana.

Terdapat sejumlah gambar yang cukup banyak. Itu membuat saya harus memilih. Tanpa disadari, gambar yang mewakili konten benar-benar membuat saya terpikat dan merasa bahwa jawaban atas masalah saya diulas disana.

pencarian_gambar_dengan_gambar_perwakilan_konten

Keadaan itu, membuat saya mencoba untuk melakukan klik dan membaca halaman itu. Tentunya keadaan ini juga berarti positif bagi sang pemilik blog, dan saya merasa telah dipengaruhi oleh gambar yang mewakili konten.

Semestinya, ini termasuk dari bagian pokok dalam sebuah artikel. Terkecuali bila teks yang dihasilkan itu berupa tutorial/ cara. Maka yang dibutuhkan adalah gambar berupa panduan untuk sebuah masalah yang dibahas.


2. Pemikat Pengunjung

Berbeda dari poin sebelumnya, gambar juga dapat mempengaruhi pengunjung berupa pemikat. Mengapa?

Saya menghabiskan banyak waktu, untuk mengunjungi sebuah website yang menurut saya benar-benar menarik.

Menampilkan gambar-gambar dengan desain modern membuat kesan dan anggapan bahwa “Heii. Artikel ini adalah terbaru…”

Dengan begitu, orang-orang akan lebih menyukainya dan tidak merasa keberatan untuk kembali lagi ke halaman di waktu mendatang.

Menampilkan gambar-gambar yang lengkap untuk sebuah pembahasan tentu saja memberi kesan tersendiri bagi pembaca Blog. Mereka akan merasa percaya bahwa halaman ini membantu penyelesaian masalahnya.


3. Meningkatkan Skor SEO

Siapa sangka, membuat gambar di Blog diyakini dapat meningkatkan peringkat hasil pencarian di Google. Mengapa itu bisa terjadi?

Google adalah sebuah mesin pencari, dan itu tidak terbatas pada file tertentu, gambar juga bagian darinya. Dengan menggunakan Google, orang-orang juga dapat mengunjungi gambar untuk pencariannya.

gambar_berpengaruh_untuk_seo

Bagaimana itu berpengaruh untuk ranking Google?

Peringkat artikel berbeda dengan peringkat gambar. Gambar yang baik, tentu dinilai tersendiri bagi Google. Oleh karenanya, pastikan anda menggunakan tehnik SEO Gambar agar mendapat peringkat terbaik untuk gambar.

Bila gambar anda berada pada posisi tertinggi dalam sebuah hasil pencarian, itu bernilai baik. Halaman anda juga akan dimungkinkan untuk kedatangan pengunjung, dari gambar anda sendiri.

Jika seseorang merasa tertarik dengan gmabar anda dan merasa bahwa gambar itu mewakili pertanyaan mereka, maka ia akan membuka dan mengunjungi halaman anda. Sederhana, tapi benar-benar berpengaruh.

Secara berkelanjutan, ketika halaman itu senantiasa dikunjungi melalui gambar anda yang berada pada posisi tertinggi, maka itu akan membuahkan hasil untuk kunjungan halaman anda.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap