Pendidikan

6 Fungsi Kurikulum Pendidikan Islam

Ada setidaknya 6 fungsi kurikulum pendidikan Islam, yang sering terlihat.

Disarakan atau tidak, fungsi-fungsi ini benar-benar berada dalam kurikulum pendidikan Islam itu sendiri.

Pentingnya Kurikulum Pendidikan Islam

Bagaimana tidak, kurikulum pendidikan Islam adalah sesuatu yang penting bagi lembaga pendidikan Islam itu sendiri.

Tanpa hadirnya kurikulum, maka lembaga akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas di lembaga mereka.

Oleh karena itu, seluruh kegiatan tidak akan terkontrol dengan baik. Rencana tidak lagi dianggap penting, dan hasil hanya sebuah angan-angan semata.

Mengapa demikian?

Kurikulum adalah bagian penting yang tidak dapat dihilangkan dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan Islam.

Kurikulum, akan mengantarkan lembaga kepada rencana untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Dalam pembuatan kurikulum, mengandung berbagai komponen pendidikan seperti guru, peserta didik, bagaimaan evaluasi yang dilakukan, materi pelajaran, tujuan, visi, misi, dan masih banyak lagi.

Fungsi Kurikulum Pendidikan Islam

Selain peranan, kurikulum juga memiliki  beberapa fungsi. Pada dasarnya kurikulum berfungsi sebagai pedoman atau acuan. Bagi guru, kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bagi kepala sekolah dan pengawas,kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan supervisi atau pengawasan. Bagi orang tua, kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam membimbing anaknya belajar di rumah. Bagi masyarakat, kurikulum berfungsi sebagai pedoman untuk memberikan bantuan bagi terselenggaranya proses pendidikan di sekolah. Sedangkan bagi siswa kurikulum berfungsi sebagai suatu pedoman belajar.[1]

Berkaitan dengan fungsi kurikulum bagi siswa sebagai subjek didik, terdapat enam fungsi kurikulum, yaitu:


A. Fungsi Penyesuaian (The Adjustive or Adaptive Function)

Fungsi penyesuaian mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mengarahkan siswa agar memiliki sifat well adjusted yaitu mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Lingkungan itu sendiri senantiasa mengalami perubahan dan bersifat dinamis. Oleh karena itu, siswa pun harus memiliki kemampuan untuk meyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungannya.

B. Fungsi Integrasi (The Integrating Function)

Fungsi integrasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh. Siswa pada dasarnya merupakan anggota dan bagian integral dari masyarakat. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kepribadian yang dibutuhkan untuk dapat hidup dan berintegrasi dengan masyarakatnya.

C. Fungsi Diferensiasi (The Differentainting Function)

Fungsi differensiasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membertikan pelayanan terhadap perbedaan individu siswa. Setiap siswa memiliki perbedaan, baik dari aspek fisik maupun psikis yang harus dihargai dan dilayani dengan baik.

D. Fungsi Persiapan (The Propaedeutic Function)

Fungsi persiapan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu mempersiapakan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, kurikulum juga diharapkan dapat mempersiapkan siswa untuk dapat hidup dalam masyarakat seandainya karena sesuatu hal, tidak dapat melanjutkan pendidikannya.

E. Fungsi Pemilihan (The Selective Function)

Fungsi pemilihan mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendiidkan harus mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih program-program belajar yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

F. Fungsi Diagnostik (The diagnostic function)

Fungsi diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya.[2]

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap