Gagal Verifikasi Blog di Sosiago: Ini Cara Mengatasinya

Sosiago merupakan layanan tempat berlabuhnya para influencer marketing yang ingin menghasilkan uang dari blog mereka. Disana membutuhkan dan melewati tahapa verifikasi untuk blog yang didaftarkan. Terkadang, ditemukan kendala yang menyebabkan gagal verifikasi blog di Sosiago.

Masalah ini adalah masalah yang kerap sekali dialami para Blogger. Banyak orang yang merasakannya, dan menanyakan hal yang sama. Pada kesempatan ini, anda akan mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi gagal verifikasi blog di sosiago. Mari ikuti penjelasan ini hingga usai.

Tentang Sosiago

Sosiago adalah sebuah layanan yang mempermudah dan mempertemukan antara Blogger/ Influencer Marketing dengan pengiklan (Advertiser).

Sosiago sendiri sudah cukup banyak digunakan orang. Dalam beranda mereka sendiri, sudah banyak sekali lowongan bagi influencer marketing untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam blog mereka.

tampilan_dashboard_sosiago

Menariknya, ini tidak hanya diperuntukkan bagi Blogger saja. Sosiago juga menawarkan Channel berupa Instagram, Twitter, dan Youtube sebagai media untuk para influencer marketing dalam mengiklankan bisnis yang ada dari Advertiser.

channel_yang_disediakan_sosiago

Tentunya ini merupakan salah satu tempat yang sangat cocok bagi para Influencer Marketing untuk bertemu dengan calon pengiklan (Advertiser) dan meraup keuntungan disana. Harga yang ditawarkan juga beragam dan menggiurkan, mulai dari puluhan ribu hingga sampai pada raturan ritu dalam sekali post.

Tetapi, dalam menautkan channel (baik blogger, Instagram, Twitter & Youtube), tentu saja membutuhkan verifikasi disana. Sosiago membuat tracking tersendiri sebagai langkah verifikasi dan menautkan kode tertentu disana (script). Jadi, setiap blog yang didaftarkan haruslah melewati tahapan verifikasi ini.

Pada penerapannya, setiap akun influencer akan diberikan kode tertentu sebagai alat untuk melakukan verifikasi antara pemilik akun dan Blog mereka. Terkadang, disinilah kendala yang sering terjadi, yaitu gagal verifikasi Blog di Sosiago.

Bila anda menemukan kendala yang serupa, sebaiknya pelajari tentang bagaimana cara mengatasi gagal verifikasi Blog di Sosiago ini.

Mengatasi Gagal Verifikasi Blog di Sosiago

Beberapa waktu yang lalu (setelah bertahun-tahun mengabaikan Sosiago), saya mencoba menghubungkan kembali Blog yang baru saja saya buat. Oleh karenanya, saya melakukan verifikasi Blog yang diinginkan itu di halaman Sosiago.

Tetapi saya terkejut, saat itu saya gagal dalam melakukan verifikasi Blog di Sosiago. Entah bagaimana ini bisa terjadi.

kejadian_gagal_verifikasi_blog_di_sosiago

Dahulu, persoalan ini bukanlah persoalan yang sulit bagi saya (menggunakan CMS Blogger). Yang perlu dilakukan hanyalah menempelkan kode (script) dari Sosiago, ke halaman HTML blog, dan itu berhasil. Tetapi, kali ini saya benar-benar dibuat bingung karena mengalami “KEGAGALAN” saat melakukan verifikasi.

Kesimpulan sederhana sebelum melangkah lebih jauh, bahwa menggunakan CMS Blogger akan lebih mudah. Yang perlu diperhatikan hanyalah memastikan apakah kode yang ditempelkan sudah benar atau tidak. Biasanya, kesalahan itu terjadi karena kode yang ditempelkan tidak sempurna atau keliru.

Secara spesifik, langkah yang anda ikuti bila menggunakan CMS Blogger, sebagai berikut:

  • Masuk ke Dashboard Blogger
  • Masuk ke Edit HTML
  • Temukan kode body
  • Tempelkan di bawahnya.

Fokus pada pembahasan ini, adalah bahwa saya baru pertama kalinya melakukan verifikasi Blog dengan pengembang WordPress di Sosiago, dan itu berbeda dengan CMS Blogger. Disanalah saya mengalami kegagalan. Mari lihat penjelasan selanjutnya, untuk mengetahui kesalahannya dan bagaimana saya mengatasi itu.


1. Temukan Kode di Sosiago

Silahkan anda Login dengan menggunakan Email dan Password Sosiago, untuk membuka tampilan dashboard akun anda.

kode_script_verifikasi_sosiago

Tambahkan Channel, dan pilih Blog/ Website. Lakukan verifikasi untuk mendapatkan kode berupa script yang digunakan untuk verifikasi.


2. Tempelkan Kode dalam Tag <Body>

Setelah mendapatkan kode Script dari Sosiago, anda harus menempelkannya pada bagian <body> di halaman website anda. Ini dimaksudkan agar kode dapat diterima dan terbaca oleh Sosiago, dan dapat diverifikasi.

Disinilah terkadang kita keliru, dan terkesan terburu-buru, sehingga menyebabkan gagal verifikasi Blog di Sosiago. Oleh karenanya, pastikan anda menempelkan kode dalam bagian Tag <Body>.

Untuk menempelkan kode pada CMS WordPress, memang sedikit berbeda dengan Blogger. Anda dapat menggunakan plugin untuk menambahkan kode Script ke WordPress anda.

Insert Header and Footer adalah salah satu plugin yang dapat anda gunakan untuk ini. Instal Plugin WordPress itu, dan tempelkan kode anda disana. Tetapi, saya menggunakan tema yang memiliki fitur khusus untuk ini.

elements_generatepress

Cara lain adalah anda dapat menempelkannya pada tema anda, bila itu mengandung fitur khusus. Saya sendiri, menggunakan tema yang dapat menempelkannya pada tema saya, sehingga saya tidak mengganggu bagian dasar tema, dan tidak perlu juga menambahkan plugin WordPress untuk ini.


3. Pastikan Kode Sudah Benar

Terkadang, persoalan kode adalah hal yang paling sering menjadi pemicu gagal verifikasi blog di Sosiago. Kode yang diberikan terkadang terselip sehingga salah ketik, atau kesalahan dasar lainnya. Oleh karenanya, pastikan kode itu benar-benar tidak terdapat kesalahan saat menempelkannya pada website.

correct_code_html

Cara sederhana dan umum untuk mengatasi ini, adalah dengan melakukan Copy Paste, atau menyimpannya pada dokumen luar, agar lebih mudah ditemukan.

Umumnya, setelah melewati proses ini dirasa sudah cukup untuk melakukan verifikasi. Tetapi nyatanya, saya gagal dalam melakukannya. Saya sebenarnya bingung, dimana letak kesalahan itu berasal. Akhirnya saya memutuskan untuk mengirimi Customer Service Sosiago sebuah Ticket dan memaparkan masalah saya disana.

ticket_dengan_customer_service_sosiago

Hasilnya memuaskan. Selain pelayanan yang ramah, persoalan saya juga terselesaikan.


4. (Special Tips) Non Aktifkan Plugin Cache

Ternyata, kesalahan yang saya lakukan itu adalah persoalan plugin Cache. Plugin Cache yang saya gunakan ada 2, yaitu WP-Rocket dan dikombinasikan dengan Plugin Autoptimize.

Semula saya menonaktifkan untuk plugin Autoptimize, namun tetap saja itu tidak membuahkan hasil. Tetapi, setelah saya menonaktifkan keduanya, masalah langsung teratasi. Akhirnya saya melakukan verifikasi.

Saat menghubungi Customer Service dari Sosiago, saya mendapati pesan bahwa Plugin Cache dapat diaktifkan kembali setelah verifikasi berhasil. Kabar baik ini membuat saya bertambah semangat, dan mengaktifkan Plugin Cache yang sebelumnya dinonaktifkan itu.

Beberapa cara di atas, merupakan apa yang telah saya lewati berupa pengalaman dalam melakukan verifikasi blog di Sosiago. Tidak menutup kemungkinan ditemukan gagal verifikasi Blog. Jadi perhatikan berbagai hal yang muncul dan perbaiki itu untuk melanjutkan verifikasi.

Bila kegagalan juga terus berlanjut, saya sangat merekomendasikan untuk mengirim Ticket kepada Customer Service Sosiago. Keadaan saya, hanya membutuhkan kurang lebih 3 jam untuk balasan dari persoalan saya dan itu teratasi. Tanyakan sesuatu di kolom komentar, bila anda masih menemukan kegagalan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap