google_formulir

Google Form

Google Formulir: Alat Canggih Untuk Formulir, Survei dan Kuis Online

Apakah anda sedang membutuhkan data melalui formulir, survei dan kuis secara online? Google Formulir menawarkan itu. Anda akan dengan sangat mudah membuatnya dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Mari simak selengkapnya.

Apa Itu Google Formulir

Seperti yang kita ketahui, mungkin istilah “GOOGLE” bukan lagi sesuatu yang baru anda dengan di tahun 2021 ini bukan?

google_formulir_icon

Benar, bahwa Google adalah perusahaan dunia saat ini yang memberikan banyak sekali layanan mereka kepada penggunanya, bahkan dengan layanan Gratis.

Salah satu layanan dari Google yang dimaksudkan itu adalah Google Formulir.

Sesuai dengan namanya, Google Formulir diperuntukkan dalam hal pengambilan data, survei, atau dapat juga digunakan untuk aktivitas kuis.

Dengan menggunakan Google Formulir, anda akan terbantu dengan berbagai fitur yang benar-benar didesain dengan baik sehingga tidak membingungkan pengguna dalam membuat formulir pendataan atau semacam kuis.

Google Formulir sendiri mulai dirilis sejak Februari 2008 silam oleh Google, atau sekitar 13 tahun yang lalu sejak artikel ini diterbitkan (2021).

Untuk dapat menggunakan layanan ini, anda dapat mengunjungi langsung ke Situs Web Google Formulir (https://www.google.com/intl/id_id/forms/about/).

Fungsi Google Formulir

Sesuai dengan namanya, Google Formulir diperuntukkan dengan berbagai jenis pengambilan data, seperti Kuis, Survei, atau pengadaan pengambilan data lainnya.

Google Formulir berfungsi sebagia pengambil dan penyimpan data yang telah diisi oleh para kuisioner.

Terlebih lagi, setelah data itu tersimpan oleh Google Formulir (melalui akun Google pembuat), mereka melengkapi pekerjaannya dengan hasil analisis dari setiap pengisian yang dilakukan oleh audiens (pengisi data).

1. Sebagai Pengambil Data (Formulir)

Bila anda membutuhkan data tertentu dalam waktu yang singkat, mungkin Google Formulir adalah alat yang cocok untuk dijadikan referensi.

Misalnya anda seorang praktisi pendidikan, yang membutuhkan data dari para peserta didik (mahasiswa) anda seperti data diri, tanggal kelahiran, tempat tinggal, jumlah saudara, dan lain sebagainya.

Dengan mengisikan sebuaah formulir berisi pertanyaan untuk mendapatkan jawaban itu, maka anda dapat membagikannya kepada para peserta didik anda, dan akan mendapatkan notifikasi ketika mereka mengirimkan data.

Sebagai bahan kajian tambahan, sebaiknya lihat tehnik pengumpulan data menggunakan Google Form.

2. Sebagai Penyedia Survei

Mungkin saja, anda seorang yang membutuhkan data berupa tanggapan orang-orang tentang produk yang ada.

Misalnya, anda adalah seorang karyawan toko dan sedang membutuhkan tanggapan dari pengguna produk yang ada sebagai bahan laporan.

Google Formulir juga dapat dijadikan untuk penggunaan survei, dimana anda akan mendapatkan jawaban atas segala hal yang dibutuhkan melalui responden anda.

Beberapa pertanyaan seperti: “Apakah anda merekomendasikan produk kecantikan ini kepada orang lain?” dapat anda tuangkan dalam Google Formulir Survei dan akan mendapatkan jawaban dari sekian banyak responden anda.

Menariknya, anda dapat membagikan ini dengan tanpa batasan.

Hingga kini, saya belum menemukan informasi terkait seberapa banyak jumlah responden yang dapat ditampung oleh Google Formulir.

Tetapi faktanya, saya tidak pernah menemukan kendala apapun saat menggunakan layanan survei Google Form dengan kapasitas lebih dari 50 responden.

Untuk membuat Google Form menjadi Survei, anda dapat melihat artikel tentang membuat survei dengan Google Formulir.

3. Sebagai Kuis

Google Formulir berfungsi sebagai kuis. Anda, dapat membuat kuis dengan menggunakan layanan Google Formulir.

Pada dasarnya, secara umum memang Google Formulir bekerja dengan mengambil data dari hasil input yang ada, lalu kemudian membuat laporan kepada pemilik formulirnya.

Lebih menariknya, mereka juga menawarkan fitur membuat formulir anda menjadi kuis, dimana anda dapat membuat pertanyaan, hingga pada rentan waktu yang dibutuhkan dalam hal pengisian kuis.

Tentu saja, ini membuat ketertarikan sendiri bukan?

Misalnya saja, anda seorang Guru dan ingin memberikan KUIS kepada peserta didik anda secara online, melalui Google Form. Saat membuat kuis, anda mneyesuaikan dengan waktu 60 menit untuk pengisiannya.

Dengan begitu, Google Formulir akan merekam semua jawaban siswa yang dikirimkan itu, dan akan secara otomatis menutup formulir ketika ia sudah berlangsung selama 60 menit (sesuai waktu yang ditentukan).

Untuk dapat membuat Google Form menjadi kuis, anda dapat melihat artikel tentang membuat kuis di Google Form.

4. Sebagai Pembuat Absen Kelas

Sebagai seorang guru atau pengajar, tentunya anda membutuhkan absensi pada setiap tatap muka dengan siswa bukan?

Nah, dengan menggunakan Google Form, anda dapat membuatnya menjadi lebih mudah, bahkan dengan Online.

Terlebih lagi, anda tidak perlu bekerja sendiri disini. Yang dibutuhkan adalah hanya membuat sebuah formulir semacam absensi, lalu kemudian siswa yang mengisi sendiri.

Anda hanya menunggu hasil laporan kehadiran dari masing-masing siswa saja.

Untuk hal ini, sebaiknya pelajari tentang cara membuat absen di Google Form.

Pertanyaan Terkait

Beberapa orang mungkin bertanya terkait persoalan yang sama seperti di bawah ini. Mari lihat jawaban singkat saya:

Apa Itu Google Formulir?

Google Formulir adalah sebuah layanan yang disediakan dari induk Google sejak Februari 2008 silam, berupa formulir untuk mengambil data, survei, kuis, absensi, dan lain sebagainya.

Apa Fungsi Google Formulir?

Google Formulir berfungsi sebagai alat untuk mengambil data berupa formulir. Ini dapat digunakan seperti pengisian formulir tertentu, membuat survei, kuis online, absensi online, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Formulir?

Menggunakan Google Formulir sangatlah mudah. Yang anda butuhkan hanyalah memahami berbagai Fitur Google Form dan Kegunaannya (lihat artikel yang telah diterbitkan). Setelah itu, anda dapat membuat berbagai jenis formulir yang diinginkan.

Bisakah Membuat Google Formulir di HP?

Tentu saja. Google Formulir juga dapat dibuat melalui HP. Sebaiknya, pelajari tentang cara membuat Google Formulir di HP, pada artikel yang telah kami terbitkan.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap