Guru Yang Gaptek: Defenisi, Dampak dan Solusi di Tahun 2021

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi guru yang Gaptek. Tetapi sebelum terlalu jauh bercerita kesana, mari kita ulas terlebih dahulu tentang guru yang gaptek. Tentu saja istilah ini bukanlah istilah yang bernilai positif bagi pribadi orang. Gaptek adalah hal yang tidak diinginkan setiap orang. Seperti apa yang dimaksudkan itu, dan bagaiman dampak yang terjadi.

Bab 1:
Defenisi Guru Yang Gaptek

Kita sering mendengar istilah GAPTEK dalam lingkup apapun, termasuk dalam lingkup pendidikan. Gaptek adalah istilah yang tidak lama ini muncul. Ia mulai ramai digunakan orang sebagai istilah sehari-hari saat dunia melahirkan banyak teknologi.

Dalam KBBI Online [1], Gaptek didefenisikan sebagai Gagap Teknologi. Itu artinya, seseorang yang tidak mengetahui lebih jauh tentang teknologi dapa dikelompokkan sebagai Gaptek.

Seorang guru tentunya dibutuhkan pengetahuan seputar teknologi, meski dalam cakupan yang lebih ringan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk ketidaktahuan terhadap teknologi, meski yang ringan sekalipun. Keadaan ini erat dikaitkan dengan “GURU yang GAPTEK“.

Ini tidak memiliki keterkaitan dengan pembelajaran secara langsung. Namun lebih terkait dengan pendukung. Seperti misalnya, seorang guru dibutuhkan pengetahuannya untuk memainkan peran sebagai desain pembelajaran, dimana disana menggunakan media pembelajaran untuk menyampaikan materi ajarnya.

Lantas, bagaimana ia menggunakan media pembelajaran dengan basis teknologi yang belakangan ini mulai ramai digunakan? Tentu saja, pengetahuan seputar teknologi adalah hal yang wajib diketahui oleh seorang guru, meski dalam bahasan yang lebih ringan sekalipun.

Bab 2:
Cara Mengatasi Guru Yang Gaptek

Ada beberapa cara yang mungkin dapat dijadikan opsi untuk mengatasi guru yang gaptek. Cara yang dimaksudkan itu sebagai berikut ini.

1. Membuat Pelatihan

Pelatihan berisikan pembelajaran dengan waktu dan materi tertentu. Pelatihan ini umumnya dilakukan untuk materi yang lebih spesifik dan lebih bersifat praktik. Maka dari itu, pelatihan seputar teknologi dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kualtias guru dan terjauh dari istilah GAPTEK. Tentu, pelatihan yang dibutuhkan adalah pelatihan seputar Teknologi. Hal ini dapat dilakukan di luar sekolah, atau bahkan sekolah itu sendiri yang membuat pelatihan khusus untuk guru mereka.

2. Belajar Mandiri

Guru dapat juga meningkatkan pengetahuan mereka dengan cara belajar sendiri. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pengalaman adalah guru yang paling berarti. Ketidak tahuan akan teknologi, bukan berarti membuat anggapan bahwa guru tidak harus mengetahui teknologi. Bukan pula keadaan ini membuat sang guru tidak belajar teknologi karena rasa takut yang ada.

Sebaliknya, belajar dari apa yang tidak diketahui, adalah hal yang penting untuk menjadi kesadaran dalam diri. Ketidak tahuan akan teknologi, semestinya membuat kita senantiasa mempelajari seputar teknologi itu.

Kehidupan saat ini, telah banyak sekali bercampur dengan teknologi, dan setiap orang bisa mendapatkan teknologi dengan mudah (karena ada di sekelilingnya). Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mengabaikan teknologi di masa sekarang ini. Kepala sekolah dapat mengambil peran akan hal ini. Guru dapat diminta untuk belajar lebih dalam tentang teknologi dari segala macam teknologi yang memungkinkan untuk mereka temui.

3. Mengundang Guru Privat

Cara mengatasi guru yang gaptek selanjutnya adalah mengundang guru privat. Guru Privat akan memberikan sedikit materi tentang teknologi dan itu berguna bagi guru-guru di sekolah. Undang ia dan minta untuk memberikan sekelompok materi tertentu agar guru tidak lagi Gaptek dengan teknologi.

Bab 3:
Solusi Untuk Guru Yang Gaptek

Bagi anda seorang guru yang Gaptek, ada beberapa tips untuk anda sebagai solusi untuk guru yang gaptek. Solusi yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

1. Hindari Sikap Malu Belajar

Memang tidak dapat dipungkiri dan saya sangat setuju untuk perasaan malu yang hadir dalam diri saat belajar di usia yang tidak lagi muda. Tetapi tetap saja, tidak ada solusi lain untuk ini, selain belajar dan terus belajar. Ini merupakan solusi bagi guru yang mungkin dengan usia yang tidak lagi muda, untuk terus mempelajari seputar teknologi.

Tentunya kita tahu bersama, bahwa teknologi mulai marak akhir-akhir ini dan tidak aneh bila orang yang lebih tua belum mengetahui tentang itu lebih dalam. Oleh karenanya, mempelajarinya justru akan membuat anda dinilai baik, bukan sebaliknya.

2. Sadari Bahwa Perubahan Teknologi Itu Pesat

Teknologi itu berkembang dengan pesat loh. Apakah anda akan berdiam diri dan mengabaikan itu semua? Semakin sering mengabaikan, tentu semakin banyak yang tertinggal. Umumnya, akan terasa melelahkan bila mengejarnya kembali.

Sebelum itu tertinggal terlalu jauh, maka mempelajarnya secepat mungkin adalah solusi. Terlebih dahulu, anda harus sadar bahwa teknologi itu berkembang sangat pesat.

indeks-teknologi-indonesia-2017-guru-yang-gaptek
Sumber: databoks.katadata.co.id[[Lihat https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/18/indeks-teknologi diakses pada 1 Maret 2021 14:57 wib.]]

Index pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia kian hari kian meningkat. Tentunya, kita harus sadar dengan keadaan ini, dan mempersiapkan diri untuk mengetahui lebih jauh tentang teknologi agar terhindari dari istilah GAPTEK itu.

Dalam 2018, Indonesia tercapat mengalami peningkatan untuk perkembangan teknologi informasi dengan nilai 5,07 dari skala 0-10. Sedang di tahun 2019, meningkat menjadi 5,32 dengan persentase 4,96%.

Peningkatan ini tentunya membuat kesimpulan bahwa akan ada perubahan lanjutan di masa mendatang. Bagaimana kita menyikapi ini? Sadarilah bahwa teknologi akan semakin berubah dengan sangat cepat. Sebagai solusinya adalah mempelajari teknologi itu sendiri agar tidak tertinggal untuk masa mendatang.

Bab 4:
Simpulan Pertanyaan (FAQ)

Apa itu guru yang gaptek?

Gaptek berarti gagap teknologi. Ini merupakan sebuah istilah yang menggambarkan kurangnya pengetahuan tentang teknologi. Guru yang gaptek adalah guru yang tidak mengetahui lebih lanjut tentang teknologi.

Bagaimana cara mengatasi guru yang gaptek?

Dengan memberikan pelatihan tentang teknologi, dan membiasakan guru untuk berbaur dengan teknologi.

2 pemikiran pada “Guru Yang Gaptek: Defenisi, Dampak dan Solusi di Tahun 2021”

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap