Kegiatan Outbound Anak PAUD: Menerapkan Kegiatan Aman

Kegiatan Outbound Anak PAUD tentu saja membutuhkan sesuatu yang pasti, yaitu kegiatan yang aman. Tentu bagian ini adalah hal pokok yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan jenis kegiatan yang dimainkan saat Outbound.

Alhamdulillah, kami melewati itu, dan tidak terkendali sama sekali dengan kegiatan itu. Komentar para wali siswa juga tidak begitu sulit, dan hampir seluruh dari mereka menganggap pemilihan permainan ini dinilai baik. Bagaimana kami melakukannya? Simak selengkapnya disini.

Bagian 1

Dasar-Dasar Kegiatan Outbound Anak PAUD

Outbound adalah kegiatan pembelajaran yang dimainkan dalam alam terbuka atau tertutup dengan menggunakan bentuk permainan yang edukatif, efektif, yang menggabungkan antara intelegensi, fisik dan mental.

Outbound merupakan salah satu bentuk permainan yang belakangan ini ramai digunakan sebagai salah satu program belajar di lembaga pendidikan, baik itu khusus maupun umum.

Itu karena Outbound adalah bentuk permainan yang benar-benar membantu efektifitas proses pembelajaran, dimana ia melibatkan seluruh komponen seperti fisik dan mental. Oleh karenanya, Outbound dinilai baik bila diterapkan dalam lingkup pendidikan.

Terlebih lagi bila digunakan dalam lingkup pendidikan usia dini dan pendidikan tingkat dasar, maka ini sangat baik untuk membantu intelegensi anak didik.

Bagian 2

Bentuk Kegiatan Outbound Untuk Anak PAUD

Sejatinya kegiatan Outbound menawarkan banyak sekali jenis permainan yang dapat dimainkan. Tetapi itu semua bergantung pada lembaga, untuk menentukan jenis kegiatan yang akan dimainkan.

Oleh karenanya, disini membutuhkan pemahaan tersendiri dan perhatian khusus terhadap jenis permainannya, karena peserta dalam permainan ini adalah anak dengan tingkatan pendidikan Usia Dini. Memilih jenis permainan dengan tepat, adalah tujuan akhir dari ini.

Tetapi selama perjalanan, kami memilih dan memainkan beberapa jenis permainan yang kami nilai cocok untuk pendidikan Anak Usia Dini. Diantar jenis permainan yang kami mainkan itu antara lain seperti:

  • Dragon Ball
  • Flying Fox
  • Human Step

Ketiga jenis permainan ini adalah jensi yang paling sering dimainkan untuk anak-anak. Selama kami memainkannya, tidak ditemukan kendala berarti disini, bahkan terkesan baik-baik saja.

Yang paling menarik adalah Flying Fox, dimana beberapa siswa kami tidak berani untuk memainkannya. Tetapi ini menjadi perhatian tersendiri, karena ini tidak dipaksakan. Sesuatu yang terlalu menantang dan memicu adrenalin, dikhawatirkan akan mengganggu psikologis anak. Tetapi, beberapa anak melakukan itu, tentunya atas izin dari orangtua mereka.

flying_fox_tk_syarif_ar_rasyid
Flying Fox TK Syarif Ar-Rasyid

Menariknya, ini membelajarkan siswa kami tentang bagaimana mengatasi rasa ketakutan dalam diri.

Memang, ada juga diantara mereka yang tidak berminat untuk mengikuti kegiatan ini, karena ia merasa takut. Tapi kami tidak memaksakannya.

siswi_tk_syarif_ar_rasyid_flying_fox
Siswi TK Syarif Ar-Rasyid Flying Fox

Tidak hanya laki-laki, siswa wanita kami pun juga turut andil dalam kegiatan ini. Saya melihat mereka begitu dewasa saat ini.

Menariknya, saya dan teman guru lainnya, juga mencoba permainan yang satu ini.

reza_lubis_outbound_syarif_ar_rasyid
Reza Lubis Flying Fox

Bahkan, guru wanita sekalipun cukup berani untuk mencoba jenis permainan yang satu ini.

dewi_lubis_outobund_syarif_ar_rasyid
Dewi Lubis Flying Fox

…dan satu lagi, guru wanita.

fatma_outbound_syarif_ar_rasyid
Fatma Harahap Flying Fox

Kami dan teman lainnya merasa menikmati jenis permainan yang satu ini.

Itu benar-benar mengacu adrenalin kami.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap