featured_apa_itu_keyword

Optimization (SEO)

Keyword: Dasar-Dasar Yang Penting Tahun 2021

Kita sering sekali mendengar istilah Keyword (kata kunci), terlebih lagi dalam sebuah halaman blog/ artikel blog. Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengetahui lebih jauh tentang keyword itu sendiri. Baik dari sisi defenisi/ pengertian keyword, tujuan keyword, fungsi keyword, dan masih banyak lagi.

Disini, anda akan mengetahui beberapa hal seperti:

Jadi, mari kita ulas lebih dalam.

Pengertian Kewyord

Keyword adalah istilah berasal dari bahasa Inggris yang berarti Kata Kunci. Itu artinya, bahwa keyword adalah kata kunci yang berada dalam sebuah halaman.

Setiap susunan paragraf yang membentuk halaman panjang, membutuhkan sebuah pokok pemikiran sehingga ia terbangun dan terbentuk menjadi bacaan lengkap. Keyword, adalah bagian pokok dalam pembentukan sebuah halaman lengkap itu.

Keyword menjadi bagian penting, sebab keberadaannya membuat halaman menjadi lebih terarah dalam pembahasan. Oleh karenanya, istilah ini dianggap sebagai istilah yang penting dan perlu dipelajari lebih mendalam.

Fungsi Keyword

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Keyword merupakan komponen penting dalam sebuah halaman. Halaman yang dibangun tanpa memperhatikan keyword, maka akan meluas pembahasannya sehingga sulit untuk dipahami oleh pembaca.

Secara umum, keyword berfungsi sebagai panduan dalam penyusunan halaman untuk menyampaikan tujuan paragraf kepada pembaca.

Semestinya setiap halaman yang diterbitkan tentu memiliki tujuan tertentu akan penerbitannya. Bisa untuk menyampaikan berita tertentu, atau menyampaikan informasi bidang keilmuan tertentu.

Dalam pembangunan halaman tersebut, tentunya dibutuhkan sebuah kata kunci (keyword) sebagia pemandu dalam penciptaannya.

Halaman yang diterbitkan dengan tidak memperhatikan keyword (mengabaikan kata kunci), lebih dikawatirkan untuk meluas dari sisi pembahasan dan sulit dipahami oleh pembaca. Maka dari itu, bagian ini penting untuk dijadikan sebagai acuan dalam menerbitkan konten.

Menemukan Keyword Blog

Bagaimana cara menemukan ide kata kunci untuk digunakan di halaman blog?

Ini bukanlah aktivitas yang sulit. Sederhanany,a anda tidak butuh mengeluarkan biaya lebih banyak untuk ini. Bila memungkinkan, anda dapat menggunakan beberapa layanan Tools pengecekan keyword, yang dilengkapi dengan kompetitor dan persaingannya.

Tetapi, saya ingin memberikan beberapa hal yang sangat sederhana, tentang bagaimana ide menemukan keyword yang sering saya lakukan.

Google sudah menyimpan banyak informasi untuk ini dari setiap pengunjung mereka. Bahkan, disana akan ditampilkan secara bebas tentang istilah-istilah yang sering dicari oleh pengguna mereka.

Anda dapat menggunakan Google Suggest, untuk dapat menemukan ide keyword untuk konten anda selanjutnya.

google_suggest

Selain itu, jika anda menuliskan sesuatu dalam kolom pencarian Google, ia akan memunculkan teks terkait dari apa yang anda cari.

google_suggest_di_kolom_pencarian

Hal yang selanjutnya dipertimbangkan adalah menentukan keyword yang dirasa mungkin untuk menciptakan konten baru.

Dengan mendapatkan keyword, halaman yang anda bangun tentu memperhatikan relevansi dengan keyword itu pula. Dengan sendirinya, akan tercipta halaman yang berkualitas dan lebih terfokus pada pembahasan.

Jangan lupa..! Ini layanan gratis yang disediakan oleh Google. Anda dapat menikmati itu dengan melihat berbagai kata kunci yang telah ditemukan oleh Google.

Meski di luar sana banyak sekali layanan Tools yang menyediakan versi beragam seperti menampilkan jumlah pencarian, seberapa sulit untuk persaingan di SERP, Google Suggest dapat dijadikan opsi untuk menemukan ide konten anda berikutnya.

Anda dapat menggunakan layanan pihak ke 3, untuk dapat melakukan checking terhadap kata kunci yang anda bidik.

Beberapa layanan itu seperti:

Anda masih akan menemukan banyak sekali layanan di luar sana yang menawarkan fitur yang sama, yakni analisis keyword.

Tidak sedikit dari mereka yang mengutip biaya tertentu untuk layanan yang ada. Meski demikian, anda memiliki opsi untuk menggunakan layanan gratis, bila dirasa untuk menghemat anggaran anda.

Jenis Keyword

Keyword dalam hal blogging, terbagi menjadi dua bagian, yakni Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword.

Sederhananya, istilah ini dapat dimaknai sebagai kata kunci panjang dan kata kunci pendek.

Sebelumnya sudah disinggung persoalan Google Suggest, dimana anda akan menemukan saran tentang apa yang sedang dicari di Google. Bila anda menggunakan tehnik ini, maka anda juga akan melihat lebih banyak tentang Long Tail Keyword.

Mari kita bahas satu per satu.

1. Long Tail Keyword

Sederhananya, ini dimaknai sebagai kata kunci panjang. Semestinya tidak banyak penjelasan disini. Dari istilah yang ada, sudah cukup mudah untuk memahami akan jenis keyword yang satu ini.

Ketika anda berkunjung dan menuliskan sesuatu di kolom pencarian Google, maka anda akan melihat saran istilah lebih panjang (tambahan beberapa kata) dari apa yang sedang anda cari.

Semakin bertambah jumlah katanya, maka itulah yang dimaknai sebagai Long Tail Keyword (kata kunci panjang).

Konon katanya, anda akan lebih mudah mendapatkan peringkat dengan menggunakan Long Tail Keyword. Lihat penjelasan lebih lengkap tentang Long Tail Keyword.

2. Short Tail Keyword

Kebalikan dari penjelasan sebelumnya, Short Tail Keyword berarti kata kunci pendek. Itu berarti, sebuah istilah dengan jumlah kata yang lebih pendek.

Tidak ada kategori tertentu untuk hal ini. Tetapi dari sisi visual, sudah dapat dimaknai tentang bagaimana kata kunci pendek, dan bagaimana pula kata kunci yang panjang.

Semakin sedikit jumlah kata yang digunakan dalam keyword, maka ia tergolong sebagai Short Tail Keyword.

Tetapi umumnya, kata kunci pendek adalah susunan kata (istilah) yang tersusun lebih sedikit dua kata.

Misalnya istilah pengertian blog – tujuan blogging – kegunaan blog, dan masih banyak lagi.

Istilah di atas, merupakan kata kunci yang terbentuk dari dua suku kata. Lihat penjelasan lebih lengkap tentnag Short Tail Keyword.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap