Kompetensi Guru: Kunci Menemukan Jati Diri Pendidik


Last Updated: 2 Maret 2021

kompetensi_guru

Kompetensi guru merupakan bagian penting untuk diketahui seorang guru. Ini menyangkut jadi diri mereka sebagai pendidik atau tenaga kependidikan.

Setiap kompetensi memiliki indikatornya sendiri. Tentang bagaimana guru harus bersikap baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan, diatur dalam kompetensi yang harus dimilikinya.

Mari kita ulas lebih dalam tentang kompetensi guru ini.

Pengertian Kompetensi Guru

Kompetensi guru adalah karakteristik guru yang dinilai kompeten secara profesional di bidangnya. Setiap kompetensi, memiliki indikator sebagai acuan dalam memenuhi masing-masing kompetensi yang ada.

Macam-Macam Kompetensi Guru

Terdapat setidaknya 4 (empat) macam kompetensi yang harus ketahui dan dimiliki seorang guru. Adapun keempat kompetensi yang dimaksud itu sebagai berikut:

1. Kompetensi Pedagogik

Pedagogik berarti pengetahuan, dimana disini dimaksudkan adalah kemampuan daya pikir guru terhadap pengetahuan dibidang yang sedang digelutinya.

2. Kompetensi Kepribadian

Kepribadian adalah sikap atau tindakan seseorang dalam menjalani sesuatu. Kompetensi ini juga merupakan kompetensi penting bagi seorang guru, dimana perilaku guru diatur sebagaimana mestinya. Ini tidak hanya berlaku di dalam lingkungan sekolah, melainkan juga menjadi panduan untuk di lingkungan tempat tinggal guru.

3. Kompetensi Sosial

Sosial maksudnya adalah hubungan dengan warga di luar sekolah. Ini termasuk pada hubungan masyarakat baik di lingkungan luas, dan terlebih lagi di lingkungan dimana guru itu sendiri tinggal.

Kompetensi sosial mengatur tentang bagaimana semestinya seorang guru dalam bersikap dilingkungan masyarakat. Hal ini sangat penting untuk diketahui dan dijadikan sebagai bahan praktik untuk guru dalam berperilaku dilingkungan masyarakat luas.

4. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional maksunya adalah sebuah kemampuan dala upaya peningkatan kualitas guru dalam menjalankan profesinya. Profesional akan memandu sang guru untuk berdedikasi terhadap profesi yang sedang dijalankannya.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap