PTK

Langkah Penyusunan Latar Belakang Masalah dalam PTK

Latar Belakang Masalah (selanjutnya disingkat sebagai LBM) merupakan bagian dasar dalam penelitian. Oleh karenanya, penting bagi seorang peneliti untuk mengetahui langkah penyusunan Latar Belakang Masalah dalam PTK.

Halaman ini, akan menjelaskan beberapa hal tentang:

  • Pentingnya LBM dalam PTK
  • Langkah Penyusunan LBM dalam PTK
  • Contoh latar belakang masalah PTK
  • dan masih banyak lagi.

Jadi, mari kita mulai pembahasan ini.

Pentingnya LBM dalam PTK

Latar Belakang Masalah (LBM) merupakan bagian yang penting dalam sebuah laporan penelitian, baik itu proposal maupun hasil. Pada bahasan ini, kita akan berfokus pada penggunaan LBM dalam sebuah laporan penelitian. Sejauh mana ini dinilai penting?

Sebenarnya, hal ini adalah hal yang sangat umum dan rasional. Bagaimana mungkin sebuah hasil laporan penelitian tanpa dilandasi dengan Latar Belakang Masalah? Itu dapat bernilai rekayasa belaka bukan?

Sebuah statemen yang penting sebelum memulai sebuah penelitian adalah:

Penelitian itu dilandasi dari masalah, lalu kemudian dikembangkan sehingga layak untuk diteliti.

Reza Lubis.

Statemen itu menggambarkan bahwa masalah adalah hal utama dalam sebuah penelitian. Ini adalah hal yang rasional, dan siapa saja dapat berpikir tentang itu. Sebuah penelitian tidak akan berhasil tanpa masalah, dan itu semestinya diragukan.

Jadi untuk sebuah penelitian, akan menciptakan alur sebagai berikut:

Menyusun Latar Belakang Masalah Dalam PTK

Dari alur di atas, dapatlah terlihat bahwasanya masalah adalah induk dari penelitian, dimana ini merupakan hal inti dan harus dijabarkan sedemikian rupa agar tergambar inti dari permasalahan yang ada di lokasi penelitian.

Jadi, disinilah letak kehadiran masalah dalam sebuah penelitian. Pemetaan ini mungkin dibutuhkan tatkala seorang peneliti ingin mempresentasikan hasil penelitian mereka dihadapan penguji. Peneliti seharusnya mampu memetakan tentang masalah mereka dalam penelitian yang dilakukan.

Langkah Penyusunan Latar Belakang Masalah dalam PTK

Halaman ini, akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana menyusun latar belakang masalah dalam PTK. Dalam hal ini, dibagi menjadi beberapa bagian yang mendeskripsikan langkah-langkah tertentu untuk menyusun latar belakang masalah penelitian.

Dalam hal ini, lebih difokuskan pada penyusunan LBM dalam sebuah laporan penelitian, baik itu Skripsi, Tesis, Disertasi, atau bentuk karya ilmiah lainnya. Mari ikuti lebih lanjut.

Wisuda Siska Wulandari Lubis

Artikel dari

Siska Wulandari Lubis, S.Pd

Saya senang menulis segala hal yang saya lewati, sama seperti abang saya Reza.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap