Lupa Password Akun PTK Yang Sudah Terverifikasi 2020

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah melakukan verifikasi terhadap akun GTK saya. Tapi belakangan, saya lupa akan passwordnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi lupa password akun PTK yang sudah terverifikasi itu?

Mari simak penjelasannya.

Bagian 1

Kasus Saya: Akun PTK Sudah Terverifikasi

Belakangan ini, para pendidik disibukkan dengan membuka halaman Info GTK. Bahkan tidak jarang, server yang ada malah Down akibat banyaknya user yang mengakses.

Akun PTK perlu untuk dilakukan verifikasi terhadapnya, agar dapat mendapatkan informasi terbaru seputar guru. Ini juga berguna untuk memastikan bahwa akun PTK itu benar-benar aktif.

Kasusnya, beberapa waktu yang lalu saya melakukan verifikasi akun PTK, melalui Akun Operator di Datadik Kemendikbud. Sebelumnya, saya mendatangi Dinas setempat yang bersangkutan untuk menanyakan persoalan verifikasi. Pada saat yang sama, akun Operator kami-pun diverifikasi.

Setelahnya, saya melakukan verifikasi terhadap akun PTK yang saya miliki.

akun_ptk_reza_lubis_sudah_verifikasi

Satu hari akun itu bisa digunakan dan terlihat tanpa masalah. Namun setelahnya, saya mengalami hal yang paling aneh, yaitu tidak dapat Login melalui Akun PTK, baik melalui Login PTK Langsung maupun melalui SSO. Keduanya tidak bisa digunakan. Informasi yang muncul adalah “Username or Password Incorrect !

salah-password-info-gtk

Sontak keadaan itu membuat saya bingung, karena saat ini saya membutuhkan beberapa dokumen penting yang hanya dapat dicetak dalam akun tersebut. Entah apa yang terjadi, tapi itulah kenyataannya. Akun tidak bisa login melalui PTK Langsung, maupun melalui SSO.

Bagian 2

Cara Mengatasi Lupa Password Akun PTK Yang Sudah Terverifikasi

Ini adalah cara yang saya lakukan, agar dapat masuk ke Infor GTK melalui SSO. Ini dimaksudkan agar saya dapat Direct langsung ke GTK. Cara ini sederhana, tetapi berinteraksi dengan kode-kode tertentu. Bagi anda yang saat ini mengalami masalah yang serupa, mungkin langkah ini dapat dijadikan pilihan.

Note: Penulis terbebas dari hal apapun yang terjadi pada akun anda.

1. Masuk Akun Dapodik

Akun Dapodik berbeda dengan Akun PTK. Akun Dapodik adalah akun yang diperuntukkan mengelola dapodik, termasuk didalamnya akun PTK. Sedangkan Akun PTK diperuntukkan bagi guru perseorangan/ pribadi. Jadi kedua jenis akun ini berbeda, dan tidak sembarangan dalam penggunaannya.

menu-akun-di-manajemen-dapodik-sso

Silahkan masuk dengan akun Dapodik. Setelah itu, pilih Akun, dan pilih PTK. Maka akan menampilkan seluruh PTK yang terdata dalam dapodik lembaga.


2. Inspect Element

Arahkan cursor pada bagian “Icon Pensil ” untuk Akun PTK yang mau diganti password. Lalu kemudian Klik kanan, dan pilih Inspect Element. Atau, anda juga dapat menggunakan CTRL+SHIFT+I.

inspect-element-info-gtk

3. Edit Code

Ganti kode Angka 1, menjadi Angka 0. Pada gambar di atas, angka 1 terdapat dua buah, maka ganti keduanya menjadi angka 0.

Sehingga, hasil yang ditampilkan akan terlihat seperti ini:

ganti-kode-lupa-password-akun-ptk-yang-sudah-terverifikasi

Dengan begitu, anda akan dapat mengganti password Akun GTK target dengan mudah. Ia membuat semua kembali seperti semula, dan dapat direset hingga pada Email sekalipun.


4. Ganti Password/ Email

Setelah anda mengganti angka pada poin 3, tetaplah dihalaman dan JANGAN MELAKUKAN PENYEGARAN/ REFRESH HALAMAN. Karena itu akan membuat kode kembali seperti semula, dan anda harus mengulangi tahapan ini lagi.

Silahkan anda klik bagian “IKON PENCIL” kembali, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini:

ganti-password-pada-akun-ptk-yang-sudah-terverifikasi

Tahapan ini adalah tahapan akhir dari perjalanan anda. Silahkan ganti dengan password yang baru, dan coba untuk login. Setelah melakukan UPDATE password anda, anda dapat melakukan REFRESH halaman yang ada. Lalu silahkan lakukan Login kembali menggunakan Akun PTK di Info GTK.

Kesimpulan

Berbagai tahapan di atas, sudah saya terapkan dan berhasil untuk Akun Saya. Semoga saja ini membantu bagi anda yang sedang lupa password akun GTK.

Note: Penulis terbebas dan tidak bertanggung jawab terhadap hal apapun yang terjadi pada akun anda…!!!

2 pemikiran pada “Lupa Password Akun PTK Yang Sudah Terverifikasi 2020”

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap