Manfaat Ngeblog Yang Harus Kamu Ketahui

5 Manfaat Ngeblog Yang Harus Kamu Tahu

Masih adakah bagian dari kita yang tidak mengenal istilah Blog? Ternyata, meski terlihat hanya aktivitas menulis belaka, terdapat banyak sekali manfaat ngeblog yang tidak diketahui oleh orang lain.

Memang, sekilas terlihat hanya seperti menulis belaka dan itu tidak berarti. Padahal, akan ada banyak sekali hal yang ditemui selama aktivitas blogging ini dijalankan. Berikut ini saya beritahukan bahwa terdapat 5 manfaat ngeblog yang harus kamu tahu, yaitu:

1. Melatih bakat menulismu

2. Membangun otoritas diri

3. Membentuk jaringan

4. Menjual produk atau jasa

5. Menghasilkan uang secara online

Mari kita mulai pembahasan ini.

1. Melatih Bakat Menulis

Menulis bukan lagi istilah yang asing bagi seluruh orang. Setiap diantara kita, tentu saja pernah melakukan yang namanya “menulis”. Contoh kecil, tentu saja saat kita bersekolah dulu, sudah sering melakukan aktivitas yang namanya menulis.

Meski dimaknai sebagai sesuatu yang sederhana secara kasat mata, tetapi pada faktanya menulis juga diperlukan beberapa teknik tertentu. Tulisan yang dihasilkan, perlu dibaca oleh orang lain.

Pada kenyataannya, tidak semua orang menyukai tulisan yang telah diterbitkan, baik melalui media cetak atau bahkan media digital (online). Ada kalanya, sebuah bacaan itu tergolong membosankan, meski disisi lain tergolong mengagumkan.

Membuat tulisan yang menyenangkan, adalah pilihan utama bagi setiap penerbit konten dalam bentuk teks ini, dengan harapan diminati oleh para pembaca dan melahirkan banyak interaksi untuk apa yang dituliskannya.

Seperti dalam sebuah Blog, dimana anda dapat menerbitkan berbagai jenis konten yang anda suka, lalu kemudian dibaca oleh orang di dunia. Itu sesuatu yang menarik bukan?

Jika anda sudah terbiasa dengan ini, maka anda akan jauh lebih mudah dalam mendeskripsikan sesuatu. Itu dipengaruhi banyak hal seperti seberapa banyak sumber bacaan yang anda kaji, atau seberapa jauh pengalaman anda dalam menuliskan konten.

Jika kemampuan menulis meningkat, ini akan membuka banyak sekali peluang bagi anda seperti menjadi Freelance, menerbitkan buku, dan masih banyak lagi.

2. Membangun Otoritas

Otoritas adalah sebuah kepercayaan dimana orang-orang di luar sana mempercayai akan seseorang. Baik itu dari sisi sikap, perilaku, pengetahuan, dan lain sebagainya. Seluruhnya itu tergolong pada otoritas.

Otoritas sangat diperlukan dalam era modern ini. Itu semakin memperkuat anggapan orang banyak tentang kemampuan diri kita akan sesuatu hal.

Seperti misalnya, seseorang dengan latar pendidikan Teknologi. Sudah barang tentu orang-orang akan mempercayai ucapannya (meski tidak keseluruhan mungkin) saat menjelaskan tentang sesuatu terkait keilmuannya.

Otoritas yang tinggi, akan bernilai positif bagi perkembangan diri sendiri. Hal ini akan mengundang banyak kepercayaan meski dari orang asing sekalipun. Sebagai contoh, anda seorang Insinyur dan menuliskan banyak hal tentang Infrastruktur. Itu akan jauh lebih berarti, bila dibandingkan dari ucapan seorang berlatar belakang pendidikan.

Mungkin sebagai pilihan, anda dapat membuat sebuah blog yang menarik dalam upaya menciptakan kualitas kepada para pembaca.

Akan ada banyak sekali manfaat bagi anda, bila memiliki nilai otoritas yang tinggi. Anda akan dipercaya oleh berbagai kelompok orang. Terlebih lagi, bila anda menerbitkan banyak tulisan melalui halaman blog pribadi.

3. Membentuk Jaringan

Sadar atau tidak, dengan memberitahukan tentang keberadaan anda, maka anda dapat membentuk jaringan baik dari sisi pribadi, maupun jaringan kelompok tertentu.

Sebagai contoh, pada setiap terbitan artikel anda di halaman blog, memiliki banyak pembaca dan diantara mereka meninggalkan komentar seperti pertanyaan tentang apa yang diuraikan dalam artikel konten.

Disini terlihat cukup jelas, dimana sadar atau tidak anda sedang membentuk jaringan. Jangan salah kaprah, tidak semua orang menuliskan komentar di Blog berdasarkan Hacker.

4. Menjual Produk Atau Jasa

Manfaat ngeblog yang cukup sering dijadikan sebagai informasi adalah produk atau jasa. Sudah pernahkah anda mendengar istilah Woocommerce/ Jualan Online? Hal ini bukanlah sesuatu yang baru lagi.

Hanya bermodalkan Blog, anda dapat membuat toko berbasis online untuk menjual dan memasarkan produk-produk yang anda kelola dengan baik. Ini juga akan berimbas pada penghasilan anda, dimana pengunjung tidak akan dapat dibatasi secara nyata.

Bila anda bergerak dengan pribadi, maka Jasa atau Layanan adalah sesuatu yang patut anda coba. Belakangan ini, saya menemukan banyak sekali halaman blog yang mengedepankan pribadi dengan manawarkan jasa dari setiap keahlian yang dimilikinya.

Sama seperti anda, yang juga memiliki bakat dan keahlian tertentu. Anda dapat menjualn produk yang anda ciptakan sendiri atau lainnya, untuk diperjual belikan melalui halaman blog anda. Tentu saja, ini akan mendatangkan banyak Income.

5. Menghasilkan Uang Secara Online

Tahukah anda, bahwa dengan Ngeblog bisa menghasilkan uang secara Online? Ini adalah salah satu manfaat ngeblog yang paling sering dibahas.

Faktanya, sudah banyak sekali informasi yang beredar tentang penghasilan dari sebuah blog yang didapatkan secara online.

Secara terang-terangan, anda mungkin dapat berkunjung ke Google Adsense, dan melihat informasi disana. Secara jelas dinyatakan bahwa “Kami Menghargai Konten Anda“.

Ini menjadi sesuatu yang menarik dan telah banyak para penulis blog bekerjasama disana untuk meraih pundi-pundi penghasilan mereka.

Semua ini sebenarnya bergantung pada pemilik blog, tentang bagaimana cara mereka meraup keuntungan dari blog mereka. Itu semua disesuaikan dengan kondisi dan keadaan blog mereka sendiri.

Bisa dari menerbitkan iklan, menawarkan jasa, atau menawarkan lokasi iklan secara mandiri.

Pertimbangkan untuk mengetahui cara menghasilkan uang dari Blog, sebagai panduan menghasilkan uang secara online.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan layanan lainnya seperti Adsterra, atau pengiklan umum lainnya.

Kesimpulan Akhir

Kebanyakan orang tidka menyadari bahwa mereka dapat menghasilkan uang hingga Jutaan rupiah hanya dari tulisan mereka yang diterbikan di Blog.

Kelima manfaat ngeblog di atas, diuraikan secara umum. Adapun bagian yang lebih spesifik, mungkin akan dijelaskan di masa mendatang. Ambil keputusan, dan raih penghasilan tambahan secara online.

Jangan Ketinggalan Update Kami

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap