Masalah yang bisa dijadikan PTK

PTK

Masalah Yang Bisa Dijadikan PTK

Tidak semua masalah yang ditemui, dapat dijadikan PTK. Ada beberapa kriteria dalam menentukan masalah yang bisa dijadikan PTK untuk diteruskan berupa laporan penelitian. Bila Anda ingin tahu tentang masalah yang bagaimana untuk Penelitian Tindakan Kelas, anda berada di tempat yang benar.

Beberapa hal yang akan anda ketahui disini seperti:

  • Mengenal masalah dalam PTK
  • Kriteria masalah yang bisa dijadikan PTK
  • Kesimpulan

Jadi, mari kita simak penjelasan lebih jauh.

Mengenal Masalah Dalam PTK

Sebuah penelitian tentunya berangkat dari sebuah masalah yang ditemui. Bila tidak ada masalah, maka tidak ada penelitian, atau penelitiannya diragukan. Oleh sebab itu, penentuan masalah menjadi kunci dalam kelanjutan penelitian, apakah penelitian itu pantas untuk dilanjutkan, atau justru penelitian itu dihentikan karena tidak ditemui masalah yang tepat.

Tidak hanya pada peserta didik, masalah dalam PTK juga dapat diorientasikan pada Guru, dimana upaya peningkatan terhadap guru di sekolah. Namun dalam PTK, sebuah istilah “KELAS” yang dimaksudkan itu bukanlah sesuatu yang terbatas hanya pada kelas di sekolah. Melainkan, hal ini juga termasuk pada kelompok tertentu, seperti guru dengan kelompok MGMP, atau bagian yang lainnya dengan landasan kelompok.

Permasalahan yang ditemui dalam sebuah kelompok tertentu, adalah bagian dari masalah yang bisa dijadikan untuk penelitian PTK. Tentu saja, disini tidak terlepas dari Tindakan yang dilakukan oleh Peneliti tersebut, untuk sebuah peningkatan tertentu. Maka itulah sekilas mengenai masalah dalam PTK.

Kriteria Masalah Yang Bisa Dijadikan PTK

Penjelasan sebelumnya, telah menjelaskan tentang masalah dalam penelitian PTK. Maka berdasarkan penjelasan itu, dapat disimpulkan beberapa kriteria masalah yang bisa dijadikan PTK, diantaranya sebagai berikut:

1. Berorientasi Pada Hasil Belajar

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) umumnya dilakukan berdasarkan orientasi pada hasil belajar siswa. Maka dalam penelitian-penelitian yang telah lalu, banyak ditemui penelitian jenis PTK yang berfokus pada hasil belajar siswa seperti meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu adalah hal yang umum ditemui dalam setiap penelitian PTK.

2. Berlangsung Pada Kelas Tertentu

Sesuai dengan namanya, Kelas adalah bagian terpenting dalam kriteria masalah untuk penelitian Tindakan Kelas. Bila menemui masalah dalam kelompok atau kelas tertentu, maka itu bagian dari masalah yang bisa dijadikan PTK. Oleh karenanya, setiap masalah yang ada tentu saja membutuhkan relevansi dengan teori-teori yang ada. Pelajari lebih jauh tentang masalah dalam penelitian, untuk mengetahui dasar-dasar ini.

3. Action Dari Peneliti (Upaya Peningkatan)

Kriteria masalah yang bisa dijadikan PTK selanjutnya adalah Action dari peneliti, berupa upaya peningkatan, atau dengan istilah yang lainnya. Seperti bahasan yang telah lalu tentang pengertian PTK, menjelaskan bahwa adanya Action (Tindakan) dari seorang peneliti dalam keberlangsungannya.

Hal ini merupakan ciri khas dari Penelitian jenis PTK, dimana ada tindakan langsung dari peneliti atau peneliti terjun langsung ke objek penelitian mereka. Tentunya dalam hal ini sebagai upaya peningkatan dalam subjek tertentu. Maka tidak jarang sebuah hasil penelitian jenis PTK diberi judul dengan “peningkatan melalui metode tertentu“.

Kesimpulan

Tidak semua masalah itu, dapat dijadikan sebagai bahan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun masalah yang dapat dijadikan PTK diantaranya seperti masalah yang berdasarkan kelompok/ kelas tertentu. Permasalahan kelompok seperti rendahnya minat belajar siswa di kelas, atau meningkatkan pemahaman pada materi tertentu, mungkin dapat dijadikan sebagai PTK.

Wisuda Siska Wulandari Lubis

Artikel dari

Siska Wulandari Lubis, S.Pd

Saya senang menulis segala hal yang saya lewati, sama seperti abang saya Reza.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap