Membuat Absen di Google Form Lubisel

Google Form

Membuat Absen di Google Form

Kini, anda dapat dengan mudah membuat absen di Google Form. Terlebih lagi bila anda seorang guru, maka panduan ini cocok untuk anda.

Terkadang (terlebih lagi di masa pandemi), membuat absen melalui online dibutuhkan. Anda akan mendapatkan informasi itu, melalui halaman ini. Mari kita mulai.

Tentang Absen

Seperti yang kita tahu, bahwa absen adalah sebuah formulir yang ditujukan untuk mengetahui hadir/ tidaknya anggota pertemuan tertentu. Absen bersifat pendataan, dan umumnya hanya terbatas pada kehadiran peserta dalam sebuah pertemuan.

Dalam lingkup pendidikan, Absen merupakan bagian inti dan terkadang menjadi bahan penilaian bagi seorang guru. Oleh karenanya, hal ini penting dan tidak boleh untuk dilewatkan.

Mengapa Membuat Absen di Google Form Dibutuhkan

Ini adalah alasan yang kelasik, dimana absensi memang sepenuhnya dibutuhkan dalam sebuah pertemuan. Tanpa absensi, maka pertemuan itu dirasa tidak memiliki citra formal dan tentunya mengurangi arti dari pertemuan yang ada.

Dalam beberapa kasus, mungkin pertemuan antara guru dengan siswanya tidak dilakukan dengan tatap muka secara langsung, melainkan melalui media penghubung seperti Laptop atau Handphone, yang terkoneksi dengan internet.

Sementara itu, absensi tetap saja dibutuhkan dalam setiap pertemuan dengan aktivitas formal. Maka dari itu, disinilah letak penting dan dibutuhkannya sebuah absen di Google Form.

Mengapa? Itu karena, absen di Google Form memungkinkan untuk pengisian secara online, tanpa adanya pertemuan tatap muka langsung. Jadi, peserta didik dapat mengisi absensi mereka dengan sendiri, meski dari jarak yang berjauhan sekalipun.

Menariknya, dengan absen di Google Form memberikan kesempatan bagi guru untuk melihat secara online, tentang laporan pengisian dari absen yang mereka tugaskan untuk para siswanya.

Cara Membuat Absen di Google Form

Kami mencatat, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat membuat Absen di Google Form. Tentu saja, panduan ini bukanlah sesuatu yang sulit. Anda dapat menciptakan sebuah Absen online, hanya dengan mengikuti beberapa langkah yang kami jabarkan berikut ini.

1. Masuk ke Google Form

Silahkan anda kunjungi Website Google Form untuk dapat menggunakan layanan mereka. Lalu kemudian, pilih Buka Google Form, untuk pribadi. Anda juga dapat menggunakan Bisnis. Tetapi bila untuk kegunaan pribadi dan gratis, pilih bagian pribadi.

google_form

Disana, anda akan diarahkan untuk Login menggunakan Akun Google. Bila belum memiliki akun Google, pelajari tentang cara membuat akun Google.

2. Pilih Template Yang Diinginkan

Disini, anda akan melihat google Formulir menampilkan beberapa template yang dapat anda gunakan secara gratis. Namun bila anda ingin membuat sesuatu yang tersendiri, anda dapat memilih bagian Formulir kosong.

formulir_kosong_google_formulir

Memilih ini, memungkinkan anda untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jadi, untuk membuat absen di Google Form, anda dapat memilih ini, dan ikuti panduan selanjutnya.

3. Membuat Judul Dokumen

Hal ini bagian penting. Anda semestinya membuat Judul Dokumen sebagai permulaan. Buatlah judul sesuai yang anda inginkan.

judul_dokumen_di_google_form

4. Tentukan Deskripsi

Bila anda menginginkan penjelasan tertentu pada bagian, maka anda dapat menggunakan deskripsi. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya, ini digunakan untuk menjelaskan tentang penggunaan formulir, atau cara mengisi jawaban yang dibutuhkan.

deskripsi_dokumen_google_form

5. Buat Kolom Nama

Absen tentu saja membutuhkan nama. Maka dari itu, buat kolom nama, yang diperuntukkan pengisian nama bagi para peserta didik. Pada akhirnya, anda sebagai guru akan menerima laporan dari setiap nama yang diinput oleh peserta didik.

membuat_kolom_nama_di_google_form

Perhatikan pada hal berikut:
*Nama Lengkap: Silahkan isikan judul yang sesuai (biasanya nama lengkap) untuk diisi oleh pengguna.
*Jawaban Singkat: Anda dapat menentukan sendiri. Biasanya, berisi tentang Jawaban Singkat.
*Wajib diisi: Bagian ini merupakan opsional. Anda dapat menentukan apakah ia wajib diisi atau tidak.

Setelah mengikuti langkah ini, maka ikuti langkah selanjutnya.

6. Buat Pilihan Centang Kehadiran

Untuk mempermudah, biasanya absen berbentuk pilihan kotak centang, atau dapat juga disesuaikan dengan yang lainnya. Hal ini dimaksudkan, agar peserta didik dapat memilih dengan metode centang, untuk status yang ada saat ini (hadir atau tidak).

kotak_centang_di_google_form

Anda dapat menyesuaikan isian sesuai dengan apa yang anda inginkan. Namun, Absensi pada dasarnya membutuhkan 3 keterangan seperti Hadir, Sakit, Alpa/ tanpa keterangan.

7. Pesan Khusus Pengiriman

Anda dapat juga menyesuaikan teks khusus di akhir pengisian Absen di Google Form. Tujuannya adalah untuk memberikan pesan khusus kepada para peserta didik setelah mereka mengisi formulir yang ada.

pesan_konfirmasi_google_form

Untuk dapat mengatur bagian ini, anda perlu menyesuaikan pada bagian “Pengaturan” dengan icon Gear icon_gear. Lalu bila dirasa sudah cukup, luncurkan Absensi di Google Form anda. Anda dapat membagikan kiriman ini melalui email, atau mendapatkan tautan yang dapat dikirimkan.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap