WordPress

Membuat Blog di WordPress: Panduan Lengkap Terbaru 2021

Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah WordPress? Disini, Saya akan memberitahukan kepada Anda tentang membuat blog di WordPress yang tentunya cukup mudah. WordPress adalah sebuah CMS yang benar-benar menarik sekaligus menantang bagi saya. Mungkin bagi Anda juga. Jangan khawatir, karena Saya punya banyak waktu untuk membimbing Anda hingga mengetahuinya.

Mengapa Harus Membuat Blog di WordPress?

Ini hanyalah sebuah pilihan. Meski demikian, tidak mudah untuk menentukan pilihan itu bukan? Anda tentunya memandang penting waktu yang anda habiskan dalam keseharian, termasuk dalam aktivitas Blogging anda. Sebagai pembuka, Saya ingin memberitahukan kepada Anda tentang mengapa harus membuat blog di WordPress.

Saya sepakat bahwa ada banyak sekali CMS yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog dengan mudah. Meski demikian, beberapa diantara mereka tidak begitu banyak digunakan oleh orang-orang sebagai layanan Blog mereka, dan anda harusnya sadar itu.

Penelusuran kami, memberikan jawaban bahwa WordPress adalah CMS yang paling terkemuka saat ini (2021). Melalui laman Niagahoster, mengungkap bahwasanya WordPress menguasai 60,1% Market Share dengan jumlah website yang aktif sekitar 19 Juta website. Ini angka yang fantastis bukan?

Tetapi sebelum terlalu jauh, Saya perlu memberitahukan terlebih dahulu bahwa yang dimaksudkan WordPress disini adalah WordPress.org, dan bukan WordPress.com. Maksud dari bahasan ini adalah Website yang dihosting sendiri, bukan dihosting oleh penyedianya seperti WordPress.com, atau Blogger.com. Mari kembali ke pembahasan.

Beberapa alasan yang masuk akal untuk menjawab pertanyaan tentang mengapa harus WordPress sebagai CMS, yakni:

  • Milik Anda sendiri
  • CMS yang tergolong bebas
  • Pengoptimalan lanjutan (Optional)
  • Lebih SEO

Langkah Sederhana Membuat Blog di WordPress

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa maksud dari WordPress disini adalah wordpress.org dan bukan wordpress.com. Jadi, ketika kita berbicara membuat website WordPress, maka itu dimaksudkan untuk WordPress.org. Mari kita mulai langkah-langkahnya.

1. Tentukan Topik Blog

Langkah yang paling mendasar, adalah menentukan topik blog. Sebenarnya, hal inilah yang sangat penting dan tidak jarang mempengaruhi pemiliknya semasa ia blogging. Tidak kuatnya niat dalam mengembangkan topik dasar yang dipilih, dapat berakibat buruk bagi perkembangan blog di masa mendatang.

Anda harus menentukan terlebih dahulu, tentang topik apa yang akan dibahas dalam Blog anda. Atau, setidaknya anda berpikir tentang website yang bagaimana untuk Anda buat. Itu bisa seperti Blog pribadi, ingin berjualan, Review, dan lain sebagainya. Tentukan itu dari sekarang, lalu mari kita lanjut ke tahapan berikutnya.

2. Menentukan Nama Domain

Nama Domain identik dengan istilah yang digunakan dalam Bisnis. Jarang sekali orang-orang mengabaikan nama bisnis mereka dalam sebuah Domain. Hadirnya Domain bertujuan agar pengunjung mudah menggunakan internet, untuk mengakses dari satu halaman ke halaman lainnya. Itulah sebab mengapa nama Domain dapat menggunakan huruf dan angka. Jadi, ambil kesempatan ini, dan jangan abaikan istilah bisnis anda untuk nama Domain website.

Sebagai pemahaman lanjutan, Saya menyarankan Anda untuk mengunjungi halaman lain, tentang Domain SEO yang telah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu. Hal itu secara eksplisit membantu Anda dalam menentukan nama domain yang sesuai. Atau, mungkin Anda tertaik dalam bahasan Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO.

3. Memilih Provider Hosting

Saya bukan seorang ahli dalam hal ini. Tetapi, Saya merujuk pada pendapat orang yang telah melakukan hal lebih dalam bagian ini. Salah satu postingan dari Penasihathosting.com, memberitakan bahwasanya terdapat peringkat Hosting terbaik di Indonesia, berdasarkan hasil reviewnya. Anda dapat memilih bagian mana yang Anda suka.

Sebagai masukan, Anda dapat memilih Niaga Hoster untuk Provider Hosting Anda. Dalam pembeliannya, Anda akan mendapatkan pengurangan biaya (Diskon tambahan) dari Saya, ketika melakukan pembelian dengan menggunakan kode kupon “lubisel“.

Bila Anda masih bingung, buka tautan ini untuk melihat cara memasukkan Kupon Niaga Hoster Lubisel. Review dari Penasihathosting.com mungkin dapat Anda pelajari, untuk menentukan Provider mana yang Anda mau. Ini menjadi sesuatu yang penting sebab Hosting merupakan nyawa bagi sebuah website.

Bila ia sering DOWN, maka website anda juga tidak akan terbuka bagi orang-orang di luar sana. Tentu saja, Anda harus jeli dalam menentukan pilihan untuk ini. Tetapi jangan khawatir.

Selama menggunakan WordPress.org, anda memegang kendali untuk seluruh isi file situs Anda, yang tentunya anda tidak akan kehilangan data situs website anda.

4. Set Up WordPress di Cpanel

Langkah yang anda lewati, hampir saja selesai. Anda hanya menyisakan beberapa langkah lagi, untuk menciptakan website yang luar biasa. Ketika Anda sudah membeli Hosting dari Provider yang anda mau, maka anda memiliki hak akses masuk ke CPanel. Disanalah website anda dibangun.

Silahkan Login ke Website tempat anda membeli hosting, dan biasanya mereka menyediakan layanan Direct ke CPanel, tanpa anda perlu memasukkan ID dan PASSWORD CPanel. Ketika anda sudah berada disana, lihat bagian bawah, yang berisikan menu “Softacolous“.

5. Mulai Instal WordPress

Saatnya anda mulai untuk menginstal WordPress anda. Mulailah isikan Identitas Anda, yang tentunya dapat diingat dengan baik. Atau bila perlu, simpan dalam catatan agar anda tidak terlupa dikemudian hari. Sebaiknya, isikan identitas Anda yang benar. Setelah anda mengisi seluruh form yang diperlukan, maka selanjutnya pilih menu Instal, dan tunggu beberapa waktu hingga ia selesai dengan benar.

Ada beberapa bagian yang perlu anda ketahui disini, sebelum mengisi form. Beberapa hal itu, akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

Kesimpulan

WordPress adalah CMS yang tergolong populer dalam mengembangkan website. WordPress merupakan CMS Open Source, dimana anda dapat menggunakannya untuk yang anda butuhkan. Terlebih lagi, ini akan membuat anda dapat menjangkau ke tingkat yang lebih tinggi dalam Blogging.

5 Tahapan di atas, adalah langkah atau cara membuat blog di WordPress. Saya pikir, 5 langkah adalah panduan yang cukup singkat dan tidak terlalu sulit. Meski demikian, bila anda memiliki keluhan atau pertanyaan tentang ini, jangan sungkan menuliskannya di kolom komentar, pada bagian bawah dari postingan ini. Sampai jumpa di Internet.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap