Mengapa Facebook Bisa Di Hack? Ini Jawabannya

Ada banyak jawaban tentang mengapa facebook bisa di hack. Seperti yang kita ketahui, bahwa facebook merupakan layanan sosial media yang familiar di berbagai kalangan. Namun, tidak sedikit diantara kita yang mengalami masalah dengan akun facebook milik kita.

Disini, anda akan mengetahui tentang bagaimana facebook bisa di hack, serta berbagai tips untuk menjaga keamanan akun facebook. Mari ikuti lebih dalam.

Banyaknya Akun Facebook Yang Diretas

Baru-baru ini, saya mencoba menelusuri tentang seberapa banyak jumlah akun facebook yang telah diretas. Melalui kontan.co.id, sebanyak 29 JUTA jumlah akun facebook (2018) mengalami peretasan dari orang yang tidak bertanggungjawab di dunia.

mengapa_facebook_bisa_di_hack_informasi_kontan

Bagaimana dengan Indonesia? Sejalan dengan itu, katadata.co.id juga menjelaskan bahwa 1.1 Juta Facebook di Indonesia mengalami peretasan (berdasarkan data tahun 2018).

jumlah_facebook_indoensia_yang_diretas

Sedikit melihat pada bagian atas di gambar, terlihat bahwa Amerika Serikat mengalami peretasan paling tinggi. Tetapi, itu bukan prioritas dalam bahasan ini.

Keadaan di atas, memperlihatkan bahwa dalam kondisi tertentu memungkinkan akan terjadinya peretasan untuk akun facebook. Tidak ada yang selalu aman, selain menyimpan informasi penting dari akun tersebut.

Jadi, bagaimana mengetahui bahwa akun facebook itu di hack? Mari ikuti lebih dalam.

Ciri-Ciri Facebook Dibajak

Dalam beberapa kasus, mungkin terdapat perbedaan dalam ciri-ciri yang terjadi ketika facebook dibajak oleh orang lain.

Beberapa ciri yang umum seperti update postingan sendiri, balas pesan sendiri, adanya aktivitas asing yang dilakukan, hingga pada gagal login (password di ganti).

Hal yang sangat umum adalah terjadinya aktivitas asing di halaman facebook, yang tidak dilakukan oleh pengguna aslinya.

Hal ini adalah hal yang umum. Bila berbicara persoalan spesifik, tentu sangat detail dan itu sebenarnya dapat digambarkan sebagai aktivitas.

Misalnya saja, menerbitkan konten di facebook yang tanpa diketahui oleh pengguna aslinya.

Bila anda mengalami hal yang demikian itu, berhati-hatilah karena mungkin akun anda sedang tidak aman.

Oleh karena itu, segera lakukan pemulian agar akun tetap terjaga dan terhindar dari tindak hacking dari orang yang tidak bertanggun jawab.

Mari kita telusuri penyebab mengapa akun facebook di hack.

Mengapa Facebook Bisa di Hack

Ada banyak sekali alasan untuk menjawab mengapa akun facebook bisa di hack.

Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk dapat menggunakan facebook, diharuskan memiliki alamat email yang aktif dan password untuk login.

Itu artinya, bagian ini semestinya dijaga dengan baik, agar tidak diketahui oleh orang asing dan terhindar dari hacking.

Saya merangkum, terdapat 2 jenis tindakan yang mungkin terlalaikan dan menerima retas dari orang lain.

Yakni, id dan password diketahui oleh orang lain, dan menggunakan website phising.

1. ID dan Password Bocor

Berhati-hatilah untuk setiap akun sosial media anda, yang mengandung id dan password. Istilah ini sangatlah rahasia. Jadi, sebaiknya anda menggunakannya dengan sangat hati-hati.

Terkadang, saya berpikir bahwa apa yang dilakukan oleh anak-anak di warnet sangatlah safety.

Mereka menginput ID dan Password akun mereka dengan cara menyembunyikannya dari hadapan orang lain disekitarnya.

Ini sangat safety dan dapat memungkinkan untuk terhindar dari kebocoran identitas akun.

Namun bila dirasa sikap semacam itu berlebihan, anda dapat menyesuaikannya saja. Tetapi satu pesan penting disini, bahwa anda harus menyembunyikan ini dengan benar.

2.Masuk ke Website Phising

Semestinya anda mengetahui tentang ini juga, agar tidak sembarangan menggunakan akun facebook anda untuk website phising.

Baru-baru ini, saya menemukan banyak sekali website phising melalui sosial media.

Seperti dari Whatsapp Group. Saya menerima kiriman dari teman untuk situs web phising.

Kurang lebih, bunyinya seperti “Tawaran Bantuan Dari Pemerintah…” atau bentuk lainnya yang sifatnya menggiurkan.

Atau, semacam bantuan dalam bentuk lainnya.

Semestinya, kita berhati-hati akan informasi semacam ini.

Saat menerima itu, saya analisis sederhana, tentang halaman yang dibagikan itu. Faktanya, saya menemukan alamat URL yang tidak seperti apa yang diharapkan.

mengapa_facebook_bisa_di_hack_web_phising

Gambar di atas, menerangkan bahwa sebuah situs di bagikan dengan alamat yang sedikit membingungkan.

Ekstensi .top (dot TOP) bukanlah menandakan situs resmi milik sebuah instansi pemerintah.

Oleh karena itu, hal ini menjadi hal yang paling sederhana dalam mengantisipasi jenis website phising yang dapat menjerumuskan pengunjungnya.

Situs resmi milik pemerintah itu dengan ekstensi go.id. Misalnya dari kementerian pendidikan, situs resminya yaitu kemdikbud.go.id. Selain itu misalnya website Polri Indonesia, websitenya polri.go.id.

Anda semestinya mempelajari tentang ekstensi domain dan peruntukannya, agar mengetahui lebih lanjut tentang ini dan terhindar dari halaman phising.

Website phising memungkinkan untuk meminta identitas anda. Tidak tahu lebih lanjut tentang apa yang dibutuhkan mereka terhadap identitas itu. Yang jelas, dari sana mereka mendapat data dari akun yang ada.

Kesimpulan

Berhati-hatilah dalam menggunakan akun facebook anda, untuk keperluan pihak ketiga lainnya. Janga sembarangan saat memilih metode login melalui facebook, bila tidak mengetahui tentang pihak ketiga tersebut.

Alih-alih menjangkau halaman yang diinginkan, anda mendapatkan kerugian karena identitas anda telah dimiliki oleh orang asing (pembuat situs web phising).

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap