mengenal_wordpress_com

Mengenal WordPress.com: CMS Gratis Untuk Blogging


Last Updated: 4 Mei 2021

Saat anda mengenal mendengar istilah WordPress, mereka terbagi menjadi 2, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Keduanya dapat anda akses ke halaman masing-masing, dan itu sama sekali berbeda kegunaannya. Mari kita pelajari lebih jauh tentang WordPress.com.

Selanjutnya, anda semestinya mempelajari tentang WordPress.org pada halaman selanjutnya.

Apa Itu WordPress.com

Salah satu CMS terkemuka saat ini adalah WordPress. Mereka terbagi menjadi 2, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com adalah sebuah layanan pembuayan website/ blog yang diberikan secara gratis kepada setiap penggunaannya.

Jadi, saat anda mengunjungi halaman wordpress.com, maka anda dapat membuat sebuah blog disana dengan gratis selamanya.

WordPress.com juga menawarkan UPGRADE, dimana anda diminta untuk membayarkan sesuai tagihan untuk konfigurasi lebih jauh.

Secara default, WordPress.com menawarkan subdomain untuk setiap pengguna mereka dengan ekstensi namabloganda.wordpress.com.

Itu artinya, anda berada dalam wordrpress.com, atau sebagai anak dari induk mereka.

Tema di WordPress.com

Serupa dengan jenis CMS lainnya, WordPress.com juga menawarkan berbagai tema yang dapat digunakan secara cuma-cuma oleh para pengguna mereka.

Kebanyakan dari tema yang ada, menawarkan tampilan yang sangat menarik.

Salah satu kelebihan yang sering dibicarakan adalah persoalan tema di WordPress.com, dimana ia berbeda dengan penyedia CMS lainnya dalam hal pengadaan tema.

WordPress menawarkan banyak sekali tema yang menarik. Sehingga, dengan menggunakan layanan gratis ini, pengguna akan jauh lebih terbantu dengan kemudahaan customisasi tema yang ada.

Hal yang paling mendasar adalah bahwa setiap tema yang digunakan berisikan copyright dari penyedia tema.

Sebagian memang dapat diganti/ dihapus. Namun tidak untuk sebagian lainnya. Ini hanyalah persoalan pengamanan karya, yang dibuat oleh pengguna itu sendiri.

Sayangnya, WordPress.com secara gratis tidak mengizinkan anda sebagai pengguna, untuk melakukan upload tema dari luar jaringan mereka.

Terkecuali bila anda sudah melakukan upgrade.

Terintegrasi dengan Jetpack

Jetpack, adalah sebuah layanan yang menurut saya menarik. Banyak fitur tambahan yang mendukung untuk blog dan itu disediakan secara gratis.

Meski beberapa fitur terkunci (premium), namun tetap saja Jetpack membantu pengguna meski menggunakan layanan yang gratis dari mereka.

WordPress.com secara default telah terintegrasi dengan Jetpack. Itu artinya, ketika anda membangun sebuah blog di WordPress.com, maka anda sudah menggunakan Jetpack untuk keberlangsungan situs web anda.

Dengan begitu, anda dapat melakukan konfigurasi tambahan dari Plugin Jetpack ini, seperti Lazy Load gambar, CDN, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap