menghasilkan_uang_dari_blogger

Blogger

Menghasilkan Uang Dari Blogger: Cara Meraih Penghasilan 2021

Menghasilkan uang dari blogger adalah hal yang paling dinanti-nanti untuk dibahas. Tentu saja, setiap orang membutuhkan penghasilan tambahan, baik itu sedikit ataupun banyak.

Terlepas dari berapa jumlah penghasilan, faktanya banyak pengguna Blog yang dengan susah payah membangun blog mereka hanya untuk dijadikan sebagai mesin duit.

Apa anda juga berpikir demikian? Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang membuat blog, maka kini anda mendapatkan informasi tentang menghasilkan uang dari Blogger.

Mari simak penjelasannya.

Makna Menghasilkan Uang dari Blogger

Ini penting untuk diketahui, sebagai dasar dalam membangun opini. Jangan sampai, anda menghabiskan waktu terlalu banyak, hingga melalaikan segala hal yang berbau dunia nyata anda.

Benar bahwa Blog, dapat menghasilkan uang. Tetapi ketahuilah, bahwa dibalik itu semua, terdapat usaha yang kuat dan telaten.

Blog adalah tempat dimana segala macam tulisan bernaung, dan tentu saja terdapat miliaran jumlah blog atau website diluar sana.

Ketika anda mencari sesuatu di internet, anda akan melihat betapa banyaknya hasil pencarian yang dihasilkan disana.

Itu berarti, bahwa Blog saat sekarang ini sudah cukup banyak. Dalam kata lain, disini membutuhkan keahlian teknis agar dapat bersaing.

Menghasilkan uang dari blog memiliki sistem pembayaran yang sedikit berbeda dari kehidupan nyata.

Tidak dengan menulis, lalu serta merta menghasilkan uang begitu saja. TIDAKā€¦!!

Anda harus mampu membuat persaingan menjadi berpihak kepada anda. Karena, blog yang banyak pengunjung akan mendapatkan pundi-pundi rupiah juga.

Sebaliknya, jika blog yang tidak mendatangkan pengunjung, tentu saja itu tidak berarti apa-apa.

Berikut adalah alur, bagaimana menghasilkan uang dari Blogger.

Proses_Menghasilkan_Uang_Dari_Blog

Melihat dari alur di atas, tentu saja itu membutuhkan perhatian dan kerja keras yang ekstra bukan.

Lebih dari itu, ini juga membutuhkan pengetahuan tambahan, seperti SEO, untuk dapat bersaing dalam sebuah hasil pencarian dan mendapatkan kunjungan dari orang lain. Dengan begitu, barulah blog anda menghasilkan uang.

Jangan khawatir, anda akan dipandu dengan lengkap disini.

Sekarang saatnya, kita melihat tentang contoh blog yang menghasilkan uang.

Contoh Blog Yang Menghasilkan Uang

Diluar saja, anda akan melihat banyak sekali blog yang menghasilkan uang. Secara sederhana, saya merangkum terdapat tiga (3) jenis blog yang menghasilkan uang, yakni:

  1. Blog dengan iklan
  2. Blog dengan Affiliasi
  3. Blog Influencer

Sebenarnya, masih sangat luas pembahasan tentang menghasilkan uang dari Blog seperti Blogger. Namun dirangkum dari seluruh aktivitas itu, 3 bagian di atas adalah yang paling umum dilakukan.

Mari kita mulai dari blog dengan iklan.

1. Blog Yang Menghasilkan Dengan Iklan

Selama anda menjelajah dalam pencarian Google, mungkin anda sering menjumpai halaman dengan berbagai iklan yang tertera padanya.

Seperti misalnya, tribunnews.com, kumparan.com, dan lain sebagainya dimana saat anda mengunjungi mereka akan melihat banyak sekali bagian iklan disana.

Itu adalah contoh blog yang menghasilkan uang melalui periklanan. Mereka menjalankan iklan dengan kolaborasi bersama pihak ke 3, dan menampilkannya di halaman website mereka.

Dari mana penghasilan itu didapatkan?

Itu dihasilkan dari setiap kunjungan yang ada, termasuk juga dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung situs mereka.

Jadi, ketika anda berkunjungi disana, maka itu akan tercatat dan dinilai Uang oleh pihak penyedia iklan.

Tidak hanya website berita, anda sebagai pemilik blog pribadi juga dapat menjalankan program periklanan dan mulai menghasilkan uang.

Tetapi anda harus tahu, bahwa uang itu akan didapatkan dari setiap kunjungan yang ada, dan jumlah klik iklan dari pengunjung.

2. Blog Yang Menghasilkan Dengan Afiliasi

Baru-baur ini, banyak bermunculan blog-blog dengan spesifikasi tertentu yang menjalankan blog mereka dengan berharap penghasilan dari program afiliasi.

Ini sangat ramai belakangan ini.

Saya melihat, blog-blog luar (asing) lebih banyak menjalankan program afiliasi daripada menjalankan periklanan.

Semestinya ini sama, tetapi mereka tidak tergabung dengan pihak ke tiga. Yang ada, hanyalah pemilik blog dan produk tertentu.

Jadi, secara tidak langsung, ini akan terbebas dari berbagai aturan yang mengikat, dan pengguna blog dapat membuat aturannya sendiri.

Ketika anda mengunjungi sebuah situs web, yang berisi informasi seperti ajakan untuk membeli sebuah produk, yang menautkan link disana, maka itu adalah situs web dengan penghasilan jenis Affiliasi.

Dimana, pemilik blog akan mendapatkan komisi tertentu dari penjual produk, ketika ada pembeli yang berasal dari referal pemilik blog.

Pemilik blog mempromosikan produk tertentu, dan menautkan link disana untuk mengarah pada penjualan produk. Ketika anda klik Link itu dan melakukan pembelian, maka pemilik blog akan mendapatkan komisi dari penjual produk itu.

Tidak ada yang dirugikan disini, tetapi ini adalah tempat dimana pemilik blog mendapatkan penghasilan tambahan.

Adapun contoh blog yang menghasilkan uang dari blog melalui affiliasi, yakni penasihathosting.com, irvantaufik.me, dan masih banyak lagi. Untuk orang asing, sebagai referensi anda dapat melihat situs web matthewwoodward.co.uk.

Mereka menghasilkan uang dari program afiliasi yang dijalankan. Tentu saja, ini dapat dijadikan sebagai referensi anda dalam mengembangkan sebuah situs web.

3. Blog Yang Menghasilkan Uang Dengan Influencer

Influencer adalah pemasaran produk, dimana seseorang melakukan pemasaran produk tertentu agar mendapatkan pembeli.

Sebenarnya, ini tidak jauh berbeda dengan affiliasi. Tetapi, ada hal yang lebih luas dari itu disini.

Influencer sejatinya adalah blog yang sudah memiliki nama baik dan pelanggan pasti. Arti kata, blog itu sudah terkenal untuk sebuah topik bahasan tertentu.

Blog semacam ini, semestinya jauh lebih mudah untuk menjalankan program ini, karena dapat ditargetkan penggunanya.

Bila afiliasi bercerita tentang memasarkan produk, influencer ini dapat juga dimaknai sebagai menjual brand sendiri.

Misalnya begini, anda memiliki sebuah blog yang sudah ramai pengunjung tetap. Itu membuka kesempatan untuk menawarkan beberapa jasa seperti nanam Link (Backlink), Guest Post berbayar, dan masih banyak lagi.

Jadi, ini tidak terbatas bercerita soal pemasaran produk, yang lebih dimaknai untuk affiliasi. Tetapi lebih mengarah pada Brand personal anda.

Jika blog anda sudah menduduki peringkat terbaik, dan sudah banyak artikel yang mencapai hasil ranking terbaik, maka hal ini tentu lebih mudah untuk dijalankan.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blogger

Seperti yang kita ketahui, banyak para pengguna blog yang menjalankan blog mereka dengan berbagai CMS seperti Blogger dan WordPress. Mungkin kedua itu yang paling familiar.

Lantas, bagaimana menghasilkan uang dari Blogger?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari Blogger.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa anda memilih bagian yang sesuai dengan bidang yang anda tekuni, agar dibelakang hari tidak menjadi sesuatu yang memberatkan.

1. Cara Menghasilkan Uang Dari Blogger Dengan Iklan

Blogger adalah sebuah CMS yang dibangun oleh Google. Tentu saja, ini menjadi bagian yang paling mudah untuk bekerjasama dengan Google.

Anda dapat menggunakan layanan periklanan milik Google seperti Google Adsense, dan menautkannya di halaman blog anda.

Dengan ditampilkannya iklan di halaman blog, maka anda akan dapat menghasilkan uang dari setiap kunjungan dan klik yang ada.

Cara menghasilkan uang dari Blogger dengan iklan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat blog di Blogger
  2. Mendaftar akun di Google Adsense.
  3. Pengajuan Google Adsense.
  4. Menerima penghasilan dari setiap kunjungan.

Cara ini adalah bagian yang akan anda lakukan, untuk dapat mulai menghasilkan uang dari blogger dengan periklanan.

Bagian ini adalah yang paling direkomendasikan. Karena selain sifatnya lebih mudah untuk dikendalikan, blogger membuat anda jauh lebih ringan dalam upaya menghasilkan uang.

Tanpa membutuhkan konfigurasi yang lebih, anda hanya menerbitkan konten, mendatangkan pengunjung ke situs web anda, dan menerima penghasilan.

2. Cara Menghasilkan Uang Dari Blogger dengan Affiliasi

Seperti yang sebelumnya juga telah dijelaskan tentang affiliasi, ini benar-benar dapat berpengaruh dan menambah penghasilan anda.

Namun, dengan platform Blogger, anda sepertinya harus bersentuhan dengan kode-kode tertentu untuk dapat mengaplikasikannya.

Faktanya, para pemilik produk (yang diiklankan) itu membutuhkan data dari setiap kunjungan yang masuk ke halaman mereka. Oleh karena itu, biasanya mereka menyiapkan link referal sebagai penanda.

Kode-kode inilah yang akan ditempelkan dalam situs blogger anda, agar benar-benar terdetaksi oleh penyedia produk.

Anda harus bersentuhan dengan kode tertentu.

Sedikit berbeda (dari sisi teknis) dengan WordPress, dimana anda dapat menggunakan Plugin tambahan untuk hal ini, dan membuatnya jauh lebih mudah. Lihat juga cara menghasilkan uang dari WordPress.

Tetapi anda tetap dapat menggunakan Blogger, sebagai platform menghasilkan uang melalui Affiliasi yang ada.

Pertanyaan Umum

Bisakah menghasilkan uang dari Blog?

Tentu saja bisa. Anda harus memiliki sebuah blog yang memiliki visitor, untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

WordPress atau Blogger untuk menghasilkan uang?

Keduanya dapat menghasilkan uang dengan cara masing-masing. Namun untuk menayangkan iklan dari Google Adsense, semestinya memerlukan Blogger dan WordPress.org yang dihosting pribadi.

Berapa gaji seorang blogger pemula?

Persoalan gaji/ penghasilan, ini bergantung pada berapa jumlah visitor yang didapatkan. Selain itu, juga bergantung pada berapa banyak jumlah klik yang ada. Tidak ada angka pasti, namun semua bergantung pada jumlah klik dan visitor.

Berapa lama bisa dapat uang dari Blog?

Kita menggunakan penghasilan dari pengiklan Google Adsense misalnya. Mereka membatasi minimal usia 6 bulan, untuk blog agar dapat didaftarkan dalam program Google Adsense.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap