Metode Pembelajaran Guru


Last Updated: 11 Februari 2021

Metode Pembelajaran Guru

Pengertian Metode Pembelajaran Guru

Secara umum, metode pembelajaran guru dapat diartikan sebagai cara yang akan ditempuh atau dilakukan oleh seorang guru dalam mengajarkan sebuah materi kepada para peserta didiknya di kelas.

Bila dipetakan, metode pembelajaran berasal dari dua suku kata, yaitu metode dan pembelajaran. Kedua kata ini mengandung makna tersendiri. Dirasa perlu untuk memahami secara terstruktur tentang defenisi metode pembelajaran ini.

Kata metode yang dalam bahasa Inggris disebut method, menurut KBBI berarti cara terstruktur yang digunakan untuk menjalankan suatu pekerjaan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Selanjutnya, kata pembelajaran yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Learning dapat diartikan sebagai proses belajar yang dilakukan terhadap seseorang (siswa).

Jadi, metode pembelajaran adalah cara yang akan dilakukan guru dalam membelajarkan siswanya pada materi tertentu untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang ditetapkan.

Metode pembelajaran dirasa sangatlah perlu untuk diketahui dan diterapkan guru dalam mengajar di kelas. Sebab, tanpa adanya penerapan metode tertentu dalam kegiatan mengajar guru, dikhawatirkan pembelajaran itu tidak akan dapat mencapai tujuan.

Tujuan dan Manfaat

Tentunya, dalam sebuah metode pembelajaran dalam konsep teoritis memiliki tujuan tertentu. Hal ini lah yang menjadi acuan penting atau tidaknya sebuah metode itu diterapkan.

Metode pembelajaran tentu memiliki tujuan dan manfaat yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Adapun tujuan dari diterapkannya metode pembelajaran ini antara lain sebagai berikut:

  1. Membantu pencapaian tujuan pembelajaran
  2. Membantu guru dalam melakukan pengajaran di kelas
  3. Menghindari dari rasa bosan siswa di kelas
  4. Menghadirkan suasana baru dalam kelas.

Jenis Metode Pembelajaran

Ada beberapa dan bahkan cukup banyak metode pembelajaran yang disebutkan oleh para ahli. Namun, terdapat beberapa metode pembelajaran yang kerap sekali muncul dalam kajian pendidikan.

Adapun jenis-jenis metode pembelajaran yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

  1. Metode Saintifik
  2. Metode Ceramah

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap