gambar_utama_optimasi_gambar_wordpress

Optimization (SEO)

Optimasi Gambar WordPress Agar Loading Cepat: 3 Tools Rekomendasi

Artikel kali ini, mengulas informasi tentang optimasi gambar WordPress. Bila anda pengguna CMS WordPress, maka anda berada di halaman yang tepat. Saya akan membagikan beberapa tehnik untuk mengoptimalkan gambar di WordPress anda.

Untuk Apa Optimasi Gambar WordPress?

Seperti yang kita tahu, gambar adalah bagian yang dinilai penting dalam sebuah halaman blog. Gambar dapat berupa perwakilan dari seluruh isi konten, atau bagian terperinci untuk menjelaskan sesuatu.

Gambar umumnya membutuhkan jumlah data yang lebih besar. Oleh karena itu, saat browser membuka gambar, membutuhkan waktu muat yang disesuaikan juga. Semakin tinggi jumlah data dari gambar, maka semakin berat pula lah halaman website, dan semakin menambah waktu browser untuk membuat sebuah halaman.

Lebih baik halaman tanpa gambar donk kalau gitu…?

Bila hanya berakhir pada penilaian jumlah data pada halaman, mungkin benar. Tetapi, anda semestinya mengetahui bahwa gambar menjadi salah satu faktor SEO bukan? Maka, saya rasa perlu untuk menggunakan gambar dalam setiap halaman, meski hanya menyediakan sebuah gambar saja.

Gambar yang disajikan, harus diupayakan untuk lebih kecil dalam ukuran data. Hal ini dinilai dapat mempercepat (menyingkat) waktu muat halaman. Tetapi terkadang, gambar dengan ukuran data yang lebih kecil, umumnya menampilkan hasil yang lebih buram dan tentunya tidak diharapkan.

Oleh sebab itu, disinilah letak pentingnya melakukan optimasi gambar, tentang bagaimana gambar itu semestinya ditampilkan dengan benar, tidak buram, dan disesuaikan dengan resolusi layar yang ada. Oleh karena itu pula, optimasi gambar WordPress dinilai sangat penting.

Tools Optimasi Gambar WordPress

Ada beberapa tools yang sering sekali saya gunakan, dalam menerapkan optimasi gambar WordPress. Anda harus mengetahui bagian ini. Beberapa diantaranya seperti:

1. Tiny JPG / Tiny PNG

Tiny memberikan kompresi yang cukup baik untuk mengoptimalkan gambar. Tiny merupakan alat dimana anda dapat mengurangi ukuran data dari setiap gambar yang ada. Mereka mendirikan cukup banyak tools, yakni untuk compressi gambar JPG dan PNG. Yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan type file gambar anda.

2. Imageresizer

Layanan lainnya yang cukup baik adalah Imageresizer. Mereka menghadirkan tools yang dinilai sangat baik untuk compressi gambar anda. Dengan menggunakan ini, anda akan mendapatkan ukuran data yang lebih kecil dengan kualitas gambar yang tetap terjaga.

3. Giftofspeed

Yang satu ini, menawarkan optimasi gambar wordpress dengan spesifikasi yang jelas. Fitur yang disediakan, memungkinkan pengguna untuk membuat skala tertentu pada bidang gambar yang ada. Selain penggunaan yang mudah, anda juga akan mendapatkan link untuk Download. Tentu saja, hal ini menjadi bagian yang paling menarik daripada layanan lainnya.

Namun, compressi yang dilakukan terkesan sederhana, dan terlihat tidak lebih mendalam. Tools ini masih memperhatikan kualitas gambar. Paling tidak, kompressi dilakukan dengan mengurangi 5-20% compressi.

Yang Sering Saya Gunakan

Saya menggunakan ketiga layanan yang telah disebutkan di atas, dan keseluruhannya itu berfungsi dengan baik untuk saya. Meski demikian, dibeberapa tempat memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Hal yang kerap sekali saya lakukan adalah mengkompres gambar melalui layanan Imageresizer. Saya cukup senang menggunakan layanan yang satu ini.

Imageresizer menawarkan fitur yang dinilai lebih lengkap dari sekelompok Tools lainnya, seperti Tiny PNG yang populer juga. Tidak hanya kompresi, Imageresizer bahkan menawarkan rasio ukuran yang akan digunakan untuk gambar.

Meski demikian, saya menggunakan fitur Resize Image pada Tools Imageresizer.com ini. Faktanya, saat melakukan resize gambar yang ada, itu mengurangi dari ukuran file aslinya, bahkan lebih kecil dari Tiny PNG.

Jadi, ini membuat saya merasa bahwa imageresizer cocok untuk anda gunakan dalam mengecilkan ukuran gambar, dengan menjaga kualitas gambar.

Hasil Kompres Gambar

Tentu saja, mengompres gambar adalah mengurangi ukuran file gambar daripada aslinya yang tergolong sangat besar. Biasanya, hasil ukuran file setelah melakukan kompres berkurang menjadi dibawah 20 hingga 30 Kb.

Terkadang, hal ini juga membuat gambar yang asli sedikit buram (tidak jelas). Itu adalah afek dari kompres gambar, dan biasanya ini tidak terlalu buruk dan masih layak untuk digunakan.

Dengan ukuran file gambar yang berkurang menjadi lebih kecil, tentu saja ini membuat jumlah data dari halaman blog keseluruhan menjadi lebih kecil juga. Oleh karenanya, hal ini diyakini sebagai upaya untuk meningkatkan waktu muat halaman blog.

Dibeberapa kasus, saya mendapati jumlah kecepatan halaman dengan Skor 400 Ms atau senilai 0.4 Second dalam pengecekan melalui GT Metrix. Tentu saja, ini adalah skor yang baik menurut saya.

Mendengar Dari Anda

Bagaimana gambar bekerja untuk halaman anda? Apa itu masih dalam ukuran file yang besar? Ini mempengaruhi waktu muat halaman anda.

Saya mendapati skor GT Metrix yang sangat kecil, dan itu karena ukuran gambar yang lebih ringan. Namun dapat dipastikan, bahwa hasil itu bukan dari optimasi gambar wordpress semata, melainkan ada puluhan faktor lain yang mempengaruhi kecepatan waktu muat halaman.

Sekali lagi, disini saya ingin menyampaikan bahwa skor kecepatan yang luar biasa, tidak serta merta mengantarkan halaman kepada posisi paling tertinggi di hasil pencarian. Gunakan dengan bijak, dan jangan buang-buang waktu untuk kecepatan. Anda akan melewatinya dari waktu ke waktu dan menikmati perubahan yang lebih baik disana.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap