panduan_penggunaan_google_search_console

Google Search Console

Panduan Penggunaan Google Search Console Lengkap Terbaru 2021

Berbicara persoalan SEO, tidak terlepas dari penggunaan Google Search Console. Tentunya, ini sangat dibutuhkan dalam menerapkan praktik SEO di halaman website anda. Berada di halaman ini, anda akan mendapatkan panduan Google Search Console yang lengkap.

Mari kita ulas, dimulai dari memahami Google Search Console.

Apa Itu Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah layanan yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini sepenuhnya Gratis yang dapat digunakan secara bebas untuk para webmaster.

Google Search Console berisikan tentang bagaimana kondisi sebuah situs web berada di penelusuran Google. Mereka menampilkan berbagai informasi seperti laporan index situs, jumlah pengunjung, statistik kunjungan, berbagai macam kesalahan, dan masih banyak lagi.

Manfaat Google Search Console

Dengan menggunakan Google Search Console, tentu akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh para webmaster.

Google search console, adalah letak inti dari praktik blogging dalam mesin telusur Google.

Beberapa manfaat Google Search Console adalah sebagai berikut:

1. Melihat Index Blog

Berbicara tentang penelusuran Google, tidak terlepas dari istilah indexing. Halaman yang telah dirayapi oleh Mesin Robot Google, untuk selanjutnya akan diindex, dan mendapatkan peringkat tertentu di hasil penelusuran.

Dengan menggunakan Google Search Console, seorang webmaster akan mendapati informasi tentang bagaimana blog mereka dirayapi, dan bagaimana indexing yang sudah dilakukan untuk situs web mereka.

Indexing yang gagal, juga akan terlihat dan mendapatkan laporan dari Google. Terkadang, mereka juga mengirimi email untuk webmaster, tentang kesalahan yang terjadi untuk situs blog anda.

2. Menerima Statistik Kunjungan

Kunjungan adalah sesuatu yang didambakan bagi setiap blogger. Siapa sih yang tidak ingin tulisan di halaman blog mereka dilihat oleh orang banyak di dunia?

Google Search Console menggunakan statistik dalam hal ini. Oleh karena itu, ini menjadi terkesan menarik dan lebih mudah untuk dipahami.

Setiap kunjungan yang terjadi pada halaman blog melalui hasil penelusuran Google, akan terbaca dan terlihat jelas dalam bentuk statistik yang ada pada Google Search Console.

Oleh sebab itu, ini akan membantu para webmaster untuk jauh lebih memperhatikan kualitas situs blog mereka, bilamana itu dirasa perlu.

Menambahkan Website ke Google Search Console

Setiap pengguna blog, semestinya menambahkan blog mereka ke Google Search Console, agar dapat diindex oleh Google.

Fungsinya, agar setiap tulisan anda, berada dalam hasil pencarian Google. Dengan begitu, ini akan memungkinkan anda untuk mendapatkan kunjungan dari orang diberbagai belahan dunia.

Selain itu yang lebih familiar, dengan datangnya visitor ke halaman anda, maka anda mendapat kesempatan untuk menghasilkan uang dari Blog.

Anda harus menambahkan dan melakukan verifikasi Blog di Google Webmaster Tools (Search Console). Ikuti panduannya disana.

Verifikasi Blog di Google Webmaster

Setelah itu, anda juga harus mengirimkan sitemap kepada Google, agar Robot google berhasil melakukan Crawling (perayapan) terhadap perubahan yang terjadi di halaman blog anda, baik itu artikel yang diterbitkan, atau update apapun tentangnya.

Penggunaan Google Search Console

Dalam penggunaannya, anda harus mengetahui beberapa hal yang sifatnya lebih spesifik. Oleh karena itu, saya membagi penjelasan ini di halaman berbeda, agar penjelasan dapat diterima secara rinci.

Anda dapat melihat panduan penggunaan Google Search Console dalam daftar berikut ini.

1. Mendaftarkan Blog di Google Search Console

Dalam bagian ini, anda akan mendapatkan panduan untuk mendaftarkan Blog di Google Search Console dengan sangat mudah. Mari ikuti panduannya.

2. Verifikasi Blog di Google Search Console

Verifikasi blog di Google Search Console dapat dilakukan dengan berbagai tehnik. Oleh karena itu, saya menyusun daftar verifikasi seluruhnya dari apa yang disediakan oleh Google.

Anda dapat memilih salah satunya, atau menjalankan keseluruhannya. Mari ikuti panduannya disini.

Verifikasi Blog di Google Search Console

3. Menambahkan Sitemap

Sitemap adalah bagian penting setelah anda menggunakan Google Search Console. Tanpanya, anda tidak akan melihat apapun di halaman Google Search Console anda, termasuk pada laporan aktivitas blog anda sendiri di mesin pencari.

Ikuti panduannya disini.

Menambahkan Sitemap

4. Menambah User di Google Search Console

Pengguna Google Search Console dapat ditambahkan dengan beberapa orang. Mungkin saja, anda ingin menambahkan rekan anda, untuk mengelola ini. Lihat panduan lengkapnya disini.

Menambahkan User

Tahapan di atas, adalah panduan penggunaan Google Search Console yang umum untuk anda ketahui. Gunakan itu seperlunya, dan tanyakan bilamana ditemukan bagian yang belum dibahas disini.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap