Penelitian Tindakan Kelas tujuan fungsi dan cara pelaksanaannya

Penelitian Tindakan Kelas: Pengertian, Tujuan, dan Cara Pelaksanaan

Penelitian tindakan kelas merupakan bagian yang penting untuk diketahui oleh kalangan mahasiswa, atau guru. Mereka harus memahami akan hal ini termasuk dari sisi pengertian, tujuan, kegunaan, hingga pada tata cara pelaksanaannya.

Dalam menentukan jenis penelitian, tentunya seseorang itu harus mempertimbangkan berbagai hal mulai dari persoalan yang ada, hingga pada tehnik penelitian yang dilakukan. Mari kita simak penjelasan lebih dalam.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Ilustrasi Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang adalah sebuah penelitian dengan menggunakan aksi atau tindakan dalam pelaksanaannya dan dilakukan dalam lingkup kelas. Dalam bahasa Inggris, PTK disebut sebagai Classroom Action Research.

Istilah Kelas, adalah hal yang sepantasnya diperjelas secara lebih terperinci. Bila itu diabaikan, maka akan terjadi penyempitan makna untuk jenis penelitian yang satu ini.

Kelas maksudnya bukan hanya terbatas pada sebagai mana kelas yang dimaksudkan untuk lingkup sekolah seperti kelas satu, kelas dua, kelas enam, dan lain sebagainya.

Kelas dalam penelitian PTK maksudnya adalah kelompok tertentu yang berada dalam satu tempat tertentu yang dimungkinkan untuk dipertemukan.

Adanya penelitian tindakan kelas, pada dasarnya akan memberikan sebuah perilaku (aksi) tertentu dalam keberlangsungan penelitiannya.

Ini terlihat pada adanya istilah tindakan atau Action (dalam bahasa Inggris), yang berpengertian bahwa adanya tindakan yang dilakukan oleh peneliti. Itu juga berarti bahwa penelitian tindakan kelas melibatkan seorang peneliti untuk tindakan yang dilakukan.

Kapan Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas

Hal ini bersifat dasar, yaitu tentang kapan anda harus memulai memutuskan untuk melakukan PTK di kelas anda (bila anda seorang guru), atau mungkin saat penyelesaian tugas akhir (bila anda mahasiswa).

Sederhananya, kapan PTK ini digunakan dan dijalankan. Itu adalah pertanyaan yang mendasar, tetapi penting untuk diketahui alasannya, dalam upaya memperkuat penelitian.

Sebuah penelitian itu berlangsung dan diakui, ketika ia bernilai dengan ditemukannya masalah di dalam objek kajiannya. Itu artinya, anda semestinya menemukan permasalahan yang terjadi terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk melakukan penelitian PTK.

Makna dasar dari masalah, adalah kesenjangan antara teoritis dan kondisi di lapangan. Bila anda menemukan sebuah kesenjangan, maka dapat dipastikan itu adalah masalah.

Judul Penelitian Tindakan Kelas

Sebagai bahan pemahaman tambahan, dirasa perlu memperlihatkan contoh judul penelitian tindakan kelas sebagai bahan referensi tambahan untuk memahami akan pengertian penelitian tindakan kelas ini.

Adapun beberapa judul PTK seperti berikut ini:

  • Upaya meningkatkan pembelajaran “A” melalui metode “ABC” di kelas 10 SMA.
  • Meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran “B” melalui strategi “DFG” di kelas 10 SMA.

Seperti yang dicontohkan di atas, adanya istilah “meningkatkan”, yang dalam defenisi sederhananya dapat dipahami bahwa adanya upaya yang dilakukan disana untuk mencapai peningkatan tertentu yang ditentukan.

Disisi lain, dalam contoh judul penelitian tindakan kelas di atas, terlihat bahwa adanya aksi, yaitu menggunakan strategi, atau metode tertentu, atau mungkin hal lainnya, dalam upaya peningkatan pembelajaran di kelas.

Jadi, judul penelitian tindakan kelas akan sangat terlihat cirinya, yaitu adanya perilaku atau aksi yang dibubuhi dalam judul.

Jangan Ketinggalan Update Kami

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap