featured_pengaruh_nama_domain_terhadap_seo

Optimization (SEO)

Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO

Sekarang anda harus mengetahui pengaruh nama domain terhadap SEO. Ini bagian penting yang semestinya anda ketahui, sebelum memutuskan untuk nama domain yang anda inginkan. Nama domain menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat SEO. Mari kita simak penjelasannya.

Penting! Ini tidak selamanya berarti. Namun, meski berpengaruh kecil, tetap saja memandang perlu pemahaman ini.

Disini, anda akan mempelajari tentang:

Mari simak penjelasan selanjutnya.

Apa Itu Nama Domain

Seperti yang anda lihat saat berkunjung di sebuah halaman melalui internet, anda akan melihat sebuah alur dimana halaman itu ditampilkan.

Setiap halaman yang ada di internet, semestinya memiliki alur untuk menampilkan halaman. Itu sebabnya, anda melihat berbagai macam halaman yang berbeda dari setiap pencarian anda, bergantung pada bagaimana pengguna itu menerapkan desian halaman mereka.

Nama domain sendiri, akan terlihat pada bagian depan. Pada dasarnya, nama domain dibangun berdasarkan alamat IP. Jadi, sebenarnya setiap nama domain itu memiliki alamat IP tersendiri. Inilah yang menjadi penanda sekaligus pembeda dengan miliaran halaman yang ada di internet.

Namun di era modern, angka-angka dapat membingungkan dan terkesan lebih sulit untuk dikondisikan, terlebih lagi bila pengguna yang asing.

Oleh karena itu, angka-angka ini diganti menjadi sebuah nama yang membuat pengguna umum jauh lebih mudah memahaminya, bahkan menghafalkannya.

nama-domain

Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwasanya saya menggunakan nama yang sesuai dengan branding saya. Maka dari itu, setiap pengguna blog dapat menentukan nama mereka sendiri, sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Ini akan jauh lebih mudah digunakan.

Anda dapat memilih nama domain, sesaat anda membeli domain. Lihat panduan membeli domain agar tidak salah dalam penerapannya.

Cara Kerja SEO

Secara umum, cara kerja SEO mungkin sudah banyak dituliskan orang. Atau anda dapat melihat lebih luas tentang SEO di halaman pencarian Google.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, dimana makna dasarnya disini adalah pengoptimalan mesin pencari.

Artinya, dalam sebuah pencarian (hasil pencarian), digunakan cara tertentu agar ia lebih optimal. Tentunya, orang-orang yang berbicara mengenai SEO maka ia sedang berbicara tentang tehnik khusus untuk meningkatkan peringkat halaman di suatu hasil pencarian.

Sederhananya, cara kerja SEO adalah menerima berbagai informasi dari sebuah halaman di Internet, lalu merangkumnya menjadi kata kunci tertentu, dan memunculkan halaman itu berdasarkan informasi yang diterima.

Setiap mesin pencari, menggunakan robot untuk melakukan perayapan terhadap berbagai halaman yang ada di Internet.

Google sendiri memberinya nama Crawler, dimana mesin yang satu ini ditugaskan untuk melakukan perayapan pada setiap halaman yang terkoneksi dengannya, untuk mendapatkan informasi dari halaman tersebut.

Pemilik situs, menggunakan sitemap untuk mengizinkan Crawler melakukan tugasnya di halaman. Itu semua dapat dibatasi sesuai dengan yang diinginkan pemilik situs dengan memberikan robot.txt di halaman website mereka.

Sederhananya, crawler akan menyimpan informasi yang didapatkan dari sebuah situs web, lalu kemudian ia menempatkan mereka pada kelompok dengan terms tertentu, dan memberi mereka peringkat untuk kata kunci itu sendiri.

Adakah Pengaruh Nama Domain Terhadap SEO?

Setelah sebelumnya kita mengetahui tentang cara kerja SEO, maka muncul pertanyaan tentang apakah nama domain dapat berpengaruh untuk SEO? Pertanyaan ini memang sah-sah saja, bahkan sejak dulu ini sering ditanyakan.

Singkatnya, saya beberapa waktu yang lalu menemukan jawaban untuk ini. Sebuah pertanyaan tentang “Adakah Domain dengan ekstensi .jobs memberi peringkat untuk pekerjaan?

Muller sudah menjawab untuk hal ini, melalui channel Youtube dari Google Search Central.

Singkatnya tidak.

Anda tidak akan mendapatkan bonus untuk domain kata kunci.

Cobalah mencari secara alami.

Saya berani menebak bahwa hasil teratas tidak memiliki kata kunci tersebut sebagai akhiran domain.

Itu memang disengaja.

Jadi, Muller telah mengatakan bahwa kata kunci di dalam Domain bukan berarti memberikan bonus untuk tampil di kata kunci target sesuai dengan domain itu sendiri.

jawaban_pengaruh_nama_domain_terhadap_seo

Ia juga mengatakan, fokuslah pada membangun bisnis dengan nama domain yang dapat digunakan masa panjang. Itu akan jauh lebih berarti.

Hindari menghabiskan waktu dengan memilih nama domain sesuai dengan keyword anda. Itu melelahkan.

Cara Menentukan Nama Domain

Sederhananya, ini digunakan oleh pengguna blog itu sendiri. Anda dapat menentukan nama domain apapun yang anda suka.

Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah dengan memilih nama domain yang dapat digunakan dalam jangka yang panjang. Pertimbangkan untuk itu.

Ada beberapa cara yang sering sekali saya gunakan untuk menentukan nama domain.

Sederhananya, itu akan terlihat seperti daftar berikut ini:

  • Menentukan topik bahasan blog
  • Menyusun daftar nama dari ide yang lahir
  • Membuat banyak istilah untuk niche blog
  • Membuat singkatan yang relefan dengan niche blog

Keempat tahapan tersebut senantiasa saya lewati dalam menentukan nama domain. Sebenarnya, ini bukanlah proses yang sulit, karena anda tidak perlu berpikir tentang jauh tentang nama domain anda.

Yang perlu dipertimbangkan adalah tentang bisnis yang anda jalankan ke depannya.

Sebagai contoh, lihatlah nama domain LUBISEL ini. Nama ini hanya diambil dari personal saya, yakni Lubis dan Tapanuli Selatan. Itu disingkat menjadi LUBISEL.

Tidak ada arti khusus dari nama ini. Saya hanya meningkatkan branding semata, untuk perkembangan bisnis konten di masa mendatang.


Sumber Eksternal:

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap