Pengertian Absensi Tujuan Fungsi Hingga Manfaat

Pengertian Absensi: Tujuan, Fungsi, Hingga Manfaat

Pengertian Absensi adalah formulir yang diisi sesuai dengan keadaan seperti hadir, tidak hadir, sakit, atau alpa. Absensi sering digunakan dalam pertemuan formal dan nonformal seperti sekolah, organisasi, pertemuan forum, dan lain sebagainya.

Tahukah anda tentang absensi? Tentu saja, ini bukan lagi istilah yang baru bagi anda bukan? Absensi memang kerap sekali diperdengarkan kepada kita sekalian, terutama saat kita berada dalam bangku sekolah, mulai dari sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, hingga pada tingkat Universitas.

Pengertian Absensi

Absensi adalah sebuah formulir yang diisi berdasarkan kondisi dan keadaan kelas seperti hadir, sakit, izin, alpa, atau tanpa keterangan. Absensi tidak hanya berlaku untuk guru dalam mengabsen siswa di sekolah, melainkan juga diberlakukan untuk melihat kehadiran peserta dalam kelas tertentu seperti kerja, pertemuan formal, dan lain sebagainya.

Fungsi Absensi

Dalam konteks penggunaannya, absensi berfungsi sebagai berikut ini:

  • Mengambil data kehadiran peserta dalam sebuah pertemuan
  • Klasifikasi dari hasil data keseluruhan
  • Mengetahui jumlah kehadiran secara klasikal
  • Mengetahui jumlah peserta yang sakit
  • Memberikan nilai tambah bagi peserta dengan kehadiran tinggi
  • Mengetahui peserta yang memiliki tingkat kemauan yang kuat
  • dan lain sebagainya.

Contoh Absensi

Contoh absensi akan banyak ditemui dalam pencarian di Internet. Namun, disini akan diperlihatkan tentang bagaimana absensi itu pada umumnya.

Untuk contoh dalam kasus ini, kami memaparkan sebuah contoh tentang absensi dalam lingkup pendidikan. Lihatlah, bagaimana absensi kelas yang ada.

Contoh Gambar Absen

Pada kondisi lain, memungkinkan untuk format penulisan absensi berbeda. Mungkin membutuhkan kriteria lain, atau bidang tambahan lainnya sebagai nilai input peserta.

Namun pada praktik yang umum, gambar di atas sudah dapat mewakili tentang bentuk absensi yang ada dalam setiap kegiatan baik formal maupun non-formal.

Jangan Ketinggalan Update Kami

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap