pengertian_blog_dasar_penting

Blogging

Pengertian Blog: Dasar-Dasar Hingga Kegunaannya

Bagian ini merupakan bagian yang paling dasar, yaitu tentang pengertian blog yang dimana akan membahas seputar defenisi, tujuan, hingga pada kegunaannya. Pemahaman ini sangat berarti bagi praktik lebih jauh dalam dunia Blogging. Praktik yang tidak dibekali dengan pengetahuan dasar, maka itu akan menghilangkan nilai fundamental dan akan menghadapi masalah dalam perjalanannya.

Menerapkan aktivitas blogging, memang sangatlah mudah dipahami. Orang-orang mengenal aktivitas ini semacam menulis online di halaman Blog mereka, lalu menerbitkannya begitu saja. Tetapi, itu adalah defenisi yang sangat umum. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memahami tentang dasar-dasar Blog ini.

Pengertian Blog

Istilah Blog sudah cukup sering didengar. Itu karena istilah ini sudah cukup familiar dikarenakan masa lamanya ia berada. Blog kini mulai banyak digunakan orang, walau ia sudah dikenal sejak tahun 2003 silam.

Blog adalah sebuah aplikasi Web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dipublikasikan di internet, dan umumnya bertata letak dari terbaru hingga terlawas. Bila anda mengunjungi sebuah blog, maka anda akan melihat hasil publikasi tulisan yang paling terbaru ia publikasikan. Lalu kemudian pada bagian akhir, menampilkan publikasi yang lebih jauh ia publikasikan sebelumnya.

Sejak 2003, istilah “Blog” dikenalkan oleh Pyra Labs, yang merupakan sebuah perusahaan terkenal kala itu. Merekalah yang menciptakan Blogger, dan kini menjadi sesuatu media yang sangat besar. Melalui media Blogger pulalah, banyak orang-orang menggunakan dan istilah Blogging itu mulai muncul dikalangan masyarakat luas.

Banyak sekali Blog yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mendeskripsikan pengertian Blog ini. Umumnya, orang-orang mengatakan bahwa Blog adalah halaman tempat dimana tulisan-tulisan online bernaung. Jadi, tentu saja ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi penggunanya, karena melalui Blog, segala bentuk tulisan teks mereka akan dapat ditemukan dalam hasil pencarian.

Tetapi, tidak semua tempat menulis itu dinamakan Blog. Seperti misalnya, sosial media, yang sekarang ini sedang marak-maraknya dengan hadirnya berbagai jenis media. Itu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Lindkedin, dan lain sebagainya.

Sulit memang untuk membedakan secara rinci terkait hal ini, bila disandangkan istilah “Blog adalah tempat menulis” pada pengertian Blog. Bisa saja, orang-orang beranggapan bahwa sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya itu adalah bagian dari Blog.

Tetapi, setidaknya ada satu hal yang membedakan mereka dengan objek yang sangat jauh menggambarkan perbedaan. Dimana Blog adalah pengembang halaman, sementara sosial media hanyalah sebatas user pengguna semata.

Tujuan Kebanyakan Orang dalam Blog

Semakin hari, Blog semakin berkembang pesat. Ini dibuktikan dengan banyaknya CMS (Content Manajement System) yang diciptakan dari berbagai perusahaan. Ini menggambarkan bahwa perkembangan dunia digital tidak berhenti untuk berubah, dan semakin berkembang pesat.

Tidak hanya sebatas platform menulis semata, sebagian orang juga memiliki tujuan tersendiri dalam aktivitas Blog mereka. Beberapa tujuan kebanyakan orang dalam Blog seperti:

  • Menjangkau Popularitas
  • Memperkenalkan Branding
  • Menghasilkan uang

Ketiga dari tujuan blog itu sangatlah umum, dan yang saya temukan dalam berbagai forum Blogging, hampir seluruhnya mencakup 3 bagian itu.

Seperti misalnya persoalan menghasilkan uang. Memang benar adanya bahwa dengan Blog seseorang dapat menghasilkan uang. Tetapi perlu digaris bawahi, bahwa itu bukanlah sesuatu yang mudah dan bukan dengan waktu yang singkat. Anda harus memperhatikan banyak hal, sebelum mimpi menghasilkan uang melalui Blog itu tercapai.

Misal lain seperti menjangkau popularitas. Dengan Ngeblog, tentu artikel anda akan terlihat di Google, dan itu menguntungkan. Salah satu keuntungannya yaitu popularitas, dimana orang-orang sering menemukan artikel/ tulisan blog anda ketika mereka mencari sesuatu. Tetapi lagi-lagi, bahwa itu bukan pekerjaan yang mudah. Tentunya harus mempelajari seputar Search Engine Optimization (SEO) untuk mendapatkan itu.

Blog juga dijadikan sebagian orang sebagai media untuk membantu mengenalkan merk/ Branding mereka kepada masyarakat luas. Biasanya ini program digital marketing yang dijalankan oleh sebuah perusahaan atau bisnis.

Tetapi pada akhirnya, tetap saja pengertian Blog adalah tempat menuliskan sesuatu dan mempublikasikannya tanpa batasan waktu dan tepat.

Jenis-Jenis Blog

Sepanjang perjalanan, banyak sekali blog yang beredar berdasarkan jenis-jenisnya masing-masing. Di luar sana, mungkin cukup banyak Blog yang beredar.

Tetapi, untuk menentukan jenis blog bukanlah sesuatu yang mudah, karena ini bersifat kompleks. Terkadang, Bila kita melihat sebuah halaman blog, tidak mudah bagi kita untuk menentukan jenis blog tersebut. Pembahasan ini sangatlah luas, karena menentukan jenis Blog dapat dilihat dari berbagai hal seperti:

  • Bentuknya
  • Tujuannya
  • Kontennya

Oleh karenanya, pembahasan ini lebih mengarah pada bentuk yang lebih luas, sehingga mempermudah pemahaman. Beberapa jenis Blog yang dapat diketahui itu seperti:

Tiga jenis itu adalah yang paling sering beredar di Internet. Anda mungkin dapat dengan mudah menemukannya. Seperti personal Blog, yang lebih membahas aktivitas pribadi yang lebih luas. Sedang project Blog, yang lebih memperlihatkan hasil kerja (project) karya yang dihasilkannya. Niche blog lebih mengarah pada teks yang membahas informasi berdasarkan topik yang relefan.

Keseluruhannya itu merupakan jenis Blog bila ditinjau berdasarkan kontennya. Ini merupakan bagian dari identitas jenis Blog.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap