Pengertian Hosting: Menyimpan File Penting Website


Last Updated: 4 Mei 2021

Menjalankan sebuah website, tidak bisa mengabaikan persoalan hosting. Hosting adalah bagian penting dalam sebuah website.

Maka dari itu, kita harus mengetahui pengertian hosting, dan bagaimana kegunaan hosting itu sendiri dalam sebuah website.

Note: Menggunakan website jenis apapun, akan membutuhkan hosting, bila anda ingin terlihat oleh orang di dunia melalui internet.

Pengertian Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan online dengan kapasitas tertentu yang dapat menyimpan berbagai jenis file seperti Javascript, txt, css, html, dokumen zip, folder, dan lain sebagainya.

Anda dapat menambahkan jenis file apapun disana.

Serupa halnya seperti Flashdisc, yang dapat menyimpan berbagai file anda, yang disediakan dengan berbagai ukuran tertentu.

Namun, itu tidak dapat terlihat oleh orang banyak, karena bersifat internal.

Ketika ia sudah berada dalam sebuah hosting, maka ia akan memungkinkan untuk muncul dalam sebuah hasil penelusuran dari mesin pencari.

Dengan demikian, orang-orang akan dapat menemukannya di internet (Kecuali anda tidak menginginkannya).

Seperti misalnya, anda memiliki sebuah website atau blog, yang seluruh file pembangun website itu tersimpan dalam hosting. Oleh karenanya, anda membutuhkan hosting dalam membangun situs web.

Fungsi Hosting

Hosting tentu saja memegang peranan penting dalam sebuah website. Bila dilihat dari fungsinya, terdapat beberapa fungsi hosting dalam sebuah website, seperti berikut ini:

1. Berfungsi Sebagai Menyimpan File

Fungsi hosting pada dasarnya sebagai penyimpanan file. Hal ini sebenarnya bersifat luas, dan tidak terbatas pada sebuah website.

Namun, hosting adalah pilihat untuk membuat website, sebagai tempat menyimpan seluruh file website agar dapat diakses secara online oleh orang-orang di luar sana.

Seperti yang dijelaskan, bahwa ini tidak hanya sebatas file website. Anda dapat menyimpan file apapun untuk kebutuhan anda, dan itu dapat terlihat secara online.

Seperti file dokumen, pdf, excel, dan lain sebagainya.

2. Konfigurasi Lanjutan Website

Bila anda sudah tidak asing dengan hosting, ia juga dapat digunakan untuk konfigurasi lanjutan website.

Maksudnya adalah, seperti dalam hal kecepatan, yang mengharuskan anda melakukan konfigurasi hosting agar website menjadi lebih cepat.

Beberapa layanan hosting di Indonesia, memiliki alat (tools) untuk meningkatkan kecepatan website, seperti alat mengubah text dokumen yang terdapat dalam hosting.

Pengaturan HTACESS, dan berbagai konfigurasi lainnya juga akan bisa dilakukan melalui hosting.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap