Pendidikan

Pengertian Pendidikan: Fungsi, Jenis-Jenis, dan Tujuan

Apa yang dimaksud dengan pendidikan? Istilah ini bukanlah istilah yang baru lagi bagi kita. Pendidkkan merupakan sebuah istilah yang sering kita sebutkan.

Meski demikian, tidak sedikit juga diantara kita yang belum mengetahui secara pemahaman dasar tentang pengertian pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, dirasa penting untuk memaparkan pengertian pendidikan ditinjau dari segi teoritisnya.

Pengertian Pendidikan

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya dalam hal spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.[1]

Tujuan Pendidikan

Pendidikan tentunya memiliki tujuan tertentu dalam keberlangsungannya. Adapun tujuan pendidikan, akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

1. Tujuan Pendidikan Menurut Undang-Undang

Undang-Undang Republik Indonesia, telah mengatur tentang tata kelola pendidikan yang berlangsung di NKRI. Hal ini, juga mencakup pada tujuan pendidikan.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, menjelaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan lain sebagainya.

2. Tujuan Pendidikan Menurut UNESCO

UNESCO mengeluarkan argumen bahwa terdapat empat pilar penting dalam pendidikan. Adapun keempat pilar yang dimaksudkan itu antara lain yakni:

  1. Learning to Know
  2. Learning to do
  3. Learning to be
  4. Learning to live together

Fungsi Pendidikan

Pendidikan tentu saja memiliki fungsinya sendiri, yakni secara umum berfungi sebagai wadah tempat membelajarkan manusia dan memanusiakan manusia. Fungsi pendidikan yang lebih spesifik antara lain yaitu:

  1. Mencerdaskan anak bangsa, demi menciptakan bangsa yang berkualitas.
  2. Menciptakan wadah tempat belajar bagi anak didik.
  3. Menyetarakan seluruh elemen masyarakat agar mendapatkan pembelajaran yang sama.
  4. Membentuk pola pikir yang baik.
reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap