Perbedaan Mendidik dan Mengajar

Mendidik dan mengajar memang kerap sekali terdengar ditelinga kita. Lantas, adakah perbedaan mendidik dan mengajar itu? Atau keduanya adalah istilah yang dapat dianggap serupa.

Mendidik dan mengajar bukan lagi istilah yang baru saja kita dengar. Melainkan, hal ini mungkin sudah cukupo mudah untuk dideskripsikan pada sudut pandang masing-masing.

Konsep Mendidik dan Mengajar

Keduanya adalah istilahy ang hampir serupa, tetap tidaklah sama. Keduanya ini saling memiliki keterkaitan, sehingga mereka pada satu sisi dapat dimaknai serupa.

Mendidik adalah orang yang memberikan didikan tertentu kepada para peserta didiknya dalam satu tempat tertentu. Dalam KBBI[1], mendidik adalah memelihara atau memberi latihan.

Mengajar dalam KBBI[2] berasal dari kata ajar yang berarti petunjuk supaya diketahui atau diikuti.

Perbedaan Mendidik dan Mengajar

Secara umum, dalam pelaksanaannya kedua bagian ini memiliki ciri yang serupa, yaitu adanya seorang guru/ pengajar dan ada pula yang diberikan pelajaran. Tetapi bila dipandang dari sudut yang lebih spesifik, ditemukan perbedaan antara keduanya.

Mengajar, lebih mengedepankan formalitas seperti antara guru dan siswa. Ini juga lebih mengarah pada sebuah profesi bagi pengajar itu sendiri. Hal ini identik dengan dibatasinya dengan materi ajar tertentu.

Sedang mendidik, sifatnya lebih spesifik, dimana keadaan yang berlangsung antara pemberi ilmu dan peserta didik tidak dibatasi dengan materi tertentu saja. Melainkan ini mencakup segala aspek yang ada, dan butuh bimbingan.

Jadi, antara mendidik dan mengajar merupakan sebuah istilah yang berbeda, meski pada penerapannya terkesan serupa, dimana ada orang yang memberikan ilmu dan ada pula yang menerima ilmu. Tetapi bila ditelaah lebih dalam, terdapat sejumlah hal yang menjadi pembeda antara kedua istilah ini.

References and Footnotes

  1. Lihat KBBI Online, https://kbbi.web.id/mendidik, diakses pada 16 Maret 2021.
  2. Lihlat https://kbbi.web.id/ajar, diakses pada 16 Maret 2021.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap