Gambar tentang Thumbnail Pertanyaan Sidang Skripsi

Penelitian

Pertanyaan Sidang Skripsi: 5 Bagian Penting Sering di Tanyakan

Beberapa orang mungkin membutuhkan informasi tentang pertanyaan sidang skripsi yang sering ditanyakan. Meski beberapa diantara mereka mengabaikan informasi ini, tetapi tetap saja anda akan berhadapan dengan butir-butir pertanyaan untuk mengetahui tingkat kualitas dari skripsi yang ada.

Bagi mahasiswa tingkat akhir, tentu saja skripsi adalah bagian yang wajib untuk dilaksanakan. Terkadang, ini dapat menjadi momok yang sangat menakutkan dan menyita waktu. Tetapi ketenangan dalam menjalanaknnya akan menjadikan tugas yang satu ini menjadi begitu indah. Terlebih lagi bila mendapat nilai yang maksimal.

Pertanyaan Sidang Skripsi

Tugas akhir atau yang biasa disebut sebagai skripsi perlu dipersidangkan. Ini untuk menilai lebih dalam tentang skripsi yang dijalankan atau dilaksanakan.

Saat skripsi disidangkan, tentu saja dibutuhkan infomasi tambahan untuk menguatkan penguji tentang kualitas penelitian anda yang tertuang dalam bentuk skripsi. Oleh sebab itu, beberapa pertanyaan tentu saja dilontarkan kepada penulis untuk melihat sedalam apa skripsi itu dilaksanakan.

Gambar tentang pertanyaan sidang skripsi reza noprial lubis
Sidang Tesis Reza Noprial Lubis

Pertanyaan yang dilontarkan itu tentu tidak jauh dari bahasan skripsi. Mungkin membutuhkan beberapa pertanyaan tambahan sebagai pelengkap informasi, namun tetap saja pertanyaan yang ada terfokus pada praktik penelitian dalam skripsi. Kami menyimpulkan berdasarkan pengalaman tentang beberapa pertanyaan sidang skripsi yang sering ditanyakan. Mari kita lihat.

Pertanyaan Sidang Skripsi Yang Sering Ditanyakan

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa butir pertanyaan itu perlu dijawab untuk informasi lebih detail dari praktik penelitian dalam skripsi. Ada beberapa pertanyaan sidang skripsi yang kami simpulkan. Mari kita bahas lebih lengkap.

1. Latar Belakang Masalah

Hal paling besar dan pokok dalam penelitian adalah masalah. Penelitian itu terjadi tentu saja berangkat dari masalah. Pertanyaan ini biasanya bersifat besar dan tentu saja menjadi pertanyaan pokok saat sidang skripsi.

Berikut cara menjawabnya:
Pastikan anda mengetahui tentang latar belakang masalah. Pada dasarnya, ini bersifat komunikasi aktif, dimana anda dan penguji saling berbicara. Oleh karena itu, menggunakan bahasa sederhana terkadang lebih membantu pemahaman tentang apa yang anda maksudkan. Kebanyakan orang, kesulitan menyampaikan informasi tentang latar belakang masalah mereka kepada penguji, karena kebingungan untuk memilah milih kata yang sesuai.

2. Konsep Teoritis

Tentunya dalam melakukan penelitian, semestinya didukung dengan teori yang ada. Sebab, ini menjadi dasar dalam melakukan penelitian. Bagaimana mungkin seseorang dapat terjun ke lapangan untuk melakukan sebuah penelitian, tetapi tidak dilengkapi dengan teori pendukung dari itu.

Cara menjawab:
Umumnya, teori bersifat tektual yang dapat anda gunakan dalam skripsi anda. Bila itu memungkinkan, sebaiknya hafal yang menjadi pokok dalam penelitian anda. Tidak perlu lebih banyak, yang penting cukup untuk mendukung sebagai dasar penelitian anda.

3. Metode Penelitian

Pertanyaan sidang skripsi yang sering ditanyakan selanjutnya adalah persoalan metode penelitian. Metode penelitian memegang peranan penting dalam pelaksanaan penelitian. Ini akan menggambarkan berbagai hal yang lebih rinci terkait proses pelaksanaan skripsi, seperti bagaimana penelitian itu dijalankan, teknis detail pelaksanaan skripsi, objek dan subjek, proses penelitian, dan masih banyak lagi.

Cara menjawab pertanyaan:
Tentu saja, anda diwajibkan mengetahui tentang metode penelitian yang akan anda jalankan selama penelitian. Aneh bila anda sebagai seorang peneliti, namun tidak mendalami tentang jenis penelitian apa yang anda lakukan disana. Lebih lanjut, sebaiknya kuasai persoalan ini, karena ini termasuk bagian induk. Jangan berharap anda tidak bertemu dengan pertanyaan metode penelitian ini. Jelaskan tentang bagaimana anda mengambil data, lalu mengolah data, dan sebagainya sesuai dengan metodologi penelitian anda.

4. Objek dan Subjek Penelitian

Objek penelitian adalah pokok persoalan yang akan diteliti untuk mendapatkan data yang lebih terarah. Sedangkan Subjek penelitian dalam KBBI[1] adalah orang, benda, atau tempat yang diamati sebagai sasaran. Objek dan subjek Omong kosong bila hal ini diabaikan. Tentu saja, penguji perlu mengetahui tentang objek dan subjek dalam penelitian yang dilakukan.

Cara menjawab pertanyaan:
Objek dan subjek pada dasarnya berbeda. Dengan mengetahui makan dasar dari istilah itu, maka anda tidak akan kesulisan untuk menjawab. Objek dan subjek penelitian, umumnya diletakkan pada bagian metodologi penelitian (bab 3). Maka dari itu, karena ini pembahasannya cukup kompleks menyangkut tentang bagaimana anda berada di lapangan, maka kuasai ini jauh lebih dalam.

5. Kesalahan Teknis Dalam Dokumen

Tidak jarang dalam menuliskan skripsi yang umumnya berjumlah puluhan bahkan ratusan halaman itu ditemukan sebuah kesalahan. Hal ini wajar dengan sesuatu yang sederhana. Misalnya, kesalahan ketik dalam satu kata, atau penambahan huruf. Itu adalah kesalahan yang sederhana. Meski demikian, tidak semestinya itu terlihat dalam dokumen skripsi.

Cara mengatasi:
Bila penguji menemukan kesalahan teknis dalam dokumen skripsi anda dan mengkritik untuk itu, maka dengarkan dengan baik dan buijak. Sebagai seroang mahasiswa, semestinya menyadari akan kesalahan dan bersedia untuk memperbaiki di masa mendatang. Ini akan jauh lebih memperdingin keadaan.

Kesimpulan

Tiga pembahasan di atas, merupakan bagian yang umum untuk ditanyakan saat sidang skripsi. Hal-hal itu merupakan bagian pokok yang ada, dan tentu saja menjadi bagian yang penting untuk diketahui oleh setiap peneliti. Adapun hal yang sifatnya spesifik, tentunya bergantung pada dokumen skripsi itu sendiri. Tentunya, dalam bagian ini hanya peneliti seorang lah yang mengerti.

Infografik Pertanyaan Sidang Skripsi
Infografik Pertanyaan Sidang Skripsi
reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap