Peserta Didik: Pengertian, Tugas dan Tingkatan

Peserta Didik merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam lingkungan pendidikan. Ini seperti sekolah misalnya, tentu saja membutuhkan peserta didik agar proses belajar mengajar dapat terlaksana. Bila itu tidak ada, maka tidak dapat dikatakan pembelajaran.

Defenisi Peserta Didik

Peserta didik yang biasa disebut sebagai siswa merupakan anak didik (terdidik) dalam lingkup pendidikan, khususnya dalam kelas. Peserta didik merupakan manusia yang diberikan pendidikan/ pembelajaran oleh guru dalam satu ruang kelas tertentu.

Setelah melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar, maka siswa akan diarahkan untuk mengikuti ujian untuk melihat hasil belajar siswa. Hal ini akan berpengaruh penting sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas sebuah kegiatan belajar mengajar di kelas.

Tugas Peserta Didik

Meski hanya duduk sebagai seorang siswa, ternyata mereka juga dibebankan tugas penting baik dalam ukuran skala nasional maupun lokal. Adapun tugas peserta didik yang dimaksudkan itu yakni sebagai berikut:

  1. Mengikuti kegiatan belajar mengajar
  2. Mematuhi peraturan yang ditetapkan lembaga sekolah
  3. Menjalankan tanggungjawab di sekolah.
  4. Melaksanakan setiap tugas yang diberikan.
  5. Hadir disekolah sesuai dengan ketentuang yang berlaku.
  6. dan masih banyak lagi.

Tingkatan Peserta Didik

Peserta didik (siswa) mencakup beberapa tingkatan pendidikan tertentu, seperti peserta didik ditingkat:

  1. Taman Kanak-Kanak (PAUD)
  2. Sekolah Dasar
  3. Sekolah Menengah Pertama
  4. Sekolah Menengah Atas

Pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti Perguruan Tinggi/ Universitas, maka istilah yang digunakan untuk orang terdidik disana bukanlah siswa, melainkan mahasiswa.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap