Gambar tentang promosi sekolah yang efektif

Pendidikan

Promosi Sekolah Yang Efektif: Panduan Meningkatkan Jumlah Murid

Hari ini, saya ingin memberitahukan kepada anda, tentang bagaimana menjalankan promosi sekolah yang efektif. Saat tulisan ini diterbitkan, bersamaan dengan waktu penerimaan murid baru di tahun 2021. Berharap informasi ini berarti bagi anda. Mari kita telusuri lebih jauh.

Bagaimana Promosi Sekolah Yang Efektif

Ini adalah bagian yang mendasar, tentang bagaimana sebenarnya yang dimaksud dengan promosi sekolah yang efektif itu. Pertama-tama, tentu saja kita perlu memahami tentang arti dari berbagai istilah yang ada, salah satunya yaitu efektif.

Bermula dari istilah promosi, yang tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi bagi kita sekalian. Promosi dalam KBBI berarti perkenalan. Ini berarti sesuatu yang dikenalkan kepada orang banyak seperti masyarakat, atau kelas tertentu.

Promosi merupakan langkah awal yang kebanyakan dilakukan orang atau perusahaan sebagai usaha untuk memperkenalkan dirinya atau bidang usahanya kepada masyarakat luas.

Promosi diyakini bernilai baik bagi sebuah perusahaan atau sekolah, dalam rangka memperkenalkan lembaga mereka kepada masyarakat luas. Ini semacam memberikan pesan kepada masyarakat luas tentang keberadaan lembaga mereka.

Banyak langkah yang dapat dilakukan orang atau dipilih orang untuk melakukan promosi seperti menyebarkan brosur, mulut ke mulut, membuat iklan online, iklan spanduk, dan masih banyak lagi.

Istilah Efektif dalam KBBI berarti ada efek yang berupa akibat, pengaruh, atau kesan. Itu artinya, dikatakan sesuatu itu menjadi efektif bila ia terdapat pengaruh tertentu yang bernilai positif.

Jadi, ada penekanan pada “Positif” disini. Efektif bila ia berpengaruh positif. Sebaliknya bila itu bermakna negatif, berarti ada sesuatu yang salah dan tidak dapat dikatakan efektif. Justru lebih pantas ia dikatakan “Negatif”.

Jadi, promosi sekolah yang efektif itu adalah promosi yang dilakukan lembaga sekolah dengan berbagai teknik tertentu dan mendapatkan pengaruh baik terhadap lembaga mereka seperti bertambahnya jumlah siswa, tersampaikannya nilai promosi kepada masyarakat luas secara akurat, atau berhasil dikenal oleh banyak orang.

Cara Promosi Sekolah Yang Efektif

Sekarang, kita mulai bercerita tentang bagaimana cara promosi sekolah yang efektif itu. Tentu saja, ini membutuhkan beberapa pengetahuan teknis seputar langkah-langkah yang akan diambil dalam promosi sekolah. Mari pelajari lebih jauh lagi.

1. Promosi Dengan Website Sekolah

Ini adalah panduan tertinggi yang menurut kami baik bagi kelangsungan lembaga. Beberapa waktu yang lalu, saya menjelajah dalam situs web untuk mempelajari sesuatu.

Menariknya, saya sering sekali menemukan artikel yang diulas oleh perusahaan yang sama. Saya mencoba menelusuri hal lainnya yang masih dalam satu topik, dan itu menghasilkan pencarian serupa.

Dalam kasus saya, saya mencoba mencari tentang RPPH PAUD dalam penelusuran Google. Mari lihat hasil ini.

Gambar tentang Hasil Telusur RPPH PAUD

Dalam penelusuran saya, menampilkan sebanyak 200.000+ jumlah situs web yang tergolong dalam kata kunci itu. Pada peringkat teratas, saya meliaht situs web dari paud.id yang tentunya akan lebih memungkinkan untuk membuka halaman itu.

Selanjutnya, saya mencoba menelusuri topik yang sama, dengan kata kunci yang berbeda. Mencoba mencari RPPM PAUD. Lihat hasil ini.

Hasil Penelusuran RPPM PAUD

Gambar di atas, menunjukkan hasil situs yang ditemukan sebanyak 160.000+, dan situs yang ada di peringkat tertinggi adalah situs yang sebelumnya ditemukan (yang sama), yaitu paud.id.

Apa yang anda pikirkan disini?

Menerbitkan sesuatu yang berarti bagi pengunjung, adalah solusi terbaik dan itu terjadi sepanjang masa (selama Google itu aktif). Ini sama saja dengan istilah Promosi gratis sepanjang masa. Menarik bukan?

Mari sedikit membayangkan. Bila anda menerbitkan sesuatu yang berarti semisal “Bagaimana cara menjaga anak balita” untuk anda yang menjalankan pendidikan tingkat PAUD.

Tentu saja, akan ada banyak sekali orangtua yang berada di luar sana untuk mencari informasi itu. Bila anda mengoptimalkan halaman itu sehingga ia berada di peringkat tertinggi dari hasil pencarian, tentu saja anda lebih memungkinkan untuk dikunjungi banyak ibu-ibu di luar sana yang mencari topik itu.

Lalu yang terjadi adalah mereka mengunjungi halaman anda, dan melihat banyak sekali informasi di halaman anda. Disinilah letak promosi itu, dimana tanpa sengaja mereka mengunjungi dan melihat promosi anda berada di halaman web itu.

Letak efektifitasnya yaitu terletak pada seberapa banyak kunjungan yang dihasilkan. Itu bisa dihitung berdasarkan alat yang diberikan oleh Google. Mereka mendeteksi seberapa banyak halaman yang mendapatkan kunjungan.

Misalnya, lihatlah halaman yang telah saya terbitkan tentang cara memajukan sekolah swasta. Berikut ini adalah hasil analisis yang ada.

Berbagai Keyword Untuk Memajukan Sekolah Swasta di Lubisel

Angka itu dihasilkan oleh Google, dan umumnya diupdate setelah 3 bulan berlangsung. Disana, terlihat seberapa banyak kata kunci yang memunculkan halaman itu di hasil pencarian.

Anda juga dapat melihat yang lebih lengkap dengan tampilan martik yang menarik. Lihatlah gambar ini.

Hasil Google Analytics untuk halaman memajukan sekolah swasta dalam promosi sekolah yang efektif

Itu juga dilengkapi dengan bagaimana ia ditayangkan, seberapa banyak orang yang membuka halaman (klik), dan posisi peringkat yang ada (selalu berubah). Bahkan, anda juga dapat melihat dari mana asal pengunjung, dan usia pengunjung sekalipun. Saya berharap, anda tidak mengabaikan ini di era digital.

2. Promosi Sekolah Melalui Brosur

Promosi melalui Brosur adalah aktivitas yang klasik modern. Mengapa dikatakan demikian? Karena promosi melalui Brosur, masih tetap dilakukan meski saat ini telah berada di era digital.

Mengapa ini tetap dilakukan?

Metode ini memungkinkan untuk memperkenalkan lembaga kepada masyarakat luas dengan hal yang kasat mata (dapat terlihat). Ini menjadi hal yang menarik, dimana anda dapat menargetkan seberapa banyak orang yang ingin diberi tahu.

Tetapi, ini tidak selamanya gratis. Anda harus menyiapkan bahan yang ingin di promosikan seperti Brosur. Mencetaknya, tentu saja membutuhkan biaya yang dalam jumlah tertentu membutuhkan rogo kantong lebih dalam.

Apakah ini efektif?

Itu kembali kepada tujuan promosi. Kebanyakan orang, memandang bahwa promosi itu semestinya tertarget dengan rincian yang lebih spesifik. Misalnya, anda menargetkan promosi kepada ibu-ibu. Maka anda membutuhkan tindakan yang lebih spesifik dari ini, seperti menghadiri pengajian khusus ibu-ibu, atau yang lainnya. Bila sembarang, maka itu akan sulit dikatakan efektif.

Tetapi disisi lain, anda perlu juga mempertimbangkan tentang sejauh mana lembaga anda dikenal oleh banyak orang. Jika ini adalah dasar anda melakukan promosi, maka melalui Brosur adalah jalan yang dinilai tepat.

Ketika banyak orang-orang yang mulai mengenal dan mengetahui keberadaan lembaga anda, maka ia memmungkinkan untuk promosi dari mulut ke mulut dan itu akan jauh lebih berarti. Semestinya, ini berkesinambungan.

Beberapa hal yang mungkin terjadi untuk promosi melalui Brosur adalah sebagai berikut.

Promosi Sekolah Yang Efektif

Di atas, terlihat beberapa hal yang mungkin terjadi dari Brosur sekolah anda. Itu sangat masuk akal. Jadi, Brosur bukanlah sesuatu yang pasti bila anda memiliki jalur yang lebih spesifik untuk pelanggan anda.

Hal ini berlaku sebaliknya, ini akan jauh lebih mungkin untuk anda yang hanya ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas yang tanpa target yang spesifik. Sebagai solusi, mungkin ini adalah bagian yang perlu anda terapkan, namun tidak hanya mengandalkan darinya.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap