Sitelink Blog: Cara Saya Mendapatkannya Dengan Mudah

Sitelink Blog memang menawan. Banyak para blogger yang menginginkan itu tampil dalam mesin telusur seperti Google. Selain terlihat profesional, ini juga dinilai mampu meningkatkan jumlah tampilan halaman.

Secara umum, Sitelink Blog akan memperlihatkan hasil halaman yang banyak dikunjungi oleh pembaca. Itu akan terlihat seperti gambar berikut ini:

sitelink-blog-lubisel

Saya hanya membutuhkan waktu sekitar 39 hari untuk mendapatkan itu. Itu waktu yang singkat bukan? Bagaimana cara membuat sitelink blog yang saya lakukan? Mari kita lanjutkan penjelasan ini.

Apa Itu Sitelink Blog

Sitelink adalah sub halaman dari sebuah aplikasi atau website/ blog yang dimunculkan dalam sebuah hasil pencarian. Ini menerapkan saran real-time. Jadi, halaman yang paling sering dikunjungi orang-orang, maka itu akan dimunculkan. Sama halnya seperti halaman populer.

Sitelink bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada website manapun. Ini dipengaruhi dengan kode tertentu dari websitenya dan bagaimana ia dikembangkan. Penggunaan kode tertentu yang baik akan mempengaruhi ini. Demikian halnya dengan penggunaan visual seperti navigasi yang jelas, dan penataan lainnya juga mempengaruhi.

contoh_sitelink_blog

Sitelink menampilkan halaman lain dari sebuah website atau aplikasi. Banyak hal yang akan diperlihatkan disini, sesuai dengan apa yang sering dikunjungi oleh orang-orang.

Manfaat Sitelink Blog

Tentunya untuk mendeskripsikan tentang manfaat sitelink Blog ini bukanlah sesuatu yang sulit. Sitelink dinilai memberi banyak sekali manfaat terhadap Blog. Saya merangkum beberapa hal, yang dinilai manfaat dari Sitelink Blog, antara lain sebagai berikut:

  • Kesan Profesional
  • Menjadi sesuatu yang dipercaya
  • Meningkatkan CTR

Ketiga manfaat tersebut merupakan perwakilan dari seluruh aktivitas yang ada di internet. Persoalan kesan profesional misalnya, orang-orang akan lebih mudah percaya untuk situs web yang memiliki sitelink ini. Itu karena dengan mendapatkan sitelink, dapat diartikan bahwa Blog itu senantiasa mengalami perubahan (update) terhadap halaman web nya.

Meningkatkan CTR juga merupakan bagian yang menurut saya manfaat dari Sitelink Blog ini. Mengapa? CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut Rasio Klik Tayang (RKT).

contoh_click_through_right_ctr

Landasannya yaitu semakin tinggi nilai CTR nya, maka semakin baik pula halamannya. Mengapa? Itu karena CTR adalah klik yang dihasilkan dari halaman yang muncul dalam pencarian. Jadi, lebih tinggi tentunya lebih baik bukan?

Misalnya anda sedang mencari sesuatu, lalu halaman blog ditemukan disana. Maka ia mendapat nilai persentase untuk CTR ini, terlebih lagi bila itu mendapatkan klik.

Mengingat dari banyaknya manfaat ini, maka dapatlah disimpulkan bahwa mendapatkan sitelink dalam blog adalah sesuatu yang harusnya diupayakan. Karena, ini dapat membantu nilai kualitas untuk sebuah blog bagi para pengunjung, dan tentunya mendatangkan banyak manfaat.

Cara Mendapatkan Sitelink Google

Secara sederhana, tidak ada hal lebih yang dapat dilakukan untuk ini. Google telah mengatakan itu, dan ini proses yang otomatis.

pernyataan_google_tentang_sitelink

Tetapi, ada beberapa tips untuk menjadi cara mendapatkan sitelink Google, dan ini sudah saya terapkan dalam Blog saya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:


1. Nama Unik

Google menyukai informasi berguna, dan itu didasarkan dengan apa yang terbaru. Ini sebenarnya mencakup banyak hal dan tidak bisa dimaknai dengan sederhana. Tetapi itu berguna.

Faktanya, dalam kasus saya, saya membuat nama LUBISEL sebagai identitas situs web saya, dan ditemukan dengan hasil pencarian sebanyak 3.000 hasil indexing Google.

Angka itu bukanlah angka dengan persaingan yang tinggi. Oleh karenanya, ini akan membuat lebih mudah mendapatkan ranking untuk kata kunci itu.

Saya memulai register nama domain ini, sejak tanggal 10 Oktober 2020 silam. Tidak perlu menunggu terlalu lama, saya mendapatkan Sitelink Blog pada tanggal 12 Oktober 2020. Artinya, itu didapatkan selama 2 hari, untuk 1 sitelink.

lubisel_mendapatkan_sitelink_pertama

Sejak 2 hari bergabung, website ini langsung mendapatkan indexing, dan beberapa halaman di dalamnya juga mengalami hal yang sama (index).

Tetapi, prediksi saya untuk kasus ini, adalah bahwa nama yang unik merupakan informasi baru dan dinilai baik oleh mesin telusur.

Bagaimana dengan nama Brend yang terkenal itu? Sejatinya perkembangan, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Brend yang terkenal itu juga dahulunya melewati fase yang serupa, dimana orang-orang belum mengingat akan nama Brend-nya. Mungkin saja, ini juga terjadi pada Brend anda.

Tetapi jangan terburu-buru untuk menentukan nama yang unik, alih-alih mendapatkan Sitelink Blog, justru situs web anda tidak mendapatkan peringkat baik dalam hasil pencarian.

Seperti di beberapa Tools Check SEO, mengedepankan persoalan ejaan untuk nama domain, yang merupakan faktor peringkat di mesin pencari. Oleh sebab itu, saya menyarankan untuk tidak menggunakan angka dan gunakan ejaan yang mudah. Ketahui lebih lanjut tentang Domain SEO.


2. Struktur Tema yang Baik

Struktur memegang peranan penting untuk mendapatkan sitelink blog ini. Tanpa struktur yang jelas, maka sitelink akan sulit didapatkan. Ini adalah salah satu faktor.

cek_struktur_data_lubisel

Dalam penjelajahan yang saya lakukan, cukup banyak tema yang bagus, dan memiliki struktur yang baik. Jadi ini adalah sebuah tips untuk anda, bilamana membeli tema/ template, hendaknyalah memperhatikan struktur tema. Untuk mengetahui itu, anda dapat melakukan cek struktur tema, dengan memanfaatkan tools struktur Tema yang ada.

Hal ini juga berkaitan langsung dengan Navitagasi, dimana berfungsi untuk mengarahkan antar halaman. Oleh karenanya, pastikan itu benar.


3. Praktik SEO

Terapkan SEO (Search Engine Optimization) di setiap halaman anda. Ini akan membantu untuk membuat halaman yang berkualitas. Dalam hal ini, banyak sekali pembahasan mengenai SEO. Anda tidak perlu memaksakan dalam waktu yang singkat untuk ini. Sebaiknya pelajari tentang artikel SEO, agar memandu anda dalam menulis setiap artikel anda.

Halaman yang baik, tentunya dihasilkan dari praktik yang baik pula. Itu seperti meta deskripsi, tag judul, Keyword, dan lain sebagainya. Ini semua haruslah menjadi perhatian. Oleh karenanya, pastikan itu baik. Gunakan Tools Cek SEO untuk halaman anda.


4. Munculkan Keyword Brend/ Merk

Ini adalah sesuatu yang memang kerap dilakukan orang, tetapi tidak didasari dengan pengetahuan. Konsepnya sangatlah sederhana. Saya menggunakan langkah ini, karena Brend saya (LUBISEL) tidak ada dalam daftar Keyword Suggest dari Google. Mari kita selami lebih dalam.

Keyword Suggest adalah kata kunci yang disarankan oleh Google. Anda dapat menemukannya dalam setiap pencarian yang anda lakukan. Saran akan muncul, ketika anda mengetikkan sesuatu dalam kolom pencarian Google.

keyword_suggest_google

Saat saya memulai ini, Brend saya tidak termasuk dalam Keyword yang disarankan oleh Google. Itu artinya, istilah yang saya gunakan sebagai nama Brend ini masih awam, dan Google tidak memiliki data untuknya. Keadaan ini sebenarnya yang mempermudah untuk munculnya sitelink blog, dan dikombinasikan dengan optimasi lainnya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kata ini masih baru dan saya harus memunculkan itu di Google, sebagai upaya memberi informasi bagi mesin pencari. Ini berguna.

Bagaimana caranya? Yang kerap saya lakukan untuk ini adalah mengetikkan nama Brend saya dalam kotak penelusuran sesering mungkin. Sebaiknya, bersihkan cache sebelum melakukan ini, agar komputer dan akses internet baik dan bersih. Tidak perlu menunggu lama, dalam kasus saya, saya mendapatkan Keyword Suggest itu dalam waktu yang singkat.

Harapan dari tindakan ini adalah Google memiliki data tentang istilah itu, dan mempermudah proses Indexing bagi mesin telusur di hari mendatang. Secara tidak langsung, ini mempengaruhi sitelink Blog anda.

Kesimpulan

Sitelink Blog memberi nilai berarti bagi Blog. Beberapa manfaat yang didapatkan seperti dipercaya oleh para pengunjung, dan meningkatkan CTR Blog. Membuat CTR dengan cara mudah, banyak dicari oleh orang untuk membangun brend/ merk mereka sendiri.

Sitelink pada dasarnya berlangsung secara otomatis, dan dipengaruhi tentang bagaimana orang-orang menjelajah dalam situs web anda. Tetapi, anda harus mengupayakan untuk muncul dengan Queri dari nama Brend anda.

2 pemikiran pada “Sitelink Blog: Cara Saya Mendapatkannya Dengan Mudah”

  1. Menarik bang lubis. Mungkin sy mencoba untuk membuat nama baru, untuk situs saya. Mau cari nama unik dan sesuai ejaan. Supaya mudah dapatkan sitelinknya.

    Balas

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap