Tanpa Kategori

Tidak Mengikuti Diklat: Cara Saya Membatalkannya

Beberapa waktu yang lalu, saya diundang untuk mengikuti kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Kabar itu memang kabar yang menggembirakan bagi saya. Karena, saya berpikir bahwa akan mendapatkan banyak ilmu disana.

Tetapi sayangnya, kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan lain yang saya ikuti. Adapun kegiatan lain yang dimaksudkan itu adalah kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Pematangsiantar.

Alasan Tidak Mengikuti Diklat

Alasannya sederhana. Karena kegiatan ini bertabrakan dengan kegiatan saya lainnya. Jauh sebelum informasi kegiatan diklat ini, saya telah menjadi Duta Kecamatan untuk mengikuti ajang MTQ tingkat Kota Pematangsiantar, yang pada waktu itu belum ditentukan waktunya.

Alhasil, beberapa waktu kedepan saya mendapatkan undangan dari Dinas Pendidikan setempat untuk mengikuti kegiatan Diklat, dan nama saya sudah tercantum disana.

Pada dasarnya, saya sangat berbahagia atas informasi ini. Melihat daftar nama (saya ada disana) itu, saya merasa bahwa kegiatan ini akan memberikan banyak sekali ilmu kepada saya.

Tetapi sayang, kelang beberapa waktu kemudian, saya mendapatkan informasi bahwa kegiatan MTQ Tingkat Kota Pematangsiantar akan dilaksanakan dalam waktu dekat (bertepatan dengan kegiatan Diklat). Sontak saya terkaget, dan berpikir tentang bagaimana menjalankan ini.

Cara Saya Membatalkan Kegiatan Diklat

Semula (saat saya mengikuti persiapan diklat penguatan kepala sekolah), disana dikumpulkan dengan orang-orang pengurus dari Dinas Pendidikan yang memberikan informasi tambahan tentang Diklat Kepala Sekolah ini.

Saya memanfaatkan kesempatan itu, dengan memberikan penjelasan singkat kepada para pengurus perihal kegiatan yang akan saya hadapi kedepannya dan kemungkinan yang ada. Mereka menanggapi itu dengan baik, dan memberikan beberapa solusi kepada saya.

Sayangnya, itu tidak bisa terlaksana karena memang waktu yang tidak bersahabat. Saya terpaksa, harus membatalkan/ mundur kegiatan Diklat ini.

Adapun cara yang saya lakukan saat mundur dari kegiatan diklat yaitu:

  1. Menanyakan tentang informasi diklat dengan lengkap
  2. Menanyakan diklat selanjutnya yang memungkinkan untuk diikuti
  3. Membuat surat pernyataan tidak bisa mengikuti Diklat.
  4. Membuat surat permohonan mengikuti kegiatan diklat selanjutnya.

Adapun contoh Surat Pernyataan Tidak Bisa Mengikuti Diklat, dapat di download pada tautan berikut ini.

Surat pernyataan itu sudah ada pada lembaran yang dibagikan oleh pengurus. Tinggal kita mengetikkan ulang agar dapat mengisi identitas yang ada.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap