ilustrasi_tugas_guru

Pendidikan

Tugas dan Fungsi Guru Terhadap Pendidikan dan Para Siswanya

Tugas dan fungsi guru tentunya menjadi salah satu bagian penting yang harus diketahui, terutama bagi seorang guru atau calon guru. Seperti yang kita ketahui, bahwa Guru adalah seorang figur pemimpin (leader) bagi para siswanya. Guru memiliki kewajiban untuk membentuk atau membangun generasi yang berguna bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa.

Gurulah yang bertugas mempersiapkan para generasi ini dengan memberikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Melalui mendidik, diahrapkan akan mampu menghasilkan manusia seperti apa yang diharapkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia, yakni manusia yang insan kamil, yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Bab 1:
Guru di Indonesia

Indonesia sendiri merupakan negara dengan peringkat pendidikan terbaik ke 4. Di Indonesia, guru adalah sebutan untuk orang yang mengajarkan bidang ilmu yang dimilikinya kepada para peserta didik melalui kelompok tertentu.

Hadirnya guru di Indonesia tentunya tidak lain dan tidak bukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia.

Guru adalah sektor penting dalam dunia pendidikan, dan ia juga termasuk bagian central. Itu karena guru adalah komponen inti dalam aktivitas belajar mengajar di sekolah. Baik atau buruknya produk (siswa) yang dihasilkan, sangat bergantung pada baik-buruknya guru yang ada.

Bab 2:
Tugas dan Fungsi Guru

Guru adalah sektor terpenting dalam dunia pendidikan, terkhusus lembaga sekolah. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui tugas dan fungsi guru itu sendiri baik bagi seorang guru, bahkan juga bagi kalangan umum.

Untuk mempermudah penyampaian informasi dalam bahasan ini, mengenai tugas dan fungsi dibedakan menjadi 2 kelompok yang berbeda. Penjelasan lebih lengkap, dapat dilihat pada jabaran di bawah ini.

1. Fungsi Guru

Zahroh[[Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya. h. 5.]] mengungkapkan bahwa terdapat 3 (tiga) fungsi guru, yaitu sebagai berikut:

  • Guru sebagai pengajar (instruksional)
    Yaitu, guru merencanakan segala program pembelajaran yang dilengkapi dengan penilaian didalamnya.
  • Guru sebagai pendidik (educator)
    Yaitu, guru mengarahkan peserta didiknya pada tingkat kedewasaan (maturity) yang lebih baik dan berkepribadian insan kamil.
  • Guru sebagai pemimpin (leader)
    Yaitu, guru sebagai pemimpin untuk dirinya sendiri. Tidak hanya itu, disini juga dikaitkan bahwa guru sebagai pemimpin bagi peserta didiknya, dan juga pemimpin bagi masyarakat terkait dengan upaya pengarahan (directing), perencanaan (planning), pengawasan (controlling), pengorganisasian (organizing), dan partisipasi (participation) atas program yang dilaksanakannya.

2. Tugas Guru

Zahroh[[Zahroh, Aminatul. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yrama Widya. h. 5.]] mengungkapkan, terdapat beberapa hal yang menjadi tugas guru. Adapun tugas guru yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut:

  • Bertugas mewariskan budaya kepada siswa berupa kepandaian, kecakapan, dan pengalaman-pengalaman.
  • Bertugas membentuk siswa yang harmonis.
  • Bertugas menyiapkan siswa menjadi warga negara yang baik.
  • Bertugas sebagai perantara dalam belajar.
  • Bertugas untuk membawa siswa kearah kedewasaan.
  • Bertugas sebagai penghubung antara sekolah dan masyarakat.
  • Bertugas sebagai penegak disiplin.

Bagian di atas, merupakan tugas dan fungsi guru secara umum. Adapun bagian yang lebih spesifik, dikembalikan kepada lembaga sekolah masing-masing untuk tugas-tugas spesifik tertentu. Oleh karena itu, hal ini tidak membatasi akan tugas dan fungsi guru secara spesifik.

reza_lubisel_tanpa_tanda_tangan

Artikel dari

Reza Noprial Lubis, M.Pd

Senang menulis berbagai hal yang dilewati. Nikmati berbagai pengalaman pribadi yang saya tuliskan.

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap