Wisuda Anak TK Lubisel

Wisuda Anak TK: Panduan Membuat Acara Yang Menarik

Apakah anda sedang merancang acara wisuda anak TK? Bagaimana penerapan wisuda di tahun sebelumnya? Disini, saya akan membagikan tentang apa yang saya terapkan di lembaga yang diasuh. Bagaimana kami menjalankan acara wisuda, mulai dari perencanaan, dan lain sebagainya akan dijelaskan disini. Mari simak selengkapnya.

Perlukah Wisuda Anak TK?

Sejenak untuk membahas tentang apakah perlu wisuda dilakukan untuk anak TK? Atau justru hal ini dinilai sebagai sesuatu yang menyalahi aturan dan penurunan makna wisuda itu sendiri?

Untuk menjawab persoalan ini, tentunya kita memandang dari dua aspek, yakni dari sisi orangtua siswa, selanjutnya dari sisi peserta didik. Hal ini harus diulas agar mendapatkan jawaban untuk itu.

Gambar tentang wisuda anak TK
Reza Lubis sedang menyalami wisuda TK

Sebelum melaksanakan wisuda anak TK, saya pernah bertanya kepada orangtua siswa yang meminta pendapat apakah akan dilaksanakan wisuda atau tidak. Lalu kemudian, saya mendapati jawaban dari itu

Dari sisi orangtua:
Wisuda sangat baik untuk dilakukan, meski di lembaga TK PAUD. Wisuda membuat kami sadar dan melihat secara langsung perkembangan anak kami dari berbagai aspek yang ada. Dengan ini pula, dapat meningkatkan semangat kami untuk senantiasa membimbing dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak kami.

Keadaan di atas, serupa dengan apa yang dinyatakan orangtua pada laman edukasi.kompas.com. Disana dijelaskan bahwa wisuda anak TK dimaksudkan sebagai upaya perayaan terhadap keberhasilan perkembangan anak didik.

Tujuan Wisuda Anak TK
Tujuan Wisuda Anak TK dari laman edukasi.kompas.com

Melihat dari pernyataan orangtua itu, terlihat bahwa wisuda TK atau PAUD dipandang sebagai sesuatu yang positif. Ini membuat orangtua merasa sadar akan perkembangan anak mereka dari berbagai aspek PAUD seperti Aspek Psikomotorik, Aspek Nilai Agama dan Moral, dan lain sebagainya.

Sedangkan dari sisi Siswa, mari kita lihat penjelasan ini:

Sisi peserta didik:
Pada dasarnya, peserta didik tentu saja tidak memahami akan makna yang terkandung dalam wisuda. Tetapi meski demikian, hal ini dinilai baik karena wisuda memberikan kesan tersendiri dalam berbagai aktivitas yang dilakukan, terlebih lagi karena mengenakan pakaian Toga. Beberapa diantara siswa mengatakan bahwa mereka bahagia dan merasa semangat. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa aktivitas ini mendatangkan nilai positif.

Rangkaian Acara Wisuda Anak TK

Dalam melaksanakan wisuda anak TK, tidak terlepas dari rancangan acara yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan tingkatan pendidikan. Tentu saja, hal ini tidak serta merta mengadopsi dari rangkaian acara wisuda untuk pendidikan tingkat dewasa (perguruan tinggi).

Ada beberapa rangkaian acara wisuda anak TK yang kami terapkan dan itu berhasil. Rangkaian yang dimaksudkan itu antara lain sebagai berikut ini:

  • Pembukaan
  • Kata sambutan Yayasan
  • Penampilan seni
  • Kata sambutan Dinas Pendidikan setempat
  • Penampilan seni
  • Kata sambutan Kepala Sekolah
  • Penampilan seni
  • Doa
  • Penyematan toga (wisuda)
  • Penampilan seni

Beberapa rangkaian di atas, merupakan rangkaian pelaksanaan Wisuda anak TK yang telah kami laksanakan di lingkungan TK. Adapun pelaksanaan dari rangkaian di atas, membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Kami memulainya sejak pukul 08.00 wib dan berakhir pada pukul 12.00 wib.

Jangan Ketinggalan Update Kami

Tinggalkan komentar

0 Shares
Copy link
Powered by Social Snap